header kapan nulis oz

Lempok Durian, Khas Jambi yang Ngangenin

Konten [Tampil]

             Tak terasa Ramadan sudah di depan mata, tinggal menghitung hari umat islam akan segera menunaikan ibadah yang istimewa. Hanya sekali dalam satu tahun dan ditunggu selama sebelas bulan. Banyak hal yang ngangenin dari bulan ini, ya ibadahnya, tarawihnya, kembang apinya, sahurnya dan yang paling spesial adalah makanan yang ngangenin. Ibuk Oz punya makanan tradisional yang bikin kangen masa kecil loh, apa itu? Lempok Durian, Khas Jambi yang Ngangenin.


Lempok, Makanan Legit nan Manis Kesukaan

 

gambar lempok durian

            Dulu sewaktu ibuk Oz masih kecil, Ramadhan merupakan bulan yang selalu ditunggu-tunggu karena beberapa hari sebelum puasa ibu-ibu di kampung ibuk Oz akan berama-ramai berkumpul membuat lempok durian, dodol yang dimasak dan dicampur durian. Makanan ini sangat spesial, dibuat dalam waktu yang tidak singkat. 

        Bagian yang paling sulit adalah ketika mengaduk lempok durian dengan tenaga dan memakan waktu yang cukup lama. Setelah lempok jadi maka ibu-ibu akan membagi sama rata dan bisa disantap sebagai cemilan atau pun sebelum berbuka puasa. Tekstur lempok lebih lembut dan legit dibandingkan dodol, rasa manis dari gula aren berpadu dengan rasa manis durian dan bau khasnya, membuat ibuk Oz tak pernah bosan memakannya. 

            Alasan lain kenapa lempok durian ini sangat istimewa karena selama proses pembuatan lempok durian kami anak-anak bisa bermain bersama teman-teman sebaya sambil menunggu ibu-ibu memasak lempok durian tak ada gadget, a real games with real friends. Main petak umpet, main kejar-kejaran, main kelereng, dan masih banyak lagi.

            Sayangnya, pada zaman sekarang sudah jarang ibu-ibu di desa ibuk Oz yang membuat lempok durian bersama-sama. Sejak zaman berubah menjadi instanisasi, yang serba cepat dan instan. Lempok durian kini tak perlu susah dan repot dibuat dalam waktu yang lama, bisa dipesan dan dibeli dengan cepat dan mudah. Sekali klik di android, lempok durian sudah berada dalam genggaman.

            Nah, itulah Lempok Durian, Khas Jambi yang Ngangenin bagi ibuk Oz. Makanan tradisional asal Provinsi Jambi yang membuat ibuk Oz rindu dengan kenangan masa kecil. Kalau sobat Oz, apa nih makanan tradisional daerahnya yang bikin kangen?

            

Mairoza HR
Eoseo Osibsio Selamat Datang di Blog Kapan Nulis, Oz? Dalam blog ini Sobat, Oz akan mendapatkan informasi tentang aneka Review, tips dan trik, tutorial dan beberapa pikiran receh saya lainnya. Saya adalah seorang Ibu Rumah tangga yang nyambi jadi Guru Bahasa Inggris, blogger dan soon to be a youtuber. Ingin Kerjasama? Silahkan kontak email saya ya...

Related Posts

Posting Komentar