header kapan nulis oz

5 Resolusi Tahun 2022 dan Cara Mewujudkannya

Posting Komentar
Konten [Tampil]

          Wah, jika biasanya membicarakan resolusi tahun 2022 harusnya diposting di bulan Januari, kok ini malah hampir di akhir bulan Februari ya? Apakah sudah terlalu terlambat untuk membicarakan resolusi yang ingin ibuk Oz capai di tahun ini sobat Oz? 

          Entah kenapa ada banyak harapan dan impian yang ingin dicapai, tapi agaknya hati masih ciut untuk merangkainya menjadi kata-kata. Terlalu pesimis, akan kah semua harapan dan impian ini hanya sekedar kata-kata yang terangkai indah tanpa berani untuk diwujudkan? Atau ibuk Oz terlalu takut untuk menghadapi realita bahwa harapan dan impian ini nanti tak sesuai dengan kenyataan? Ah, terlalu berputar-putar ibuk Oz menuturkan alasan, berbelit-belit hingga perasaan ragu itu terus-menerus bertengger di relung hati.

          Akhirnya ibuk Oz bertekad untuk tak ingin kalah dan menyerah dalam mewujudkan harapan dan impian tahun 2022 ini. Setelah bergulat dan bergumul dengan pikiran pesimis dan insecure, ibuk Oz akhirnya membuat langkah awal yaitu mencoba menuliskan Resolusi Tahun 2022 dalam bentuk tulisan yang nanti di akhir tahun bisa ditengok kembali apakah ibuk Oz berhasil mewujudkannya atau tidak. Tentunya Resolusi yang ibuk Oz harapkan dan impikan ini dapat terwujud, maka bagaimana cara ibuk Oz mewujudkannya? Tentunya akan ibuk Oz tuliskan juga cara untuk mewujudkannya dalam postingan kali ini.

  

Gambar Wishlist

Flashback

          Pada akhir tahun 2019 ibuk Oz mengikuti sebuah tantangan menulis dalam sebuah Komunitas Menulis Online, kami diminta untuk mengunggah sebuah surat pernyataan yang ditulis tangan lalu ditandatangi yang berisi bahwa kami akan menerbitkan buku pada tahun berikutnya. 

         Alhamdulillah tahun 2020 Ibuk Oz berhasil menulis sebuah Novelet yang berjudul "Dari Semesta untuk Hyera", menulis beberapa antologi dengan berbagai tema dan genre dari komunitas menulis yang ibuk Oz ikuti. masyaAllah, sungguh pencapaian yang sangat luar biasa bagi ibuk Oz yang bukan siapa-siapa ini akhirnya memiliki sebuah buku karya sendiri dan antologi. 

          Selanjutnya pada tahun 2021 ibuk Oz berhasil mewujudkan impian untuk serius belajar nge-blog melalui program pendampingan blog untuk pemula yang diadakan oleh blogspedia, selama kurang lebih tiga bulan kami digembleng, diberi materi dimulai dari dasar seperti menentukan tujuan ngeblog, mengubah template, membeli domain, dan merencanakan content plan agar terus konsisten dalam blogging.

          Setelah dinyatakan lulus dari pendampingan blog untuk pemula oleh blogspedia, ibuk Oz mulai difasilitasi wadah oleh Grup Whatsapp Geng Cupuers. Inilah manfaat dari relasi, ketika ibuk Oz sudah menyelam dan tenggelam dalam dunia blogging dan tulis-menulis, maka secara perlahan ibuk Oz mendapatkan banyak link yang dibagikan untuk mendapatkan pekerjaan part-time sebagai penulis konten dan review bahkan beberapa lomba menulis blog. Sejak akhir tahun 2021 tepatnya bulan November adalah pekerjaan pertama ibuk Oz sebagai penulis review produk kecantikan.  MasyaAllah, salah satu impian yang lama terpendam ingin di endorse pun terwujud di tahun itu.


5 Resolusi Tahun 2022 

1. Side Job sebagai Bloger

          Saat ini Niche blog Kapan Nulis Oz masih menggunakan Niche Lifestyle, yaitu dengan tema yang beraneka ragam. Pelan-pelan ibuk Oz juga mulai menspesifikkan label dari awalnya berjumlah 9 label kini hanya tinggal 6 label, yaitu Aneka Review, Aneka Tutorial, Aneka Tips & Trik, Aneka Info, Blogging dan yang terakhir Oz Journal.

           Seperti yang sudah ibuk Oz sampaikan sebelumnya bahwa sejak akhir tahun 2021 tepatnya bulan November, ibuk Oz mendapatkan pekerjaan pertama sebagai seorang penulis blog review maka untuk tahun 2022 ini ibuk Oz berharap setiap bulan ibuk Oz mendapatkan banyak Side job me-review baik produk-produk kecantikan bahkan bisa melebar sampai produk-produk rumah tangga, elektronik dan lain-lain. Aminnn....


2. Mengikuti Lomba Menulis di Blog

          Setelah lulus dari pendampingan blog bagi pemula dari Blogspedia dan masuk grup The Cupuers, banyak teman-teman yang mambagikan link-link lomba menulis blog, atau di instagram kini ibuk Oz sering mendapat notif lomba-lomba menulis blog dari sebuah akun info lomba blog, akan tetapi nyali ibuk Oz terlalu ciut untuk mencoba mengikuti satu di antara sekian banyak lomba tersebut. Ibuk Oz biasanya akan menyimpan informasi lomba tersebut, hanya menyimpan namun tidak pernah mencoba melakukan. 

          Hal yang selalu terngiang-ngiang di benak ibuk Oz adalah "apakah saya cukup mampu bersaing dengan para blogger yang lebih hebat dari saya? Saya kan hanya blogger amatiran." Hal itu terus menerus menghantui pikiran ibuk Oz hingga akhirnya tahun 2021 berlalu dan tak ada satu pun lomba menulis blog yang ibuk Oz ikuti.

         Ibuk Oz tidak ingin menjadi sosok yang terlalu penakut untuk mengikuti lomba seperti di tahun 2021, Maka dari itu di tahun 2022 ibuk Oz ingin memberanikan diri untuk mengikuti lomba menulis blog minimal 1 kali dalam 1 bulan. Aminnnn.....


3. Launching Novel "Luka Diza" dan Buku Autobiografi "Eightcellent Years of Oz

          Di tahun 2021, ibuk Oz fokus untuk belajar blogging sehingga tidak ada karya buku yang diterbitkan. Ibuk Oz merupakan salah satu anggota Komunitas One Day One Post, dan dalam komunitas itu ada program Odop Nulis Buku. Ibuk Oz mengikuti program tersebut, dalam program ini kami diberikan kesempatan untuk mempresentasikan calon buku kemudian diperkenalkan kepada penerbit yang akan membantu calon buku kami ini terbit nantinya. 

          Pada kesempatan itu ibuk Oz mempresentasikan 2 calon buku yang pertama Novel "Luka Diza"  yang berkisah tentang seorang wanita yang mengalami lika-liku kehidupan yang pahit. Tak diakui oleh ayah, ditinggalkan orang-orang terkasih, berpisah dengan saudara kandung, begitu bertubi-tubi luka yang dialami Diza namun ia begitu kuat dan tegar, hingga akhirnya ia dipertemukan dengan sosok pria yang akhirnya menyembuhkan luka Diza". Kisah ini sebenarnya diambil dari kisah nyata, ibuk Oz juga sudah meminta izin kepada tokoh utama. Rencananya Novel ini akan terbit pada bulan Agustus tahun 2022. 

          Untuk Buku kedua yang berjudul "Eightcellent Years of Oz", merupakan buku Autobiaografi ibuk Oz sendiri, berisi tentang perjalanan karir mengajar ibuk Oz selama di SMPN 05 Jujuhan, pengembangan diri serta pengalaman yang ibuk Oz alami seama 8 tahun di SMPN 05 Jujuhan. Ada perasaan minder sebenarnya untuk membuat buku ini, karena ibuk Oz yang hanya seorang guru honorer dengan prestasi dan mungkin pengalaman yang biasa saja mencoba untuk membuat Autobiografi yang biasanya dibuat untuk orang-orang terkenal atau berjasa seperti pahlawan

          Akan tetapi, tujuan dan alasan ibuk Oz membuat Autobiografi ini tidak untuk pamer atau yang lainnya, murni ibuk Oz ingin memberikan kenang-kenangan untuk Sekolah yang selama ini sudah memberikan kesempatan kepada ibuk Oz untuk terus belajar dan mengembangkan diri menjadi lebih baik. Sebagai bentuk dan rasa terima kasih buku ini hadir sebagai hadiah atau kenang-kenangan. Rencananya buku ini juga akan terbit di tahun 2022 tepatnya pada bulan November. 


4. Konsisten Menulis Blog , Draft Novel dan Buku Autobiografi

          Konsisten, adalah kelemahan yang sampai saat ini masih ibuk Oz cari jalan keluarnya. Untuk dapat konsisten menulis ibuk Oz harus mengatur waktu dengan membuat jadwal serta membulatkan tekad untuk menulis apapun yang terjadi harus menulis. Segala strategi dan alasan kenapa harus menulis pun sudah ibuk Oz buat dalam postingan akan tetapi masih belum maksimal untuk mengonsistenkan diri.

         Maka dari itu di tahun 2022 ibuk Oz ingin lebih konsisten dalam menulis Blog, draft novel dan buku autobiografi sebanyak masing-masing 1 kali seminggu.


5. Mengganti Handphone 

            Sebenarnya ibuk Oz termasuk yang awet dalam menggunakan handphone, semenjak hilang di pasar 3 tahun yang lalu ibuk Oz masih setia dengan Xiomi Redmi ini. Hanya saja berhubung ibuk Oz seorang bloger yang memiliki banyak grup WA, belum grup pelatihan sekolah yang setiap grup tersebut tertimbun banyak chat dan file-file membuat kapasitas Xiomi Redmi ini sangat kewalahan dalam hal kapasitas memorinya. Belum lagi desain yang ibuk oz buat di Aplikasi Canva, lalu aplikasi-aplikasi lain yang mendukung ibuk oz blogging dan melatih talent anak-anak di sekolah, akhirnya mendorong ibuk Oz untuk memiliki rencana mengganti handphone dengan kapasitas memori yang lebih besar.

            Semoga tahun ini, ibuk Oz bisa mewujudkan keinginan untuk mengganti handphone lama ini dari uang Side Job sebagai blogger dan menang lomba. Aminnn....


Cara mewujudkannya

1. Cara mewujudkan Side Job sebagai Bloger

  • Untuk mewujudkan keinginan yang pertama ini, ibuk Oz akan memanfaatkan komunitas menulis blog di WA. Dalam komunitas tersebut, banyak teman-teman yang suka berbagi link kerjasama dengan produk-produk kecantikan yang mencari bloger untuk digandeng dalam me-review produk-produk mereka. 
  • Untuk penentuan Rate Card/Fee artikel biasanya ibuk Oz tidak mematok harga terlalu rendah atau terlalu tinggi karena menurut Ibuk Oz, sebagai bloger harus bisa menghargai diri dengan harga yang pantas karena ada waktu yang ibuk Oz habiskan untuk memilih judul yang menarik, meriset materi, mendesain infografis dan proses pembuatan artikel tersebut. Jadi, ibuk Oz akan menghargai usaha dan kerja keras ini dengan harga yang pantas.
  • Setelah mendapatkan kesempatan untuk bekerja sama dengan klien, Ibuk Oz akan memberikan pelayanan yang terbaik. Biasanya mereka hanya meminta link tulisan yang dibagikan melalui media sosial, nah selain link, ibuk Oz biasanya membuatkan video pendek tentang bagaimana cara menggunakan produk tersebut dan apa yang ibuk Oz rasakan setelah menggunakannnya. Lalu membagikan video tersebut ke media sosial.
  • Agar trafik kunjungan ke artikel tersebut tinggi, ibuk Oz juga akan mengikutsertakan link artikel pada kegiatan Blogwalking komunitas. Hal ini siapa tahu bisa memberikan insight baik pada klien untuk di masa yang akan datang bisa bekerja sama kembali.


2. Cara Mewujudkan untuk Mengikuti Lomba Menulis Blog

  • Untuk mewujudkan keinginan yang satu ini hal yang pertama sekali ibuk Oz lakukan adalah memiliki T.E.K.A.D yang kuat untuk M.E.N.C.O.B.A. Menurut ibuk Oz tanpa niat yang kuat dan aksi yang nyata keinginan ini hanyalah tinggal keinginan, melayang-layang, lalu terbang tersapu angin, wush .... dan menghilang hingga ahirnya menyesal. Ibuk Oz tidak akan membiarkan hal ini terjadi. Yuk, bisa yuk. Kuatkan tekadnya!!!!
  • Ibuk Oz akan memilih lomba-lomba yang ibuk Oz kuasai dan senangi. Maka jika sudah ibuk Oz kuasai dan senangi akan terasa ringan dan enteng dalam menjalani. Bismillah!!! Bisa Yuk, Bisa!
  • Jadi untuk tahap awal ibuk Oz tidak akan meniatkan untuk menang, dapat hadiah atau apalah yaaaa.... jadi ibuk Oz akan menganggap ini sebagai ajang latihan bagi ibuk Oz untuk mengasah kemampuan menulis.
  • Sering-sering baca tulisan lomba pemenang, supaya tahu dimana kelebihan tulisan yang dimiliki atau persepektif tulisan yang para pemenang buat dengan tulisan ibuk Oz, bukan untuk membandingkan, tetapi untuk menemukan kekurangan tulisan ibuk Oz dan memperbaikinya agar kedepan tulisan ibuk Oz bisa lebih berkualitas.
  • Just do it, don't think about anything else, just write!!!! Ganbatte!!!!

3. Cara Mewujudkan Novel "Luka Diza" dan Autobiografi "Eightcellent Years of Oz"

            Untuk mewujudaknnya ibuk Oz harus membuat rancangan tulisan baik untuk novel maupun untuk autobiografi

Novel Luka Diza

  • Ibuk Oz akan Mulai dari Novel, karena rencana terbit lebih cepat dari pada autobiografi. langkah-langakah rencananya tentu sama antara novel dan autobiografi.
  • Pertama ibuk Oz akan membuat kerangkan tulisan yang terdiri dari Kata pengantar, Daftar Isi yang berisi Tema dan Subtema
  • Ibuk Oz akan menentukan tokoh-tokoh yang akan ada di dalam cerita Luka Diza dan memperkuat karakternya.
  • Untuk Novel Luka Diza, ibuk Oz akan menulis rincian peristiwa yang ibuk Oz masukkan dalam cerita, menarik kembali ingatan akan kejadian-kejadian yang akan dirangkai dalam cerita.
  • Selanjutnya menentukan konflik disetiap tema dan ending.
  • Menulis sesuai dengan Tema dan Subtema yang sudah ditentukan sebelumnya.
  • Setelah draft selesai, ibuk oz akan cuekin mereka selama beberapa hari. Lalu edit.
  • Hubungi penerbit, tanyakan biaya dan proses penerbitan. Jika sepakat. Kirim.
Autobiografi

  • Hal yang sama juga akan ibuk lakukan pada Buku Autobiografi, seperti membuat kerangkan tulisan yang terdiri dari Kata pengantar, Daftar Isi yang berisi Tema dan Subtema
  • Ibuk Oz akan menentukan timeline dimulai karir ibuk Oz sebagai guru, aktifitas atau kegiatan yang dilakukan lalu tokoh-tokoh yang ada di sekitar ibuk Oz.
  • Menulis sesuai dengan tema dan subtema yanga telah ditentukan sejak awal.
  • Setelah draft selesai, ibuk oz akan cuekin mereka selama beberapa hari. Lalu edit.
  • Hubungi penerbit, tanyakan biaya dan proses penerbitan. Jika sepakat. Kirim.


4. Cara Mewujudkan Agar Konsisten Menulis Blog , Draft Novel dan Buku Autobiografi

  • Untuk mewujudkan agar konsisten menulis blog, draft novel dan buku autobiografi tentunya ibuk Oz harus membuat jadwal yang super ketat, karena harus membagi waktu dengan kesibukan ibuk oz sebagai full IRT, Mengajar, Blogging dan Menulis Novel dan Autobiografi.
  • Senin      : Pagi-Sore (Posting Kapan Nulis Oz? Blog) - Malam (Nge-Draft tulisan di Ozpeedia)
  • Selasa     : Pagi-Sore (IRT) - Malam (Persiapan RPP)
  • Rabu       : Pagi- Sore (Posting Ozpeedia) - Malam (Persiapan RPP)
  • Kamis     : All Day and Night (Nge-Draft Luka Diza)
  • Jum'at     : All Day and Night (Nge-Draft Eightcellent Years of Oz)
  • Sabtu      : Pagi-Sore (IRT) - Malam (Nge-Draft tulisan di Kapan Nulis Oz?)
  • Minggu   : Pagi-Sore (IRT) - Malam (Persiapan RPP
          Wait!!! Kapan halan-halannya nih???? 😂😂😂 Setelah Launching Dongs!!! Syemangatsss!!!

5. Cara Mewujudkan untuk Mengganti Handphone

            Untuk dapat mewujudkan keinginan yang terakhir ibuk Oz tentnunya harus menabung dan lebih sering menerima Side Job me-review dan menang lomba menulis Blog. Aminnn.... Doakan ya sobat Oz semoga semua Resolusi tahun 2022 ibuk Oz bisa terwujud.

            Oh, Iya ... Ibuk Oz bisa optimis begitu sih, bisa yakin bisa mewujudkan semua keinginan di atas? Iya dongs, semua itu karena ibuk Oz memiliki Seperangkat Amunisi Baru.

Gambar amunisi baru

            Jadi, ibuk Oz seminggu yang lalu baru saja membeli seperangkat PC lelang dengan harga terjangkau. Untuk saat ini laptop akan beristirahat sementara dalam dunia tulis menulis dan per-blogging-an karena akan diinstal ulang. Nah, semua kegiatan tersebut akan berpindah pada seperangkat PC di atas.
            Alhamdulillah sih, ibuk Oz jadi semakin semangat blogging nih di PC, selain karena baru diinstal ulang jadi kecepatannya sangat memuaskan kinerja ibuk Oz deh. Dari mendesain gambar di canva, mengunggah foto di blog yang super cepat ditambah lagi ibuk Oz tetap bisa internetan tanpa harus kabel Lan atau membeli modem atau card reader tambahan untuk mengoneksikan PC ke Wifi. cukup pakai handphone dan kabel data saja, kegiatan blogging jadi hal yang selalu ingin ibuk Oz lakukan setelah pekerjaan rumah dan mengajar selesai.
            Semoga dengan seperangkat amunisi baru ini 5 Resolusi Tahun 2022 dan Cara Mewujudkan ini benar-benar bisa terealisasi. Can't wait!!! Tetap semangat ya sobat Oz!!! Don't give up!!!








Mairoza HR
Eoseo Osibsio Selamat Datang di Blog Kapan Nulis, Oz? Dalam blog ini Sobat, Oz akan mendapatkan informasi tentang aneka Review, tips dan trik, tutorial dan beberapa pikiran receh saya lainnya. Saya adalah seorang Ibu Rumah tangga yang nyambi jadi Guru Bahasa Inggris, blogger dan soon to be a youtuber. Ingin Kerjasama? Silahkan kontak email saya ya...

Related Posts

Posting Komentar