header kapan nulis oz

Peluang Bisnis Jual Beli Sayur Online

Konten [Tampil]

            Melakukan jual beli secara online kini menjadi sebuah kebiasaan akibat dari pandemi yang kita rasakan sejak setahun yang lalu. Semua kegiatan yang biasa dilakukan secara langsung digantikan dengan perantara gadget. Mau beli barang elektronik, baju baru, furnitur, dekorasi rumah, alat rumah tangga, termasuk membeli sayur mayur, buah-buahan dan kebutuhan dapur melalui jual beli online. 

gambar peluang bisnis jual beli sayur online


Peluang Bisnis Jual Beli Sayur Online 

            Sebuah keterbatasan tidak berarti menghentikan diri dari berpikir kreatif, salah satunya adalah peluang yang dilihat oleh pengusaha muda dalam keterbatasan yang kita rasakan selama lebih dari setahun ini. Mereka membuka peluang untuk berjualan sayur, buah-buahan dan kebutuhan dapur lainnya secara online. Bahkan bisnis berjualan sayur online ini sudah dimulai jauh sebelum pandemi hadir di Indonesia, namun baru sekarang bisnis ini mulai berkembang dengan pesat.


Tiga platform Jual sayur Online

 
gambar 3 platform bisnis jual beli sayur online

1. Sayurbox

            Amanda Cole adalah seorang wanita berusia 29 tahun yang menginspirasi karena ia mendirikan Sayurbox dengan tujuan untuk membantu petani Indonesia keluar dari rantai distribusi yang kurang menguntungkan petani lokal. Ia ingin para konsumen untuk mendapatkan sayuran segar langsung dari petani lokal. Maka melalui Sayurbox yang telah ia rintis sejak tahun 2016 ia berhasil membantu banyak petani menjual hasil panennya secara online. Apakah Sobat Oz tertarik untuk membeli sayur serta buah-buahan segar secara online melalui Sayur Box? Bisa install aplikasinya di playstore ya, tinggal cari saja dengan kata kunci Sayurbox maka dalam hitungan detik Sobat Oz sudah bisa memesan sayuran, buah-buahan, daging segar dan lain-lain melalui aplikasi tersebut. Happy Shopping!


2. Kedai Sayur

            Salah satu platform jual beli sayur online yang kedua adalah Kedai Sayur yang didirikan oleh Ceo & Co-founder Adrian Hernanto pada tahun 2018. Uniknya bisnis yang ia bangun ini sasarannya adalah tukang sayur. Jadi para tukang sayur yang sudah bekerja sama dengan Kedai Sayur bisa lebih mudah mendapatkan sayuran segar dari petani. Selain itu Kedai Sayur juga memiliki program Mitra Sayur, atau yang disebut Komo Kedai on Mobile yang membantu tukang sayur untuk berjualan sayur dengan modal terbatas. Saat ini sudah 7000 mitra sayur yang bergabung dengan Kedai Sayur. Wah, Sobat Oz yang mau bergabung juga boleh ya. Mau jadi konsumen atau pun penjual bisa dengan mudah dilakukan. Untuk memesan sayuran Sobat Oz bisa mengunduh aplikasi KedaiMart di Playstore atau mengunjungi websitenya langsung.


3. Segari.id 

            Platform yang ketiga adalah Segari.id , bisnis ini berkomitmen untuk memberikan produk berkualitas langsung ke tangan konsumen. Segari (PT Sayur Untuk Semua) ini didirikan oleh tiga orang founder yaitu Yosua Setiawan (CEO), Farand Anugerah (COO) dan Farandy Ramadhana (CTO). Ketiga pemuda ini  merancang sebuah misi untuk memastikan produk yang dipesan dalam keadaan segar dan tidak lebih dari 15 jam sejak dipanen. Setiap barang yang dipesan hari ini akan dikirim keesokannya untuk menjaga kesegaran sayur. Apalagi baru-baru ini seorang selebritis dan juga penyanyi Maudy Ayunda berinvestasi pada perusahaan ini. Ia mengaku sudah menggunakan jasa Segari sehingga tertarik untuk berinvestasi pad mereka. Jika Sobat Oz penasaran dengan produk Segari bisa mengunduh aplikasinya di playstore atau mengunjungi websitenya. 


            Untuk berbelanja sayur Sobat Oz kini memiliki pilihan yang beragam, bisa berbelanja secara langsung atau menggunakan platform seperti yang saya sebutkan sebelumnya. Bahkan jika tertarik untuk membuka peluang bisnis jual beli sayur online di daerah Sobat Oz yang belum terjangkau ketiga platform di atas menjadi peuang bisnis yang baik. Yuk kita simak kelebihan dan kekurangan dari ketiga platform jual beli sayur online di atas.

a. Sayurbox sudah menjalankan bisnis ini dari tahun 2016, jadi Sayurbox sudah jauh lebih berpengalaman dibandingkan kedua platform lainnya yaitu Kedai Sayur dan Segari

b. Kedai Sayur memiliki sasaran tukang sayur yang membuat platform bisnis jual beli sayur online satu ini cukup unik dibandingkan kedua platform lainnya. Selain menjual sayur secara online Kedai Sayur juga membantu tukang sayur untuk bermitra meski dengan modal yang terbatas.

c. Segari meskipun baru mendirikan platform bisnis jual beli sayur online mereka memberikan pelayanan ongkos kirim gratis dan memastikan sayur yang diterima dalam keadaan segar.

            Jadi bisa disimpulkan dari ketiga platform jual beli sayur Online di atas, saya bisa melihat bahwa bisnis ini memiliki nilai sosial yang baik yaitu membantu petani lokal untuk mendapatkan keuntungan yang setimpal dengan cara pendistribusian secara langsung dari petani ke konsumen, sehingga produk yang diperoleh masih segar. Kini Petani dapat bernapas sedikit lebih lega dari biasanya dengan sistem distribusi yang tidak serumit biasanya, yaitu dari petani ke pengepul lalu ke penjual sayur baru ke tangan konsumen. 

            Apapun bentuk jual belinya, apakah secara langsung atau secara online yang harus Sobat Oz ingat bahwa harus bertransaksi secara baik, sebelum melakukan transaksi pastikan Sobat Oz sudah memahami cara memesan dan aturan dalam pemesanan. Jika ada kekeliruan dalam transaksi sebaiknya disampaikan secara baik pula dengan menghubungi customer service. Happy Shopping Sobat Oz!



Mairoza HR
Eoseo Osibsio Selamat Datang di Blog Kapan Nulis, Oz? Dalam blog ini Sobat, Oz akan mendapatkan informasi tentang aneka Review, tips dan trik, tutorial dan beberapa pikiran receh saya lainnya. Saya adalah seorang Ibu Rumah tangga yang nyambi jadi Guru Bahasa Inggris, blogger dan soon to be a youtuber. Ingin Kerjasama? Silahkan kontak email saya ya...

Related Posts

Posting Komentar