header kapan nulis oz

4 Hobi Menulis yang Menghasilkan Cuan, Mau?

Konten [Tampil]

            Siapa sih yang tidak ingin menghasilkan cuan? Apalagi hanya dari sebuah hobi menulis. Ada yang mau gak? Ya, mau dong! Tenang ... Ibuk Oz akan memberitahu info yang keren sekali tentang 4 Hobi Menulis yang menghasilkan Cuan, Mau? Kalau mau, yuk scroll down this article!!!

gambar hobi menghasilkan cuan


4 Hobi Menulis yang Menghasilkan Cuan, Mau?

  
gambar menulis di blog, buku dan Novel

1. Menulis di Blog

            Blog adalah website yang berupa media online yang berisi tulisan seperti artikel dan dilengkapi dengan gambar atau video ditulis oleh seorang penulis atau beberapa penulis yang disebut bloger. Tulisan yang ibuk Oz posting ini medianya blog ada banyak jenis blog ya sobat Oz ,boleh browsing. Jika harus memilih jenis blog yang nyaman bagi ibuk Oz Blogger.com tetap nomor satu di hati. Bukan promosi loh ya, cuma jujur fitur-fiturnya sederhana dan mudah untuk dipahami dan digunakan.

            Nah, menulis di blog adalah hobi menulis pertama yang menghasilkan Cuan loh sobat Oz. Sobat Oz yang hobi menulis wajib mencoba menulis di blog! Alhamdulillah semenjak serius belajar tentang dunia kepenulisan blog akhir bulan Mei tahun 2021 yang lalu bersama blogspedia, awal bulan November 2021 ibuk Oz sudah merasakan manfaatnya. Ya, lumayanlah buat beli bakso atau kosmetik kesayangan ibuk Oz cukuplah.

            Memangnya ibuk Oz ngapain sih, kok bisa sampai dapat Side Job dari menulis di Blog? Alhamdulillah, akhir bulan Oktober yang lalu ibuk Oz diajak kerjasama dengan salah satu produk kecantikan yang sedang viral dengan model brand kosmetiknya yang dari Korea itu loh, Duda ganteng yang kebetulan lagi viral juga sejak membintangi Drama Korea Vincenzo. Kebanyakan clue nih, pasti tahu dong ya, merk produknya apa.

                Side Job nya adalah me-review dan membuat artikel mengenai produk mereka. Kebetulan ada 2 produk, maka artikel yang dibuat pun sebanyak 2 artikel dengan fee yang sama. Wah pertama kali mendapatkan pekerjaan ini ibuk Oz senang sekali loh, sampai ibuk Oz bagikan tulisan tentang cara di endorse di media sosial sebagai bentuk syukur ibuk Oz, untuk membagikan pengalaman kepada sobat Oz.

                                                                                                         

2. Menulis Novel atau Buku

                Bagi sobat Oz yang masih bingung menulis di Blog dan baru mau belajar blogging, tenang ... masih ada hobi menulis kedua yang bisa sobat Oz lakukan untuk menghasilkan Cuan, mau? Nah, sobat Oz yang hobi menulis bisa disalurkan dengan menulis Novel atau Buku.

                Sobat Oz bisa memilih diantara kedua pilihan mau menulis Novel atau Buku. Jika sobat Oz suka membuat karya imajinasi, kisah kehidupan, dan lain-lain , menulis Novel bisa jadi hobi menulis yang menghasilkan Cuan. Seperti yang sobat Oz ketahui bahwa banyak penulis-penulis yang berhasil menghasilkan Cuan dari karya Novel yang dibuatnya. Bisa dijual ke keluarga, tetangga, toko buku bahkan secara online

              Namun, jika sobat Oz lebih cenderung suka menulis buku yang memberikan inspirasi, kata-kata bijak, tips atau tutorial bisa juga menjadikan hobi menulis buku non-fiksi yang sama-sama menghasilkan Cuan juga loh. nah, yuk mulai bikin draft tulisannya, dibuat jadwal menulis dan mulailah menulis sesuai jadwal hingga tulisannya rampung.

            Setelah melakukan self-editing, kirim tuisan ke penerbit, lalu tunggu hasilnya. Setelah terjadi kesepakatan dalam hal penerbitan, karya sobat Oz sudah siap menghasilkan Cuan, Nih. Keren kan ...


  

gambar menulis di aplikasi dan media online


3. Menulis Cerita di Aplikasi

                Hobi menulis ketiga yang menghasilkan Cuan, adalah hobi menulis cerita di aplikasi di handphone android tentunya. Sobat Oz yang gak mau ribet buka laptop atau PC untuk menulis di Blog atau nge-draft di PC menulis cerita di aplikasi handphone bisa jadi salah satu jalan ninja untuk menghasilkan Cuan, nih!

                Gak, percaya? Banyak loh, sobat Oz penulis yang awalnya menulis cerita atau bahkan novel di aplikasi dan ahirnya bisa terbit, lalu dijual dan menghasilkan Cuan. Ibuk Oz pun pernah menulis cerita di aplikasi KBM tahun 2020 yang akhirnya bisa diterbitkan menjadi sebuah Novelet yang berjudul "Dari Semesta untuk Hyera". Selain aplikasi tersebut ada juga aplikasi Storial.co, Novelme, dan lain-lain. Sobat Oz coba browsing di play store dan langsung mulai menulis deh.


4. Menulis di Media Cetak Online

                Hobi menulis yang terakhir adalah menulis di Media Cetak Online. Yaps, ini adalah kesempatan yang bisa sobat Oz gunakan untuk menulis di Media Cetak Online. Kalau dulu menulis di media cetak sangat sulit ya, kalau sekarang ada banyak media cetak online yang membutuhkan tulisan sobat Oz tuh.

                Sobat Oz juga bisa memilih jenis tulisan yang ingin dikirim, bisa menulis kolom jenaka, opini, essai dan lain-lain, yang sesuai dengan minat sobat Oz. 

  

Penutup

                Pada saat ini, dunia kepenulisan sudah sangat fleksibel dan paling banyak diminati. Dulu mungkin sobat Oz pernah mendapatkan pandangan bahwa pekerjaan menulis dianggap tak punya masa depan dan pekerjaan yang tidak serius. Akan tetapi saat ini, pekerjaan menulis memiliki tempat yang cukup berbeda dan sudah dijadikan sebuah pekerjaan yang dapat menopang kehidupan seseorang, bahkan beberapa orang. Asalkan tekun, tidak pantang menyerah, dan selalu belajar adalah hal yang tidak mungkin hanya dengan 4 hobi menulis dapat menghasilkan Cuan, mau? Ya mau dong, yuk ah... tunggu apa lagi, jadikan hobi menulis mu menjadi sebuah penghasilan untuk masa depan mu!

Berikut ini adalah kompilasi video yang ibuk Oz buat untuk melengkapi tulisan artikel kali ini. 

Happy Watching!


Mairoza HR
Eoseo Osibsio Selamat Datang di Blog Kapan Nulis, Oz? Dalam blog ini Sobat, Oz akan mendapatkan informasi tentang aneka Review, tips dan trik, tutorial dan beberapa pikiran receh saya lainnya. Saya adalah seorang Ibu Rumah tangga yang nyambi jadi Guru Bahasa Inggris, blogger dan soon to be a youtuber. Ingin Kerjasama? Silahkan kontak email saya ya...

Related Posts

Posting Komentar