header kapan nulis oz

Panik, Blog Ibuk Oz Gak Bisa di Akses! Lakukan Langkah-langkah Berikut ini!

Konten [Tampil]

            Hari ini ibuk Oz super panik, gegara blog ibuk Oz gak bisa diakses! Kenapa kah? Namanya juga Ibuk-ibuk, sudah pasti pikirannya kemana-mana. Jadi gimana cara ibuk Oz memperbaikinya? Gimana kalau hal ini juga terjadi pada sobat Oz? Mau tau di mana salahnya? Simak dan Lakukan Langkah-langkah Berikut ini yaaaa ....

Awal Mula Kapan Nulis Oz Gak Bisa Diakses

 
awal mula blog gak bisa diakses

            Dua hari yang lalu salah satu panitia Rekrutmen Odop Batch 10 meminta link Blog ibuk Oz untuk dijadikan Challenge. Tanpa pikir panjang ibuk Oz segera memberikan alamat blog Kapan Nulis Oz?. Akan tetapi siang ini ketika link disebar di grup, salah satu panitia mengatakan bahwa link ibuk Oz tidak bisa diakses. Ibuk Oz mencoba untuk memastikan link dengan mengkliknya dan ternyata benar tidak bisa diakses. 😭

            Setelah mengingat-ingat, domain link Blog Kapan Nulis Oz? sudah waktunya untuk diperpanjang. Wah, tidak terasa sudah setahun blog ibuk Oz menggunakan domain dan menjadi bloger. Rasanya baru kemarin belajar blogging bersama Blogspedia, ada rasa haru mengingat perjalanan blogging yag masih jauh dari kata konsisten. Hiks...

Let's go back to the case!!!

            Ternyata ibuk Oz harus memperpanjang domain blog Kapan Nulis Oz. Berhubung ibuk Oz beli domainnya di Rumahweb maka tanpa basa basi, ibuk Oz langsung Sat Set Sat ke website-nya. Setelah memasukkan email yang ibuk Oz yakini saat mendaftar pertama kali, ibuk Oz tidak menemukan nomor invoice pembelian domain Kapan Nulis Oz?

            Pokoknya sudah ibuk Oz obrak-abrik menu yang ada di RumahWeb tidak juga ketemu. Buka Google Search dan bertanya pada mbah Google serta Youtube pun sudah, tapi tidak juga menemukan masalahnya. Akhirnya ibuk Oz mencoba membuka Call Center RumahWeb yang di Whatssapp dan menanyakannya kembali serta mengeluhkan pembayaran untuk perpanjangan domain yang tak kunjung berhasil.

            Sempat putus asa, akan tetapi rasa penasaran ibuk Oz lebih besar dibandingkan rasa putus asa. Ibuk Oz membuka email pertama dan mencari email dengan kata kunci RumahWeb dan Invoice, namun email yang dimaksud tak kunjung bertemu, berulang kali ibuk Oz otak-atik dan tak juga mendapatkan hasil.

            Kemudian, ibuk Oz mencoba mengganti email kedua dan kembali mencari dengan kata kunci yang sama  yaitu RumahWeb dan Invoice. The Result is ..... TADAAA..... akhirnya ketemu, ya Allah ... rasanya ingin sujud syukur akhirnya ibuk Oz menemukan email untuk perpanjangan domain blog Kapan Nulis Oz?

            Dengan senang hati akhirnya ibuk Oz membuka website RumahWeb dan login dengan email yang kedua. Setelah berhasil login, ibuk Oz langsung memilih menu Billing dan meng-klik menu My Invoice lalu memilih Paid pada status. Men-transfer sejumlah biaya lalu mengirimkan pesan konfirmasi bahwa sudah membayar, meskipun terdapat beberapa kendala karena konfirmasi gagal ibuk Oz mencoba untuk tenang dengan mengikuti instruksi yang diberikan sampai akhirnya pembayaran berhasil diverifikasi.

Then, the blog had operated successfully ... Yeay!!!

Jadi Apa yang harus dilakukan ketika blog kesayangan tidak bisa diakses?

Lakukan Langkah-Langkah Berikut ini Jika Blog tidak Bisa diakses!

  
Blog tidak bisa diakses? Lakukan 5 langkah ini!

1. Jangan Panik!

            Yups, hal yang pertama kali harus dilakukan adalah jangan panik. Memang sih panik adalah hal yang alamiah ketika terjadi suatu masalah baik pada blog atau dalam kehidupan sobat Oz. Intinya, ingat bahwa panik tidak akan menyelesaikan masalah. Cara mengatasi panik ini sobat Oz cukup dengan mengatur napas beberapa kali lalu coba pikirkan beberapa solusi untuk menyelesaikan permasalahan pada blog sobat Oz.


2. Catat Tanggal Tenggat Waktu Pembayaran Domain Blog

            Nah, sebagai bloger yang baik sudah sewajarnya bagi kita untuk selalu mencatat tanggal tenggat waktu pembayaran domain blog tercinta. Bahkan kalau perlu sobat Oz bisa membuat alarm sebagai pengingat di handphone agar tidak lupa. Buatlah alarm seminggu sebelum tenggat waktu pembayaran, supaya kejadian yang ibuk Oz alami hari ini tidak terulang pada sobat Oz.


3. Periksa email pemberitahuan tenggat waktu dari website pembelian pertama domain. 

            Yaps, memeriksa email adalah hal yang dilakukan pertama kali agar sobat Oz dapat mendeteksi akun mana yang digunakan untuk login ke website pembelian pertama domain. Jangan lupa mencatat email dan password login, sobat oz pasti akan lupa/tidak ingat karena akses yang dilakukan adalah setiap setahun sekali.

            Selain itu ketika mengecek email maka akan lebih mudah dan tidak memakan waktu yang lama karena website akan mengirimkan pemberitahuan maksimal 60 hari atau minimal seminggu sebelum permbayaran untuk perpanjangan domain. Jadi urutannya Cek email dengan kata kunci nama website dan invoice, lalu login ke website, lakukan pembayaran dan terakhir konfirmasi pembayaran.


4. Ikuti Langkah-langkah Pembayaran dan Konfirmasi Pembayaran dengan Baik

            Disinilah literasi digital sobat Oz diuji, agar bisa membayar perpanjangan domain pahami langkah-langkah pembayaran serta konfirmasi pembayaran dengan seksama/baik karena jika tidak hati-hati maka akan ada langkah-langkah yang miss yang akan membuat perasaan kalut semakin membesar. Ujung-ujungnya sobat Oz akan merasa kesal dan muncul rasa tidak ingin melanjutkan proses pembayaran dan konfirmasi.


5. Intinya Sabar

            Nah, ini jurus pamungkas yang menurut ibuk Oz yang harus dilakukan, yaitu Sabar. Biasanya kendala akan terjadi pada proses konfirmasi pembayaran karena kan yang diurusi website itu bukan hanya pembayaran domain kita saja tetapi mungkin ribuan pembayaran domain yang masuk ke website mereka. Maka meski setelah konfirmasi pada WA dinyatakan gagal, sobat Oz harus terus sabar untuk mengikuti instruksi selanjutnya yaitu melakukan konfirmasi melalui website dengan mengunggah bukti transfer. 


            Nah, kerennya lagi pada proses verifikasi konfirmasi pembayaran di RumahWeb bisa kita pantau. Sobat Oz akan diberikan ID untuk konfirmasi, setelah memasukkan ID dan memasukkan kode maka akan muncul pernyataan yang menunjukkan apakah proses konfirmasi sedang atau sudah diverifikasi. Jika sudah diverifikasi, sobat Oz dapat mengetik link Blog pada tab baru dan hasilnya Blog sobat Oz sudah bisa diakses lagi... Yeayy!!!


            Sekarang sudah gak panik lagi dong, karena Blog ibuk Oz sudah bisa diakses! Kalau sobat Oz mengalami hal yang sama seperti ibuk Oz jangan lupa lakukan langkah-langkah yang telah ibuk Oz tuliskan pada tulisan ini ya... 

Mairoza HR
Eoseo Osibsio Selamat Datang di Blog Kapan Nulis, Oz? Dalam blog ini Sobat, Oz akan mendapatkan informasi tentang aneka Review, tips dan trik, tutorial dan beberapa pikiran receh saya lainnya. Saya adalah seorang Ibu Rumah tangga yang nyambi jadi Guru Bahasa Inggris, blogger dan soon to be a youtuber. Ingin Kerjasama? Silahkan kontak email saya ya...
Terbaru Lebih lama

Related Posts

10 komentar

  1. Kalau aku biar nggak lupa. Selain dicatat, khusus buat yang domain2 my.id.. sekalian saya perpanjang sampai lima tahun wkwk. Jadi selama 5 tahun ke depan bisa selonjoran deh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jadi bisa coach??? ya Allah... okeh nanti tak perpanjang 10 talon ah ...

      Hapus
  2. 5 langkah ini penting dan harus di cateettt...

    BalasHapus
  3. Jadi ingat beberapa waktu lalu blog ku juga tiba-tiba gak bisa diakses... Dengan bantuan dari Coach Maritaningtyas, akhirnya berhasil. Ternyata DnS nya harus ditambah..

    BalasHapus
  4. Jadi masalahnya ada di email yg digunakannya ya mba.. Duh, ikut panik juga ya kalau blog yg dipakai tiba" gak bisa diakses.. Apalagi kalau blog utama yaa..

    BalasHapus
  5. Aku baca ikut degdegan deh, iya ya, kadang kita nggak ngeh gitu kalau ada email penting yang masuk, alhamdulillah udah beres ya mbak.

    BalasHapus
  6. Wah penting nih mbak..soale domainku satunya pakai email suami. Wah wah makasih y mbak aku juga perlu catat nih tanggal buat baayr domain

    BalasHapus
  7. Aku belum pernah ngalamanin masalah gini sih. Semoga ga pernah ngalamin sih, aku suka panik sih kalau ketemu masalahh beginj

    BalasHapus
  8. kalau aku kok pasti bakalan panik mbak, semoga cukup ini saja ya pengalamannya ketika blog nggak bisa diakses. Yuhu, sekarang sudah plong ya, jadi ingat pembahasan di grup binneka

    BalasHapus
  9. Waduh, apalagi emak tua macam bunda yah... Sering lupa password, habis email-nya kebanyakan hahaha

    BalasHapus

Posting Komentar