header kapan nulis oz

7 Tips & Trik di Endorse Lewat IG dan Blog

2 komentar
Konten [Tampil]

            Siapa yang lagi cari tips dan trik supaya di endorse kayak selebgram? Pas banget ini, Ibuk Oz mau berbagi 7 Tips dan Trik di endorse lewat IG dan Blog. Penasaran gak? Yuk ah kita lanjut bacanya... 

Pengalaman Pertama Kali di Endorse

 
gambar bagaimana rasanya di endorse

            Sebelumnya Ibuk Oz mau cerita dulu nih, pengalaman pertama kali di endorse sama salah satu produk kecantikan yang sudah ternama, yaitu Scarlett Whitening by Felicya Angelista. Perasaan Ibuk Oz saat itu adalah bingung. Gimana gak bingung coba, tiba-tiba aku yang bukan siapa-siapa ini di Direct message oleh tim Marketing Communication Scarlett Whitening di Instagram dan diajak kerjasama. Pesan tersebut bahkan sudah lewat dua hari baru terbaca, setelah membaca pesan yang isinya ajakan untuk kerjasama melakukan promosi produk dengan melakukan review di Media Sosial (Blog), Ibuk Oz pun tak langsung membalas. Ibuk Oz malah sempat berpikiran negatif, jangan-jangan ini penipuan? Bersikap waspada itu gak ada salahnya kan ya Sobat Oz. Tidak hilang akal Ibuk Oz langsung mencari informasi ke teman-teman satu komunitas. Agak malu sih sebenarnya, tapi alhamdulillah beruntungnya mereka dengan senang hati berbagi informasi, setelah mendapatkan informasi yang cukup barulah Ibuk Oz berani membalas pesan tersebut.

            Inti dari kesepakatan kerjasama kami adalah pihak Scarlett Whitening berminat untuk mengajak kerjasama dengan me-review produk mereka melalui posting artikel di blog. Sebelum lanjut ke tahap berikutnya, mereka meminta rate card (bisa dibilang nominal harga satu artikel tersebut), untuk menentukan rate card salah satu dari teman satu komunitas memberikan wejangan yaitu berikan harga yang pantas untuk satu artikel serta loyalitas kita untuk klien. Jika pihak Scarlett Whitening setuju maka kerjasama bisa dilanjutkan melalui Whatsapp. Alhamdulillahnya kerjasama kami berlanjut.

            Setelah berdiskusi mengenai what to do and not to do, akhirnya kami mencapai kata sepakat maka tugas berikutnya adalah menunggu produknya datang, karena setelah produk datang kita harus memberitahu pihak Scarlett Whitening agar penentuan tanggal posting bisa dilakukan. Setelah ditunggu-tunggu ternyata bayarannya dulu yang sampai dibandingkan produknya 😁. Maka nikmat tuhanmu yang mana yang engkau dustakan? Alhamdulillahirobbil 'alamin ...

            Ketika produknya sampai, MasyaAllah... Ibuk Oz agak syok dengan jumlah produk yang diterima. Untuk informasi tambahan, Ibuk Oz mendapatkan 2 produk yaitu Body Care dan Face Care. Sesuai ketentuan, Ibuk Oz memakai produk tersebut selama hampir 2 minggu dan kemudian menulis artikel lalu pada H-3 sebelum tanggal yang ditentukan untuk posting artikel Ibuk Oz harus mengirim draft ke pihak Scarlett Whitening untuk direvisi. Jika sudah Oke barulah artikel tersebut di posting. Penasaran gak sama artikelnya? Tungguin ya tanggal 21 dan 25 November 2021.


 Alasan dibalik tulisan ini

  
Gambar memikirkan alasan

            Oh iya, sebelumnya Ibuk Oz gak bermaksud mau pamer atau sombong ya Sobat Oz. Meski baru pertama kali di Endorse Ibuk Oz harap bisa berbagi sedikit pengalaman dan pengetahuan bagaimana caranya di Endorse melalui sosial media dan blog. Siapa tahu ada dari Sobat Oz yang juga bisa mengikuti jejak Ibuk Oz, Aminnn ... 

            Selain itu alasan lain Ibuk Oz berbagi pengalaman di endorse ini karena Ibuk Oz yakin ada beberapa di antara kita yang merupakan pemula, pertama kali ini dan itu. Nah, momen pertama kali itu tentunya akan memunculkan perasaan bingung, mau tanya orang lain mungkin malu atau tidak percaya diri, jadi dengan adanya tulisan ini, mudah-mudahan bisa membantu Sobat Oz yang juga pertama kali di endorse ya.....

            Alasan terakhir, adalah motivasi dari rekan kerja dan teman-teman dekat. Jadi saat di sekolah ada pembicaraan mengenai skincare, lalu Ibuk Oz langsung bilang bahwa saat itu sedang menggunakan produk Scarlett Whitening Acne Series. Saat itu rekan kerja bertanya berapa harga sepaket, tapi Ibuk Oz malah  bingung mau jawab apa. Jadi Ibuk Oz menjawab apa adanya yaitu produk tersebut dikirim karena Ibuk Oz diajak kerja sama untuk me-review produk. Tiba-tiba rekan kerja Ibuk Oz bilang "Wah, enaknya di endorse. Gimana caranya?". Ibuk Oz kan bingung mau jelasinnya panjang kali lebar, belum selesai cerita eh bel tanda masuk sudah berbunyi. Terpaksalah kami bubar jalan dan masuk ke kelas untuk mengajar.

            Itu baru satu orang yang bertanya, bagaimana kalau topik skincare muncul lagi di teras rumah bersama kakak ipar atau pas ketemu adik yang bertanya, "Kakak sekarang wajahnya glowing ya, pakai produk apa? Loh, di endorse ya ternyata? Gimana caranya?" Nah, berdasarkan hal tersebut Ibuk Oz merencanankan tulisan ini, sehingga jika ada yang bertanya akan langsung Ibuk Oz kasih link tulisan ini biar mereka baca sendiri. Praktis kan? 

            Udah jelas ya, alasan dibalik tulisan ini. Yuk ah kita lanjut ke Tips & Triknya, Sobat Oz pasti sudah tidak sabar ingin mengetahui 7 Tips dan Trik di Endorse Lewat IG dan Blog. Here we go!!!!


7 Tips & Trik di Endorse Lewat IG dan Blog

  
gambar cara di endorse

1. The Power of Doa

            Ibuk Oz selalu percaya pada kekuatan doa, apalagi doa dari seorang ibu yang sangat mustajab. Jika Sobat Oz mau memberikan sedikit waktu untuk merenung sejenak, kehidupan luar biasa yang telah kita lalui dengan baik ini berkat doa yang kita panjatkan setiap hari. Maka, untuk setiap hal-hal yang kita inginkan dan perjuangkan yuk dimulai dari doa.

            Dulu Ibuk Oz sering melihat postingan para selebgram di Instagram yang sedang mempromosikan produk endorse. Ada rasa penasaran dalam hati setiap kali melihat postingan endorse tersebut, seperti "Apa rasanya ya mempromosikan produk endorse?". "Pengen deh di endorse, kapan ya bisa diendorse seperti itu?". Ibuk Oz yakin apa yang diperoleh saat ini tak terlepas dari apa yang sudah Ibuk Oz doakan pada saat itu. Jadi, doa aja dulu, mudah-mudahan menjadi kenyataan.

2. Pilih Platform Media Sosial seperti Instagram/Blog/Boleh Dua-duanya

            Saat ini untuk mempromosikan produk tidak lagi menggunakan koran, majalah atau televisi karena pedagang bisa mempromosikan produknya melalui media sosial, selain efisien cakupannya juga luas. Maka dari itu promosi banyak dilakukan pada platform Media Sosial seperti Instagram, Blog, Facebook, Twitter dll.

            Jadi jika ingin mendapatkan endorse maka Sobat Oz harus memilih mau mejeng di Sosmed mana, bebas ya. Kalau Ibuk Oz sih beberapa tahun belakangan ini sudah mulai fokus untuk mengurus instagram dan blog. 

3. Aktif di Media Sosial Instagram

            Ibuk Oz sudah memiliki akun Instagram sejak tahun 2016, namun baru 2 tahun belakangan ini Ibuk Oz mulai aktif, seperti mengikuti tantangan menulis, give away, lomba apa lagi sekarang sudah ada fitur reels sehingga pengguna Instagram bisa semakin kreatif dalam memberikan hiburan yang beragam. Selain itu Ibuk Oz juga cukup aktif dalam membagikan informasi mengenai produk-produk yang Ibuk Oz gunaka atau pakai, dan langkah terakhir yang harus Sobat Oz lakukan adalah  mengubah Instagram menjadi profesional yaitu bloger. Melalui status ini pengguna Instagram akan mengenal Ibuk Oz sebagai Bloger.

4. Aktif di Media Blog

            Sama halnya dengan Instagram, Ibuk Oz juga sudah mulai aktif bloging sejak 2 tahun yang lalu namun mulai serius mengurusi blog dan benar-benar belajar mengenai blog adalah pada tahun 2021. Dengan mengikuti sebuah tantangan membuat blog, membuat konten blog, menginstal template, mengedit template, bahkan membeli domain agar lebih profesional, selama kurang lebih 3 bulan Ibuk oz secara konsisten menulis di Blog.

5. Serius Belajar Menjadi Bloger

            Selain aktif menulis di blog, Ibuk Oz juga harus serius belajar mengenai SEO agar blog ini bisa di notice oleh Google. Untuk mendapatkan pengetahuan tersebut Ibuk Oz mengikuti beberapa komunitas yang secara khusus membahas hal tersebut seperti SEO MOM, The Cupuers Blogspedia, dan 21 Days Content Writing.

6. Buat Tulisan Review tentang Produk

            Untuk mendapatkan Endorse Sobat oz jangan menunggu ada Endorse dulu baru membuat review, Sobat Oz bisa mulai membuat tulisan review produk kecantikan yang biasa di gunakan dalam keseharian, atau produk rumah tangga, dll. Anggap saja sedang belajar me-review produk sebelum endorse-an datang menyapa. 

7. Share Link di Media Sosial

            Setelah melakukan keenam Tips dan Trik di atas hal yang terakhir yang juga sama pentingnya adalah Share Link. Setelah menulis review atau tulisan di blog, bagikan link tulisan di Media Sosial, seperti di Instagram, Twitter, Facebook, Status Whatsapp dan lain-lain. Hal ini baik dilakukan untuk mempromosikan diri sebagai bloger atau influencer. Lakukan dengan konsisten, mudah-mudahan banyak klien yang tertarik untuk bekerja sama dengan Sobat oz.

            Nah, itulah ke-7 Tips dan Trik di Endorse Lewat IG dan Blog ala Kapan Nulis Oz. Semua Tips dan Trik ini tidak bisa terwujud hanya dalam satu malam loh Sobat Oz, ada proses yang harus dilalui sebelum mendapatkan hasil. Teruslah menulis agar tulisan Sobat Oz semakin bermanfaat dan kebermanfaatannya dapat kembali ke Sobat Oz sendiri. Mudah-mudahan tulisan sederhana ini bisa bermanfaat bagi Sobat Oz ya... 

Mairoza HR
Eoseo Osibsio Selamat Datang di Blog Kapan Nulis, Oz? Dalam blog ini Sobat, Oz akan mendapatkan informasi tentang aneka Review, tips dan trik, tutorial dan beberapa pikiran receh saya lainnya. Saya adalah seorang Ibu Rumah tangga yang nyambi jadi Guru Bahasa Inggris, blogger dan soon to be a youtuber. Ingin Kerjasama? Silahkan kontak email saya ya...

Related Posts

2 komentar

  1. Keren mbaak. Biar brand-brand tertarik menjadikan kita partner endorse, kita harus aktif di medsos dulu ya.

    Aku kemarin nyoba nyari platform selain intelifluence buat nyari campaign. Terus aku nemu Heeply. Ternyata, beda sistemnya.

    Si Heeply ini punya database influencer yg disaring dengan AI-nya. Jadi influencer ga bisa daftar dan buat akun di sana. Kita bisa masuk ke list di sana kalau masuk kriteria mereka, misalnya follower instagram di atas 5k.

    Berarti emang fokusin diri buat bagusin medsos dan blog dulu ya. Nanti tawaran bakal dateng sendiri

    Makasih banyak buat tipsnya mbaak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, thanks for sharing mbak ilma... 😍😍😍

      Memang ya, membranding diri itu harus dimana saja ya mbak...

      Jadi penasaran sama Heeply... Tapi butuh usaha luar biasa untuk nambah folowers nih 🙈

      Hapus

Posting Komentar