header kapan nulis oz

Tutorial Membuat Blog via Android Vs Web

Posting Komentar
Konten [Tampil]

          Kegiatan tulis menulis saat ini sangat jauh berkembang dibandingkan sebelumnya. Kita bisa menulis melalui platform apa saja, seperti blog, wordpress, tumblr, Instagram, FB dan sebagainya. Semua platform tersebut bisa diakses dengan mudah hanya dengan sebuah akun dan paket data.


          Platform tulis menulis yang menurut saya cukup mudah dipahami dan sederhana adalah blog, mungkin Sobat Oz sudah familiar dengan blog yang merupakan sebuah web yang bisa diisi tulisan dalam bentuk postingan dan bisa diakses oleh semua pengguna internet sesuai dengan tujuan dari blog tersebut.


      Nah,Sobat Oz tahu tidak bahwa cara mendaftar untuk membuat blog ini tidak hanya bisa dilakukan  melalui web tetapi juga bisa melalui android loh. Mau tahu caranya? Simak sampai akhir ya.


Tutorial Membuat Blog via Android Vs Web
 

  
Gambar Tutorial membuat blog via android vs web
Tutorial membuat blog


Membuat Blog via Android

          Hal yang pertama kali Sobat Oz lakukan adalah unduh aplikasi blogger di play store, lalu di install di handphone. Kemudian Sobat Oz juga harus menyiapkan akun gmail yang aktif. Aplikasi blogger sudah diunduh, akun gmail sudah siap. Nah, sekarang kita akan langsung saja membuat blog via android. Skuy!



          Setelah mengunduh aplikasi blogger dan menginstallnya sekarang Sobat Oz buka aplikasi tersebut, lalu login dengan akun gmail/google.



     Selanjutnya Sobat Oz pilih akun gmail, kemudian klik membuat blog. 



          Langkah berikutnya Sobat Oz akan melalui 3 langkah yang sangat mudah dan praktis. Pertama buat nama blog, lalu buat url blog dan yang terakhir nama tampilan kita di blog. 



          Tada!!!! Hanya dengan 3 langkah tersebut Sobat Oz sudah memiliki sebuah blog. Mudah, kan? Nah, sekarang jika Sobat Oz ingin membuat sebuah postingan cukup klik tanda pensil berwarna orens lalu ketik Judul pada kolom pertama, kolom kedua isi dan kolom ketiga label. 


         Setelah menulis Sobat Oz bisa mengklik tanda ceklis di pojok kanan atas, lalu Sobat Oz akan kembali ke tampilan kolom judul, isi dan label. Pada pojok kanan atas terdapat titik tiga jika di klik makan akan muncul pilihan simpan sebagai draft jika masih belum selesai, atau hapus dan tanda panah berwarna biru untuk publish. Oiya, jika Sobat Oz setelah menulis belum ingin mempublish tulisan tersebut jangan lupa untuk mengklik titik tiga dan memilih simpan sebagai draft agar tulisannya tersimpan. 


Membuat Blog via Browser Web

        Membuat blog via Browser Web caranya tidak terlalu berbeda dengan membuat blog via Android loh Sobat Oz, yang membedakan hanyalah medianya saja. Yuk langsung saja kita coba. 

 

 
Gambar tutorial membuat blog bagian satu
Tutorial bagian satu


         Jika pada Android atau handphone kita harus mengunduh aplikasi blogger, kali ini kita hanya perlu menuliskan alamat blogger pada browser pencarian yaitu www.blogger.com. Lalu klik create your blog (buat blogmu), dan pilih akun gmail/google. 


 
 
Gambar Turorial membuat blog web bagian 2
Tutorial bagian 2


          Selanjutnya hal yang sama yang sudah kita buat seperti di Android/Handphone 3 langkah mudah dan praktis yaitu membuat nama blog, url blog dan nama tampilan blog. 

  
 
Gambar Tutorial membuat blog bagian 3
Tutrial bagian 3


          Yeay, jadi deh blog nya. Mudah banget kan Sobat Oz? Nah untuk membuat postingan, klik saja New Post (postingan baru) maka akan muncul laman baru yang terdiri dari judul tulisan pada kolom title, kolom isi lalu di bagian laman sebelah kanan ada menu preview, published, label, publised on, permalink, location, Searching Description dan Option. 


        Nah, itulah tutorial membuat blog via Android Vs Web. Semoga bisa membantu ya Sobat Oz. Intinya sih, apapun platformnya atau media untuk menulis yang paling penting adalah bagaimana menjaga supaya rumahnya tetap nyaman dengan informasi yang bermanfaat. 


Membuat blog memang mudah Sobat Oz, tidak sampai 10 menit blog nya langsung jadi, yang sulit adalah menjaga konsistensi menulis dan mengisi blog kita dengan tulisan yang bermanfaat. Semangats. Tungguin tulisan saya tentang blogging dengan tutorial lainnya ya Sobat Oz! 

Mairoza HR
Eoseo Osibsio Selamat Datang di Blog Kapan Nulis, Oz? Dalam blog ini Sobat, Oz akan mendapatkan informasi tentang aneka Review, tips dan trik, tutorial dan beberapa pikiran receh saya lainnya. Saya adalah seorang Ibu Rumah tangga yang nyambi jadi Guru Bahasa Inggris, blogger dan soon to be a youtuber. Ingin Kerjasama? Silahkan kontak email saya ya...

Related Posts

Posting Komentar