header kapan nulis oz

5 Alasan Kamu Worth it!

Konten [Tampil]

          Sebagai seorang manusia sobat Oz pasti pernah merasakan perasaan insecure seperti merasa minder, tidak percaya diri, menyalahkan diri sendiri yang kurang berkualitas dan lain-lain. Tapi, tunggu ... apa benar diri kita tak berharga dan tak bisa apa-apa? Wah, sepertinya sobat Oz wajib baca tulisan ibuk Oz tentang 5 Alasan Kamu Worth it! 


5 Alasan Kamu Worth it! 

  
Gsmbar 5 alasan kamu berharga

1. Jangan Takut Berbuat Kebaikan

          Sebuah kebaikan tidak boleh ditunda-tunda, segerakan. Tak peduli apakah dianggap penting atau tidak. Minimal niat baik sudah dicatat oleh kedua pencatat amal kebaikan. 


          Jika sobat Oz menimbang-nimbang perbuatan baik tadi apakah dianggap oleh orang lain sebagai suatu hal yang penting atau tidak, otomatis pikiran tersebut akan mengurangi semangat untuk berbuat kebaikan di kemudian hari. Jika memang ada orang lain di mata sobat Oz yang lebih hebat dan mungkin kebaikannya lebih besar dari kita ya biarkan saja. Itu adalah urusannya dan kita tak berhak mencampuri atau menghakimi, karena setiap kebaikan sudah ada porsinya masing-masing.


          Jika perut kita kenyang hanya dengan sepiring nasi, jangan dipaksakan memakan 2 piring nasi untuk menyamakan dengan piring orang lain. Jika sobat Oz ingin membantu orang lain, bantulah sesuai dengan kemampuan masing-masing. 


2. Tanam Kebaikan, lalu Lupakan

          Seperti yang sudah sering sobat Oz dengar bahwa jika tangan kanan berbuat kebaikan maka tangan kiri tak perlu tahu. Artinya, ketika kita berbuat kebaikan tak perlu lah tetangga kiri dan kanan tahu. Cukup diri kita dan Allah saja yang tahu, agar kebaikan tadi tak ternodai dengan perasaan tinggi hati, lalu muncul lah perasaan Riya' dan ingin dipuji. Na'uzubillahiminzalik.... 


          Sebaiknya sobat Oz lakukan hal ini, tanam lah kebaikan di mana saja dan sebanyak-banyaknya, lalu lupakan! Tujuannya agar kita tidak merasa sombong. Suatu hari nanti kebaikan yang sudah kita tanam akan berbuah manis dan datang kembali kepada kita. 


3. Lakukan dengan Sungguh-sungguh

          Alasan yang ketiga kita berharga adalah selalu lakukan apapun itu bentuknya dengan Sungguh-sungguh. Lakukan dengan sepenuh hati dan jangan setengah-setengah. Hal ini akan membuat perasaan kita menjadi puas atas apa yang telah dilakukan. Supaya tak ada rasa penyesalan setelahnya, karena hal yang dilakukan dengan sepenuh hati akan membuahkan hasil yang maksimal. 


          Coba bayangkan kan jika sobat Oz tidak melakukan sesuatu dengan Sungguh-sungguh, tentunya hasilnya takkan maksimal, lalu sobat Oz akan terus teringat akan penyesalan tersebut. Andai pada saat itu saya melakukannya dengan Sungguh-sungguh. Nah, sebelum terlambat yuk maksimalkan usahanya. 


4. Kebermanfaatan akan Kembali Padamu

          Sobat Oz percaya tidak bahwa sebuah kebaikan atau kebermanfaatan yang pernah kita lakukan, suatu hari nanti akan kembali lagi pada kita? Hal ini pernah ibuk Oz alami sendiri. Selalu membantu rekan kerja dengan Sungguh-sungguh, membantu siapa saja tanpa pilih-pilih, dan hasilnya sungguh di luar dugaan. Setiap kali ibuk Oz mendapatkan masalah selalu ada saja orang lain yang datang membantu. 


          Kebermanfaatan yang kita berikan pada orang lain, ternyata kembali lagi kepada kita. Bahkan bukan melalui orang yang pernah kita tolong, tetapi orang lain yang tak pernah kita sangka-sangka. Jadi, masih takut untuk berbuat baik?


5. Keberadaanmu Berharga

          Coba sekarang sobat Oz renungkan, apa benar kita tak memiliki kualitas apapun? Padahal Allah menciptakan manusia sebagai khalifah, pemimpin di atas dunia ini. Tentunya bukan tanpa alasan manusia diciptakan agar dapat bermanfaat bagi orang lain dan diri sendiri. 


          Setiap manusia diciptakan dengan segala kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Apapun yang kita lakukan tentunya akan memberikan kebaikan meskipun tak terasa secara langsung. Kebaikan yang kita lakukan tak perlu terlihat besar tapi efeknya sedikit. Biarlah kebaikan yang kita lakukan sedikit tetapi mengenai di hati orang lain. 


          Nah, gimana sobat Oz... Sudah menemukan 5 Alasan Kamu Worth it? Teruslah berbuat kebaikan ya sobat Oz meski sekecil apapun, kebaikan yang diberikan tak perlu mencakup masyarakat luas, yang paling penting kebaikan itu bisa dirasakan oleh diri sendiri, keluarga dan orang-orang sekitar, agar kebermanfaatannya kembali kepada kita. 

Mairoza HR
Eoseo Osibsio Selamat Datang di Blog Kapan Nulis, Oz? Dalam blog ini Sobat, Oz akan mendapatkan informasi tentang aneka Review, tips dan trik, tutorial dan beberapa pikiran receh saya lainnya. Saya adalah seorang Ibu Rumah tangga yang nyambi jadi Guru Bahasa Inggris, blogger dan soon to be a youtuber. Ingin Kerjasama? Silahkan kontak email saya ya...

Related Posts

Posting Komentar