header kapan nulis oz

4 Tips & Trik Memasak Praktis

4 komentar
Konten [Tampil]

          Salah satu pekerjaan rumah tangga yang membutuhkan perhatian dan waktu khusus adalah memasak. Baik Ibu Rumah Tangga, maupun plus berkarir ngantor di luar atau ngantor di rumah. Memasak adalah kegiatan wajib yang gak boleh kas bon dulu karena akan mengakibatkan perang Dunia ke IV. Hehehe canda. 

          Nah, siapa nih yang suka mager kalau urusan masak? Gak ada? Wah, berarti saya aja nih yang suka mager dan butuh Tips dan Trik Memasak Praktis, hehehe... 


 4 Tips & Trik Memasak Praktis


gambar 4 tips dan trik memasak praktis
4 Tips dan Trik Memasak Praktis

          Memasak bukanlah sebuah pekerjaan yang sepele, butuh persiapan yang cukup baik agar memasak bisa dijadikan sebuah kegiatan yang menyenangkan. Jujur, saya nih suka mager kalau berurusan sama pekerjaan dapur yang satu ini. Selain membutuhkan persiapan juga membutuhkan waktu yang tidak sebentar, sedangkan pekerjaan lainnya seperti tak ada habis-habisnya, ditambah lagi dengan pekerjaan kantor yang membuat tanpa pikir panjang untuk memesan makanan atau lauk dari rumah makan padang. Tuh, lebih praktis lagi kan?


          Tunggu, kalau beli terus pengeluaran jadi membengkak dong, belum bayar ini dan itu. Baiklah, siap tahu ada Sobat Oz yang membutuhkan 4 Tips dan trik memasak praktis ini, akan saya bagikan berdasarkan pengalaman pribadi saya nih. Semoga membantu. 


1. Atur Menu

 
gambar atur menu
Atur Menu

          Agar memasak praktis tips yang pertama adalah mengatur menu. Lebih simplenya sih Sobat Oz bisa mengatur Menu dalam seminggu. Apa-apa saja yang dibutuhkan untuk memasak dalam seminggu. Mengatur menu ini berfungsi untuk mempermudah persiapan memasak praktis. Bayangkan, jika Sobat Oz tidak mengatur menu terlebih dahulu sebelum memasak, maka akan membutuhkan waktu dalam memikirkan mau memasak apa hari itu. Keesokan harinya seperti itu terus sampai negara Api menyerang. 


          Jika sobat Oz sudah mengatur menu, saat berbelanja pun lebih mudah, misalnya memasak sup udang, sambal balado telur, gulai ayam, sambal macang, dsb. Sudah tidak bingung lagi dengan pertanyaan "hari ini masak apa ya?" lagi deh. 


2. Tentukan Waktu Terbaik untuk Memasak

 
gambar Tentukan Waktu Memasak
Tentukan Waktu Memasak

          Ah, masa mau memasak saja harus menentukan waktu memasak? Suka-suka aja lah mau masak kapan. Eits, kita memasak bukan hanya untuk diri sendiri loh Sobat Oz, ada anak dan suami yang juga butuh asupan nutrisi yang baik dan teratur. Kita pun harus menjaga kesehatan dengan baik. Ibu adalah tonggak utama kesehatan dalam rumah tangga. Jadi dari sekarang Sobat Oz pikirkan, kapan waktu terbaik untuk memasak. 


          Sobat Oz bisa memulai memasak sehabis subuh, nah sedang fresh-freshnya tuh. Kalau saya lebih suka memasak siang sepulang sekolah atau sore setelah ashar. Mengapa tidak memilih pagi, mungkin nanti setelah ada baby ya... Untuk sekarang saya lebih suka pagi sarapan di sekolah, dan masak sepulang sekolah. Kalau Sobat Oz, kapan waktu terbaik untuk memasak? 


3. Persiapan Bahan Memasak

 
gambar Persiapan Bahan Memasak
Persiapan Bahan Memasak

          Tips jitu agar memasak praktis berikutnya adalah persiapan bahan memasak. Loh, kan bisa sambil memasak menyiapkannya, rasanya terlalu merepotkan jika harus meluangkan waktu untuk mempersiapkan bahan memasak terlebih dahulu. 


          Eits, jangan salah Sobat Oz. Dengan mempersiapkan bahan memasak kegiatan memasak akan semakin cepat dan praktis. Tidak perlu menghabiskan waktu berjam-jam dimulai dari menyiapkan bahan dan memasak. Sobat Oz juga tidak perlu meluangkan waktu untuk menyiapkan bahan. 


          Ketika sudah selesai memasak Sobat Oz bisa langsung menyiapkan bahan untuk memasak di haru berikutnya. Untuk bumbu-bumbu bisa disiapkan dari jauh-jauh hari atau disimpan dalam toples dan masukkan ke dalam kulkas. Sayur-sayuran atau bahan lainnya bisa dipotong-potong atau diiris-iris lalu dicuci dan disimpan juga di dalam wadah. Keesokan hari saat memasak akan lebih praktis kan? Sudah terbayang dong besok memasak hanya membutuhkan beberapa menit saja memasaknya nih! 


4. Memasaklah dengan Cinta

 
gambar Cook with Love
Cook with Love

          Tips yang terakhir yang paling penting. Memasaklah dengan cinta, maka apapun yang dibuat dengan perasaan ini yang memakan pun akan merasa bahagia. Melakukan apapun jika disertai dengan cinta rasanya takkan terasa melelahkan ya Sobat Oz? Membayangkan orang-orang tercinta makan dengan lahap makanan yang kita buat tentunya menjadi penyemangat tersendiri bagi kita. 


          Mengatur menu yang akan dimasak dalam jangka waktu tertentu, lalu menentukan waktu memasak, kemudian mempersiapkan bahan memasak ditambah resep terakhir yaitu memasak dengan cinta. Saya yakin dengan keempat tips ini Sobat Oz akan memasak dengan waktu yang cepat dan praktis. 


          Nah, itulah 4 Tips & Trik Memasak Praktis dari saya, semoga tulisan ini bisa membantu teman-teman yang suka mager masak ya. Sampai bertemu lagi pada tips & trik lainnya ya Sobat Oz. 

Mairoza HR
Eoseo Osibsio Selamat Datang di Blog Kapan Nulis, Oz? Dalam blog ini Sobat, Oz akan mendapatkan informasi tentang aneka Review, tips dan trik, tutorial dan beberapa pikiran receh saya lainnya. Saya adalah seorang Ibu Rumah tangga yang nyambi jadi Guru Bahasa Inggris, blogger dan soon to be a youtuber. Ingin Kerjasama? Silahkan kontak email saya ya...

Related Posts

4 komentar

Posting Komentar