header kapan nulis oz

4 Kebiasaan Awal Ramadan

Konten [Tampil]

             Ramadan adalah bulan yang selalu ditunggu dan dirindu oleh umat muslim di seantero jagat raya. Bulan yang hanya hadir satu kali dalam 12 bulan. Tahu tidak sobat Oz bahwa ada 4 kebiasaan yang biasa dilakukan pada awal Ramadan loh. Mau tahu? Yuk temukan informasi selengkapnya pada tulisan ini.

 

gambar kebiasaan awal ramadan

4 Kebiasaan Awal Ramadan

1. Balimau          

            Kebiasaan awal ramadan ini paling terasa dan dirindukan di masa kanak-kanak. Kebiasaan yang satu ini membawa cerita yang kelak dapat dikisahkan kembali kepada anak-anak. Sayangnya seiring berjalannya waktu kebiasaan ini sering terlupakan. Apa sih kebiasaan yang sedari tadi membuat penasaran? 

            Yaps, kebiasaan awal ramadan yang selalu dinanti adalah Balimau, sobat Oz pernah dengar? Balimau adalah kegiatan mandi ke sungai, sambil meniatkan untuk membersihkan diri dari segala dosa dengan berendam dan siap untuk menyambut bulan yang suci yaitu ramadan.

            Kebiasaan ini sangat seru, karena bisa dilakukan bersama-sama dengan keluarga, sepupu atau teman-teman. Kebiasaan ini juga diselipi makan bersama di tengah sungai. Jadi, para anak-anak akan membawa nasi beserta lauk dan pauk lalu bersama-sama dengan teman-temannya berarak ke tengah sungai yang dangkal lalu duduk di atas napal sambil memakan bekal bersama teman-teman.

            Sudah terbayang ya sobat Oz, bagaimana serunya?

2. Merendang 

            Kebiasaan ini biasanya dilakukan oleh ibu-ibu, yaitu merendang bersama-sama. Beberapa tetangga yang berdekatan akan iuran untuk membeli daging beserta bumbu rendang lalu memasaknya bersama-sama. 

            Rendang yang telah dibuat tadi dibagi sesuai pesanan, dan bisa dimakan untuk sahur pertama. Kebiasaan ini seperti rewang atau membantu memasak di rumah tetangga yang sedang hajatan, namun dengan skala yang kecil yaitu bisa terdiri dari 3-5 tetangga.

            Sambil menjalin silaturahmi juga bisa mendapatkan makanan yang super lezat, yaitu rendang.

3. Beberes Time

            Salah satu kebiasaan yang dilakukan ibu-ibu dan keluarga pada awal ramadan adalah beberes time. Bukan berarti pada keseharian tidak beberes. Hanya saja beberes di awal ramadan ini lebih ke menyambut ramadan dengan hati dan tempat yang bersih.

            Kegiatan beberes time ini bisa dimulai dari ruang tengah, ruang tamu, kamar utama, dapur bahkan halaman depan dan belakang. Jangan sampai ada tempat yang terlupakan ya sobat Oz.

4. Menyusun Menu Berbuka

            Nah, kebiasaan ini adalah salah satu kebiasaan yang membuat ibu-ibu agak kelimpungan. Memasak di hari biasa dan di bulan ramadan memiliki tingkat kesulitan yang berbeda. Pada hari biasa, ya tinggal memasak saja toh sudah biasa makan apa adanya. Nah berbeda dengan di bulan puasa, karena menu ini cukup dibilang istimewa dan ketika berbuka kita biasanya menginginkan menu berbuka yang istimewa pula, lain dari hari biasanya.

            Jika tidak disusun dengan penuh pemikiran, sobat Oz akan kebingungan ketika mengeksekusi. Jadi, menyusun menu berbuka di awal ramadan adalah hal yang bijak dan baik dilakukan menghindari sobat Oz dari rasa pusing tujuh keliling dengan pertanyaan nanti mau masak menu berbuka apa yaaa?

            Sobat Oz bisa mencari referensi menu berbuka di youtube atau di kolom pencarian google. Carilah menu yang simple dan tidak ribet tetapi rasanya terjamin enak. Sobat Oz boleh mencari referensi menu yang agak ribet hanya ketika hari yang cukup spesial, seperti ramadan ke 10 atau ke 20.


            Nah, bagaimana sobat Oz, 4 Kebiasaan Awal Ramadan yang ibuk Oz sarankan? Adakah di antara 4 Kebiasaan di atas yang pernah sobat Oz lakukan atau akan dilakukan bahkan boleh loh menambahkan kebiasaan awal ramadan yang sobat Oz biasa lakukan dengan memberikan komentar pada kolom komentar di bawah ini.


Mairoza HR
Eoseo Osibsio Selamat Datang di Blog Kapan Nulis, Oz? Dalam blog ini Sobat, Oz akan mendapatkan informasi tentang aneka Review, tips dan trik, tutorial dan beberapa pikiran receh saya lainnya. Saya adalah seorang Ibu Rumah tangga yang nyambi jadi Guru Bahasa Inggris, blogger dan soon to be a youtuber. Ingin Kerjasama? Silahkan kontak email saya ya...

Related Posts

Posting Komentar