header kapan nulis oz

Tongkrongan Cupuers Blog Paling Keren

4 komentar
Konten [Tampil]

            Saya belum pernah seserius ini dalam mengurus blog, sejak bergabung dengan Tongkrongan Cupuers Blog Paling Keren, Blogspedia Coaching Batch 2. Dulu saat pertama kali saya mengenal blog dan sudah blogging selama bertahun-tahun, saya merasa sudah jago banget blogging. Saya hanya punya modal bisa bikin blog, bikin postingan dan masukin gambar, link, dan video secara otodidak saja merasa sudah tahu segalanya tentang blog. Keyakinan saya itu secara perlahan-lahan memudar dan merasa sangat cupu sekali setelah bergabung dengan Blogspedia Coaching Batch 2.

            Di sini kami ditempa dan diberi materi dasar tentang blog secara gratis, di dampingi seorang blogger yang sudah malang melintang di dunia per-blogger-an yaitu Mbak Marita Ningtyas . Mau tahu keseruan Tongkrongan Cupuers Blog Paling Keren, bersama Blogspedia Coaching Batch 2 yang didampingi Mbak Marita? Baca selengkapnya ya...


Blogspedia Coaching Batch 2

 

gambar blogspedia coaching batch 2
Sumber : www.doktertaura.com

1. Tentang Blogspedia

 
Sumber : www.blogspedia.my.id

            Blogspedia adalah sebuah blog yang berisi tentang kumpulan tutorial mengenai dunia per-blog-an. Sobat Oz akan menemukan banyak sekali artikel tentang blog, dari mulai menentukan platform menulis, membuat blog, membuat postingan, menentukan Niche, mendesain template dan sebagainya. Blogspedia dibuat pada akhir tahun 2018 dengan nama Yuk, Ngeblog! sesuai dengan tujuannya  mengajak orang-orang yang belum mengenal blog untuk mulai nge-blog, dan yang sudah memulai blog tambah semangat nge-blog. 

            Namun nama blog Yuk, Ngeblog diganti menjadi Blogspedia karena dianggap lebih mewakili makna dan tujuan blog. Blogspedia merupakan gabungan dari kata blog dan ensiklopedia. Seperti ensiklopedia yang berisi pengetahuan yang luas, apapun yang kita cari ada di sana. Begitu pula Blogspedia, pemilik blog, momblogger cupu berharap blog yang ia bangun dari hobby dan kecintaannya utak-atik blog bisa menjadi wawasan bagi para pengguna blog yang ingin mengenal blog lebih dalam. 


2. Tentang Blogspedia Coaching

            Blogspedia Coaching Batch 1 pertama kali diadakan pada tanggal 10 Oktober 2020 dengan peserta 50 blogger. Antusiasme para blogger sangat baik dalam menyambut program ini. Berdasarkan pengakuan coach Marita ia harus menutup pendaftaran 2 hari sebelum masa pendaftaran karena membludaknya peserta yang mendaftar. 

            Blogspedia coaching 2 berawal dari #13DayBlogspediaChallenge, yaitu menulis di blog selama 13 hari dengan tema berbeda setiap harinya. kegiatan ini diadakan untuk merayakan anniversary 13 tahun pernikahan Coach Marita dan Pak Suami. Anehnya saya pernah melihat postingan #13DayBlogspediaChallenge tapi tidak tergerak untuk mengikutinya, tapi untungnya saya tidak kelewatan mengikuti pendaftaran Blogspedia Coaching Batch 2. Dari #13DayBlogspediaChallenge terjaring 22 peserta yang mendapatkan voucher untuk ikut Blogspedia Coaching Batch 2. Beruntung ya saya bisa terjaring Blogspedia Coaching Batch 2 melalui pendaftaran umum. 


3. Keseruan bergabung dengan tongkrongan cupuers blog paling keren

            Selama tiga bulan saya dan kawan-kawan lainnya ditempa dengan materi dan tugas yang luar biasa dahsyatnya serta berjibaku mengatur waktu ditengah-tengah kesibukan lainnya. Pengalaman ini rasanya tidak akan pernah saya lupakan seumur hidup saya dan akan saya bagikan kepada Sobat Oz semoga bisa ikutan tahun depan ya Batch 3, Aminn ... 

            Setelah pengumuman kelulusan peserta Blogspedia Coaching Batch 2 pada tanggal 24 mei 2021 kami dikumpulkan dalam sebuah grup Whatsap, nah di sinilah kami akan mendapatkan materi dari Coach Marita sedangkan pengumpulan tugas melalui Google Classroom. Sebelum pertarungan yang sesungguhnya kami diberikan materi dan sebuah tugas dengan panjang tulisan minimal 800 kata. MasyaAllah, baru masuk grup langsung panas dingin karena diberikan tugas menulis artikel dan harus sebanyak 800 kata. Bagi saya 800 kata adalah tantangan yang berat loh Sobat Oz karena kelemahan saya adalah menulis artikel 300 kata saja bisa berhari-hari. Akhirnya meskipun terlambat dari deadline yang ditentukan saya berhasil melewati tantangan pertama.

            Ini adalah materi dan tugas yang kami terima selama 3 bulan boleh diintip-intip loh Sobat Oz:

  1. Kemampuan Dasar & Adab Blogger - 7 Juni 2021, tugas: Essay.
  2. Kenalan dengan Beragam Niche Blog & Istilah-istilah Blogging - 10 Juni 2021, tugas: Essay.
  3. Membuat Blog di Blogspot - 14 Juni 2021, tugas: Bikin Blog.
  4. Kenalan dengan Dashboard Blogspot & Segala Fiturnya - 17 Juni 2021, tugas: Essay.
  5. Memahami Fitur Postingan di Blogspot, Tujuan: Punya kemampuan dasar untuk posting artikel (bisa masukin gambar, masukin link, label, dsb) - 21 Juni 2021, tugas: Menulis Artikel & Blogwalking.
  6. Membuat & Memunculkan Page About Me di Blogspot - 24 Juni 2021, tugas: bikin page about me.
  7. Membuat & Memunculkan Page Sitemap di Blogspot - 28 Juni 2021, tugas: bikin page sitemap & menulis artikel.
  8. Membeli dan Memasang Custom Domain di Blognya - 1 Juli 2021, Tugas: TLD-kan Blognya masing-masing, Bikin artikel & Blogwalking.
  9. Mengenal Basic SEO - 5 Juli 2021, Tugas: TLD-kan Blognya masing-masing, Bikin artikel & Blogwalking.
  10. Belajar Teknis Menulis Artikel SEO Sederhana - 8 Juli 2021, tugas: Bikin Artikel & Blogwalking.
  11. Story Telling & Basic Copy Writing - 12 Juli 2021, tugas: Bikin Artikel & Blogwalking.
  12. Menulis Artikel Ulasan Produk - 15 Juli 2021, tugas: Menulis Artikel & Blogwalking.
  13. Menulis Artikel Perjalanan/ Review Tempat Wisata - 19 Juli 2021, tugas: Bikin Artikel & Blogwalking.
  14. Menulis Artikel How To/ Tips - 22 Juli 2021, tugas: Menulis Artikel & Blogwalking.
  15. Menulis Artikel Kuliner - 26 Juli 2021, tugas: Menulis Artikel & Blogwalking.
  16. Menulis Artikel Ulasan Event - 29 Juli 2021, tugas: Bikin Artikel & Blogwalking.
  17. Permak Tampilan Blog Sederhana - 2 Agustus 2021, tugas: menata template pakai bawaan blogspot, tapi tetap cantik dan enak dilihat.
  18. Bikin Infografis dan Header Sederhana Pakai Canva - 5 Agustus 2021, tugas: bikin header blog, bikin artikel dengan infografis bikinan sendiri.
  19. Permak Tampilan Blog Lanjutan, Goal: Bisa Ganti Template pakai Template Gratisan - 9 Agustus 2021, Tugas: Ganti template Pakai Fiksioner.
  20. Personal Branding for Blogger - 16 Agustus 2021, Tugas: Edit Bio Medsos, Bikin Artikel Manfaat Branding untuk Blogger & Blogwalking.
  21. Peluang Job untuk Blogger & Membuat Content Plan - 19 Agustus 2021, Tugas: Essay.
  22. Tugas Akhir - 23 Agustus 2021, Essay dan ODOP selama 7 Hari.
  23. Selebrasi - 30 Agustus 2021, Jumpa di Google Meet. Jika berhasil hingga ke titik ini, akan dapat 2 Materi Bonus.*Jadwal di atas hanya rancangan awal, bisa berubah sewaktu-waktu

            Materi ini kami dapatkan dua kali dalam seminggu setiap hari Senin dan Kamis pukul 20.00 wib s/d Selesai. Setelah pemberian materi biasanya Coach Marita langsung memberikan tugas beserta instruksi dan tenggat waktunya melalui Google Classroom.


            Dari sekian materi yang diberikan, yang paling saya tunggu adalah materi tentang membeli dan memasang Top Domain Level, percaya tidak Sobat Oz setelah membeli dan memasang TLD saya merasa seperti blogger sungguhan loh. Wah, rasanya benar-benar luar biasa. Semangat menulis mulai tumbuh. Selanjutnya, materi yang sangat saya nantikan lainnya adalah menginstall template Fiksioner dan mengoprek template tersebut. Kesan saya setelah ngoprek template fiksioner saya merasa sangat bersemangat dan merasa blog saya sangat fresh. Meskipun selama ngoprek tidak sekali dua kali saya gagal dan harus mengulang dari awal, tetapi saya puas dengan hasil dan kerja keras saya. 


            Terakhir yang tak kalah membuat deg-degan adalah tugas akhir, yaitu kami akan menulis satu hari satu postingan selama 6 hari. Biasanya kami hanya menulis dan posting sebanyak 2 kali dalam satu minggu untuk tugas akhir harus setiap hari. Tantangan yang sangat luar biasa, ini adalah saatnya saya dan teman-teman untuk menerapkan content plan yang sudah dibuat selama satu minggu untuk melatih konsistensi dalam menulis. Namun, Alhamdulillah ini adalah tulisan terakhir pada tugas akhir. Saya sih berharap bisa terus konsisten menulis dan posting setiap hari, Aminnn ....


Coach Marita Ningtyas

 
Sumber : Ig: @maritaningtyas

            Ibu dari satu putra dan putri ini lahir di Semarang, 16 maret 1985. Pemilik tiga blog Blogspedia, Rumah Kita dan Marita's Palace ini sudah melang melintang di dunia kepenulisan dan blog. Ia juga aktif dalam komunitas Ibu-ibu Doyan Nulis Semarang dan Komunitas Blogger Gandjel Rel. MasyaAllah, saya sebagai seorang istri yang baru mengurus satu suami dan mengajar saja sudah kelimpungan mengatur waktu, sedangkan Mbak Marita ini dengan ketiga blog serta harus mengurus keluarganya masih juga aktif di komunitas dan membuka kelas Blogspedia. Saya dengar juga ia sedang mengikuti kelas menulis lainnya, kira-kira beliau ini punya baterai cadangan mungkin ya.


Mbak Marita Versi Saya

a. Menebar Manfaat


            Menurut saya Mbak Marita adalah sosok yang sangat menginspirasi. Di tengah kesibukannya ia dengan senang hati membuka kelas Blogspedia untuk berbagi pengetahuan yang ia miliki. Jika Sobat Oz mengunjungi Blogspedia, Sobat akan menemukan alasan ia membuat blog dengan niche blogging, yaitu ia ingin berbagi hal-hal yang ia sukai. Ia ingin membagikan apa yang ia ketahui melalui tulisannya. Ia berharap melalui tulisannya tentang blog ia bisa menjangkau lebih banyak orang untuk belajar bersama-sama tentang blog. Ia pernah menuliskan bahwa "Salah satu mentor hidupku berkata bahwasanya dalam hidup harus mau TAKE & GIVE. Kalau dapat sesuatu, maka harus mau juga berbagi sesuatu". Kalimat itu benar-benar menyentuh saya untuk selalu berbagi walaupun secuil pengetahuan. 


b. Sabar

            Mengutak-atik blog membutuhkan kesabaran yang tinggi, apalagi kalau utak-atiknya gagal atau error maka harus memulai dari awal. Sama halnya dengan memberikan kelas tentang blog. Peserta yang mengikuti kelas terdiri adri berbagai latar belakang yang berbeda, tingkat pemahaman terhadap materi serta utak-atik blog pun berbeda-beda. Akan tetapi beliau mampu memberikan arahan dengan sabar. Semua pertanyaan ia jawab dengan jelas dan tegas. 

c. Teliti

            Untuk bisa mengutak-atik blog, dibutuhkan ketelitian jika tidak teliti bisa-bisa kacau berantakan. Mbak Marita adalah seseorang yang sangat teliti menurut saya, ia mampu membuat tutorial tentang blog dengan teliti dan bahasanya sederhana sehingga siapa saja bisa mengikuti langkah-langkah secara mandiri. 


            Terima kasih Mbak Marita sudah menginspirasi saya untuk terus menebar manfaat dari apa yang saya suka dan meski sekecil apapun itu. Terima kasih atas ilmu yang telah diberikan, saya berharap bisa terus belajar untuk lebih konsisten menulis dan membangun blog saya menjadi lebih baik lagi. 


            Nah, sekarang Sobat Oz sudah tahu kan Tongkrongan Cupuers Blog Paling Keren? Yaps, benar itu adalah Blogspedia Coaching Batch 2. Kelas ini sudah mengubah saya dan Kapan Nulis, Oz Blog menjadi lebih baik, berguna dan bermanfaat lagi. Tentunya saya akan sangat merindukan suasana kelas, materi setiap 2 kali seminggu, tugas-tugas yang menantang sekaligus seru, dan deg-degannya kalau posting mendekati injury time. Jadi pengen nangis, hiks 😭. Semoga Kelas Blogspedia Coaching ini bisa terus ada sampai batch berikutnya, agar lebih banyak lagi yang merasakan manfaat belajar bersama Coach marita. It's not an ending but a beginning. Ini bukan akhir tapi sebuah permulaan. Semangats!!!


Mairoza HR
Eoseo Osibsio Selamat Datang di Blog Kapan Nulis, Oz? Dalam blog ini Sobat, Oz akan mendapatkan informasi tentang aneka Review, tips dan trik, tutorial dan beberapa pikiran receh saya lainnya. Saya adalah seorang Ibu Rumah tangga yang nyambi jadi Guru Bahasa Inggris, blogger dan soon to be a youtuber. Ingin Kerjasama? Silahkan kontak email saya ya...

Related Posts

4 komentar

  1. Iya bener, berasa keren dan udah sah jadi blogger ya mb kalau sudah TLD tuh. hihi
    semangat terus mb bloggingnya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya kan mbakkk... Yaps... Semangats 💪💪💪

      Hapus
  2. Aaamiiin, semoga masih diberi kesempatan untuk buka batch2 berikutnya yaa :)

    BalasHapus
  3. Saat bisa pasang sendiri domain, bener bener seneng ...
    Sukses terus

    BalasHapus

Posting Komentar