header kapan nulis oz

3 Langkah Mengedepankan Adab

Konten [Tampil]

             Menurut sobat Nongki mana sih yang lebih penting di antara Adab dan Ilmu? Jika ibuk Oz harus memilih maka ibuk Oz akan memilih Adab, mau tahu alasannya? Yuk, baca tulisan ibuk Oz mengenai 5 Langkah Mengedepankan Adab berikut ini.

  3 Langkah Mengedepankan Adab

  
gambar mengedepankan adab


1. Pengalaman Mengedepankan Adab

            Kebaikan yang kita terima dari lingkungan tempat tinggal dan tempat kerja, adalah hasil dari mengedepankan adab. Ibuk Oz tidak akan dihargai wali murid dan rekan-rekan kerja jika tidak memiliki adab. Adab membawa ibuk Oz bertemu dengan orang-orang yang memberikan pengaruh baik dalam kehidupan ibuk Oz. Mengenal orang-orang hebat yang mengedepankan adab hal ini bisa dilihat dari bagaimana mereka berbicara dan menyampaikan materi dalam sebuah pelatihan.

            Diibaratkan ketika mencari pekerjaan, kita selalu dihadapkan dengan 2 macam tes yang harus dilalui sebelum pihak perusahaan menerima kita, yaitu tes tertulis dan wawancara. Melalui tes tertulis mereka mengukur kemampuan kita terhadap pekerjaan. Nilai yang diperoleh mungkin bisa saja sempurna dalam tes tertulis, namun ketika menghadapi sesi wawancara kita akan dinilai dari segi adab baik dalam berpikir maupun dalam bekerja.

            Ibuk Oz sangat bersyukur dalam beberapa tahun belakangan ini, bertemu dengan rekan-rekan dari berbagai daerah di Provinsi Jambi yang selain berilmu juga memiliki adab yang patut dicontoh. Apalagi mendapatkan pengalaman berkolaborasi dengan guru-guru hebat Se-provinsi Jambi dalam program Pelatihan Membatik, dan menjadi 30 besar Sahabat Rumah Belajar tahun 2019 yang lalu.

            Di sana kami tidak hanya diberikan ilmu yang mumpuni mengenai cara membuat video pembelajaran tetapi juga mengenai adab dalam bertemu orang banyak, menyampaikan pendapat dan lain-lain. Pengalaman yang luar biasa sehingga membuat ibuk Oz semakin yakin bahwa dengan mengedepankan adab ibuk Oz dapat memberikan kebaikan kembali kepada orang lain.

            Salah satu adab yang bisa ibuk Oz berikan pada orang lain adalah peserta didik. Menurut ibuk Oz mendidik tidak hanya tentang memberikan materi pelajaran atau ilmu, namun di sela-sela mengajar ibuk Oz juga menyelipkan beberapa gambaran bahwa dengan mengedepankan adab nantinya kita dapat diterima dalam masyarakat atau pun dalam dunia pekerjaan. Hal ini selalu ibuk Oz tanamkan di setiap ada kesempatan dalam mengajar.


2. Bagaimana Mengedepankan Adab?

            Bagaimana cara mengedepankan adab? Apakah sulit untuk dilakukan? Tentu saja adab ini butuh proses dalam melakukannya. Sejak kecil kita sudah diajarkan oleh orang tua etika dalam berbicara dengan yang lebih tua dan sopan santun. Ini adalah bibit adab yang sudah ditanamkan oleh orang tua sejak kecil, tinggal kita mengembangkannya melalui pergaulan dengan teman dan proses belajar serta interaksi dengan orang-orang sekitar.


1. Jadilah Gelas Kosong

            Hal yang pertama kali sobat Oz lakukan untuk mengedepankan adab adalah jadilah gelas kosong. Setiap kali bertemu dengan seseorang, atau mendapatkan sebuah pelatihan dan webinar buang semua air yang ada di dalam gelas kita. Kosongkan agar kita dapat menerima ilmu yang diberikan kepada kita hari itu meski kita sudah mendapatkan ilmu tersebut sebelumnya. Jika sobat Oz melakukan hal ini dalam keseharian secara berkelanjutan maka ibuk Oz yakin, adab ini akan terbentuk dan terpatri dalam diri sobat Oz.


2. Think Before Talking

            Dalam hidup tentunya kita akan bertemu dengan berbagai macam karakter, dengan mengedepankan adab, kita dapat mengatur atau mengendalikan diri dalam berinteraksi dengan mereka. Sebagai seorang manusia yang tentu memiliki emosi, terkadang kita sulit untuk mengendalikan yang satu ini. Hanya karena terbawa emosi, kita lupa untuk berpikir terlebih dahulu sebelum berbicara. 

            Ya, langkah kedua untuk mengedepankan adab adalah dengan berpikir sebelum berbicara. Latih diri untuk selalu berpikir sebelum berbicara sebagai sebuah kebiasaan. Tanyakan pada diri sendiri, "jika saya mengatakan ini apakah akan menyinggung perasaan orang tersebut? Apakah perkataan saya bisa diterima dengan baik?". Lakukan hal tersebut sebagai latihan, lama kelamaan sobat Oz akan terbiasa untuk berpikir sebelum berbicara.

            Jika memang pada saat berhadapan dengan seseorang sobat Oz tidak bisa lagi mengendalikan emosi, lebih baik kita memilih untuk berhenti sejenak, lalu atur napas agar emosi sedikit mereda. Jangan biarkan emosi sesaat menghancurkan adab kita di hadapan seseorang.


3. Diam itu Emas

            Langkah yang ketiga adalah Diam. Sobat Oz tentu pernah mendengar kalimat ini, yaitu diam itu emas. Hal ini berlaku dalam mengedepankan adab. Berkaitan dengan langkah yang kedua yaitu berpikir sebelum berbicara, bahwa dalam menghadapi karakter seseorang yang bisa saja membuat kita emosi, maka sobat Oz bisa mengambil langkah ketiga ini yaitu diam.

            Terkadang kita tidak sepenuhnya paham dengan situasi yang sedang terjadi, tiba-tiba ada seseorang yang datang pada kita lalu mereka mengatakan kata-kata kasar yang membuat kita emosi, maka, dari pada membuat keadaan semakin tidak terkendali lalu kita pun tersulut emosi, memilih diam adalah langkah yang bijak dilakukan.

            Untuk menjelaskan suatu kesalahpahaman tidak harus dengan penjelasan pada saat itu. Kita dapat memberi jeda dengan diam, ketika situasi sudah terkendali barulah kita menjelaskan kesalahpahaman tersebut dengan baik.

            

            3 langkah mengedepankan adap ini ibuk Oz dapatkan selama berinteraksi dengan orang lain, semakin bertambah usia kita, sebaiknya juga semakin bertambah pula kebijaksanaan dalam diri kita. Dengan mengedepankan Adab kita akan dihargai orang lain, ibuk Oz sudah merasakan dan melihat hal tersebut. Sampai saat ini, ibuk Oz masih terus melatih diri agar selalu mengedepankan adab. Menurut ibuk Oz, seseorang yang beradab sudah lah pasti berilmu karena mereka tahu bagaimana cara memperlakukan orang lain dengan adab. 

Mairoza HR
Eoseo Osibsio Selamat Datang di Blog Kapan Nulis, Oz? Dalam blog ini Sobat, Oz akan mendapatkan informasi tentang aneka Review, tips dan trik, tutorial dan beberapa pikiran receh saya lainnya. Saya adalah seorang Ibu Rumah tangga yang nyambi jadi Guru Bahasa Inggris, blogger dan soon to be a youtuber. Ingin Kerjasama? Silahkan kontak email saya ya...

Related Posts

Posting Komentar