header kapan nulis oz

5 Tips dan Trik Berbuat baik tanpa Disalahartikan

Konten [Tampil]

             Siapa sih yang tidak ingin berbuat baik pada orang lain? Tentunya sebisa mungkin di setiap kesempatan kita ingin berbuat baik, seperti membantu orang lain yang sedang kesulitan baik secara materil dan moril. Akan tetapi terkadang, Apa yang kita lakukan dengan niat tulus membantu malah disalahartikan. Jadi bagaimana caranya supaya bisa tetap membantu orang lain tanpa disalahartikan? Yuk baca informasi berikut ini tentang 5 Tips dan Trik Berbuat baik tanpa Disalahartikan.


5 Tips dan Trik Berbuat Baik Tanpa Disalahartikan

  

gambar berbuat baik

1. Persepsi

            Sebagai manusia biasa kita tidak bisa mengontrol persepsi orang terhadap apa yang kita lakukan. Sama situasinya ketika beberapa orang membaca buku yang sama, ketika ditanya apa isi buku tersebut, mereka akan memberikan penjelasan dari sudut pandang mereka secara berbeda-beda.

            Maka dari itu, sobat Oz harus bisa memahami konsep persepsi tekait apa yang akan kita lakukan, karena idak semua orang bisa melihat dan menerima kebaikan orang lain secara positif. Meski nantinya mereka menerima dengan negatif, sobat Oz harus tetap pada track awal yaitu tetap berbuat baik.


2. Kenali Orang yang akan Dibantu

            Sebelum memberikan bantuan kepada orang lain, ada baiknya sobat Oz mngenali siapa orang yang akan dibantu. Bagaimana karakter dan kondisi real kehidupannya. Hal ini agar tidak terjadi kesalahpahaman nantinya. Ada beberapa karakter yang meskipun dalam kesulitan mereka punya harga diri dan pantang mengemis pada orang lain. Karakter seperti inilah yang perlu kita waspadai karena cenderung akan menyalahartikan maksud baik seseorang. Mengetahui kondisi real seseorang sebelum membantunya akan menghindari diri dari menyinggung perasaan seseorang. 


3. Jelaskan Maksud dan Tujuan dengan Baik

            Menjelaskan maksud dan tujuan dengan baik adalah hal yang perlu diperhatikan dengan baik. Orang mudah salah paham, terkadang sudah dijelaskan pun mereka tetap merasa tidak senang. Masalahnya ada harga diri yang dipertaruhkan. Mereka tak suka dianggap mengemis dan merasa direndahkan. Setelah menjelaskan maksud dan tujuan dengan cara yang baik, ibuk Oz yakin mereka akan mengerti dan memahami maksud dan tujuan kita.


4. Reaksi

            Reaksi adalah hal yang perlu diperhatikan setelah menjelaskan maksud dan tujuan dengan baik. Apakah mereka menerima dengan positif atau negatif. 


5. Ucapkan Terima Kasih dan Maaf

            The last but not the least adalah mengucapkan terima kasih dan maaf. Terima kasih karena sudah menerima bantuan yang kita berikan dengan lapang dada dan meminta maaf apabila ada kata-kata atau ucapan yang menyinggung.


            Hal terakhir yang tak perlu kita lakukan setelah melakukan semua tahap di atas adalah memposting kegiatan kita ke Sosial Media. Mereka yang tak paham akan menyalahartikan perbuatan kita sebagai bentuk perbuatan yang pamer atau merendahkan orang lain. Biarlah apa yang kita lakukan diketahui oleh sang Pencipta dan orang-orang yang membutuhkan.

            Walau bagaimana pun, meski orang-orang tak bisa menerima maksud baik kita, walau mereka menyalahartikan perbuatan kita, jangan berhenti untuk terus berbuat baik. Semoga 5 Tips dan Trik Berbuat Baik tanpa Disalahartikan ini bisa bermanfaat dan menambah semangat bagi kita untuk terus berbagi dan berbuat baik.

Mairoza HR
Eoseo Osibsio Selamat Datang di Blog Kapan Nulis, Oz? Dalam blog ini Sobat, Oz akan mendapatkan informasi tentang aneka Review, tips dan trik, tutorial dan beberapa pikiran receh saya lainnya. Saya adalah seorang Ibu Rumah tangga yang nyambi jadi Guru Bahasa Inggris, blogger dan soon to be a youtuber. Ingin Kerjasama? Silahkan kontak email saya ya...

Related Posts

Posting Komentar