header kapan nulis oz

Yuk Kenalan dengan Google Search Console!

15 komentar
Konten [Tampil]

            Setelah mengenal lebih dekat Google Analytics, kini Sobat Oz wajib kenalan dengan partner-nya yaitu Google Search Console. Wait, apa lagi ini? Tenang, jangan panik Sobat Oz. Kita belajar sama-sama dan kenalan dengan GSC yang akan membantu blog kita lebih dekat lagi dengan Google.

 
yuk kenalan dengan Google Search Console
Kenalan dengan Google Search Console

Apa sih Google Search Console?

            Menurut Pusat Bantuan GoogleGoogle Search Console adalah layanan gratis yang ditawarkan oleh Google untuk membantu pemilik bisnis, pakar SEO, Administrator Situs, Developer Web bahkan kita calon blogger profesional untuk memantau, mempertahankan, dan memecahkan masalah kehadiran situs di hasil Google Penelusuran. Google Search Console dapat membantu untuk memahami dan meningkatkan cara Google melihat situs kita.

            Intinya sebagai sebuah rumah yang layak huni, kita menginginkan rumah yang indah dipandang, rapi, bersih dan tamu yang datang ke rumah kita akan merasa nyaman untuk berkunjung, lagi-dan lagi. Nah, Google Search Console ini akan memberikan kita insight tentang apa saja yang disukai pengunjung ketika bertamu kerumah kita sehingga sebagai pemilik rumah kita bisa memberikan apa yang dibutuhkan pengunjung.

            Sebagai pemilik rumah tentunya kita akan merasa sangat puas jika pengunjung merasa nyaman dan berharap mereka kembali lagi untuk mengunjungi rumah kita bukan? Sederhananya kalau menurut coach Marita Google Search Console  ini memberitahu bagaimana kualitas blog kita di mata google. Nah, yuk kenalan dengan Google Search Console supaya blog yang kita bangun saat ini bisa memenuhi keinginan pengunjung. Siap?


Fungsi Google Search Console

 
fungsi goole search console pada blog
Fungsi Google Search Console

            Menurut coach Marita ada 4 fungsi Google Search Console yaitu dapat melihat kinerja blog kita dari sisi Seo, melihat cakupan halaman yang ter-index di Google, melihat hal-hal yang perlu disempurnakan dari sebuah website, dan inspeksi URL. 

            Dengan memasang Google Search Console pada blog, kita dapat memperbaiki blog agar lebih Seo-friendly, selain itu melalui fitur inspeksi URL kita dapat mengantrekan link tulisan kita agar ter-index di Google, meskipun tanpa diinspeksi pun tulisan kita akan tetap ter-index namun tak tahu dalam jangka waktu berapa lama. Lalu pada menu cakupan kita dapat mengetahui kesalahan dalam blog dan diberitahu cara memperbaiki blog agar sesuai dengan Seo. Deuh, keren banget kan? Gimana sudah penasaran bagaimana cara memasangnya? Eits, tunggu dulu. Kita tengok kelebihan-kelebihan dari Google Search Console ini dulu yuk!

   

Kelebihan Google Serach Console


 
Kelebihan Google Search Console pada blog
Kelebihan Google Search Console


Menambah Semangat Ngonten

            Apa sih yang paling bikin blogger cupu seperti kita ini bahagia dan tambah semangat nulis/ngonten? Ya, tentu dong jika tulisan kita dibaca oleh banyak orang kan? Nah, salah satu kelebihan GSC ini adalah kita bisa mengetahui halaman atau tulisan mana saja yang ada di blog yang paling sering diklik atau dibaca oleh pengunjung, lalu berapa banyak artikel blog yang tayang di Google?


Mendapatkan Informasi Kata Kunci yang dicari Pengunjung

            Kadang sebagai blogger kita suka bingung dong, mau nulis apa atau gak punya ide untuk menulis. Nah, keunggulan GSC satu ini dijamin bikin kita punya banyak stok ide tulisan. Kenapa? Karena kita bisa mendapatkan informasi melalui GSC kata kunci apa yang paling sering dicari oleh pengunjung blog kita. Jadi auto pengen nulis deh kalau kek gini, ya kan?



Merancang Artikel sesuai dengan Kata Kunci yang banyak dicari

            Setelah mendapatkan informasi kata kunci yang paling dicari pengunjung blog kita, salah satu manfaat memasang GSC ini adalah kita bisa merancang ide artikel atau tulisan untuk beberapa hari kedepan atau dalam jangka pendek maupun jangka panjang. Jadi gak kehabisan ide lagi kan kalau mau nulis? Ditambah lagi kata kunci tulisan adalah kata kunci yang paling sering dicari, otomatis rame deh traffic blognya. Wah, jadi tambah gak sabar mau masang GSC kan? Yaps, sabar ya Sobat Oz, kita kenalan sama fitur-fitur GSC dulu ya, Supaya setelah dipasang GSC Sobat Oz tidak bingung menggunakannya.


Fitur-fitur Utama Google Search Console yang Perlu dikenali


 
fitur utama google search console yang perlu dikenali
Fitur Utama GSC

1. Overview/Ringkasan

            Pada fitur ini Sobat Oz bisa melihat keseluruhan laporan secara ringkas, untuk mendapatkan info lebih detil bisa dengan melihat fitur lainnya. Pada bagian ini juga ada menu baru yaitu Search Console Insight jika diklik akan mengarahkan pada halaman baru.


2. Performance/Kinerja

            Pada fitur ini terdiri dari dua bagian, bagian pertama kita dapat melihat;
  • Total Klik yaitu berapa banyak pengunjung mengklik blog kita
  • Total Tayang yaitu berapa banyak pengunjung yang mengklik blog kita dari hasil penelusuran Google
  • CTR Rata-rata yaitu berapa persen blog kita di klik
  • Posisi Rata-rata yaitu berapa persen rangking blog kita terkait kata kunci artikel yang di klik pengunjung

            Pada bagian kedua kita dapat melihat kata kunci yang paling sering dicari oleh pengunjung. Selanjutnya kita juga bisa tahu dari mana asal negara pengunjung tersebut, melalui perangkat apa ia mengaksesnya dan tanggal berapa. Detil sekali ya Sobat Oz? Kemudian pada bagian ini kita juga bisa menyetel grafik pada waktu tertentu seperti dari 7 hari terakhir, 28 hari terakhir dst., juga bisa membandingkan laporan tersebut dari 7 hari terakhir, 28 hari terakhir dst.


3. Inspeksi URL

            Selain banyak pengunjung yang mengunjungi dan membaca tulisan kita apa lagi sih yang bikin cupuers ini senang dan tambah semangat? Yaps kalau tulisan kita nangkring di halaman pertama Google dongs. Mimpi aja dulu ya, mudah-mudahan terwujud. Nah salah satu fitur ini bisa memujudkannya tapi butuh proses ya Sobat Oz, gak bisa seperti sulap langsung terjadi. Selain butuh proses juga butuh kesabaran dan ketekunan dan diiringi dengan doa juga.


            Sobat Oz bisa menyalin url tulisan pada fitur ini lalu pilih meminta indexing dan akan segera mengantri untuk di-index Google, jika link urlnya sudah berwarna hijau berarti sudah di-index oleh Google. Tujuan dilakukan inspeksi url ini untuk mempercepat proses indexingJadi adakah waktu tertentu untuk melakukan indexing? Tidak ada sih, tapi saran coach Marita sebaiknya setiap selesai menulis sebuah artikel kita lakukan proses inspeksi url.


Tips memasang Google Search Console


 
Tips Memasang Google Search Console pada Blog
Tips memasang GSC


Baca Tutorial sebelum memasang Google Search Console


            Sebelum memasang GSC ada baiknya Sobat Oz membaca tutorial terlebih dahulu, karena jika salah dalam menerapkan langka-langkah pemasangan akan membuat kita kerepotan sendiri. Terutama pada saat memilih property yang tepat untuk membuat akun di Google Search Console. Tapi, Sobat Oz jangan khawatir coach Marita telah menyiapkan tutorial cara memasang dan menggunakan Google Search Console. Jadi Sobat oz baca dengan teliti dalam melakukan langkah-langkahnya ya.

Kaitkan Google Analytics dengan Google Search Console untuk hasil yang maksimal

            Google Analytics berfungsi untuk menampilkan statistik pengunjung blog, sedangkan Google Search Console berfungsi untuk memperbaiki kualitas blog kita pada Google, jika kedua alat ini bergabung menjadi satu dan dimanfaatkna dengan baik, bukan hal yang tidak mungkin jika blog kita bisa nangkring di halaman pertama Google dong ya... Aminnn ... #NgarebbangetyaAllah ....


            Jika kedua alat ini saling terkait maka Sobat Oz akan semakin mudah dalam mengatur dan mengelola blog menjadi lebih baik bukan.


            Nah, bagaimana Sobat Oz? Sekarang sudah kenal kan dengan Google Search Console? Apa saja fungsi, kelebihan, fitur-fitur utama dan tips memasangnya? Yuk langsung dipasang agar blog Sobat Oz makin kece dan dikenal Google. Jangan lupa bagikan pengalamannya setelah memasang GSC ya?

Mairoza HR
Eoseo Osibsio Selamat Datang di Blog Kapan Nulis, Oz? Dalam blog ini Sobat, Oz akan mendapatkan informasi tentang aneka Review, tips dan trik, tutorial dan beberapa pikiran receh saya lainnya. Saya adalah seorang Ibu Rumah tangga yang nyambi jadi Guru Bahasa Inggris, blogger dan soon to be a youtuber. Ingin Kerjasama? Silahkan kontak email saya ya...

Related Posts

15 komentar

  1. Mbaaaa mantul cepet amat hahaha
    Kereeeen keeereeeen

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih Mbak 🙈 lagi niat banget nugasnya kali ini 😁

      Hapus
  2. Guarceuuppp Mom,, bisa sebagai inspirasi bikin tugas nih, hihi.. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah mbakkk... MasyaAllah 😍😍😍

      Hapus
  3. Gils, Gercep amat, Mbaaak. Kerennn laah

    BalasHapus
  4. Alhamdulillah sudah terpasang mba, walau banak dramanya juga. Tapi kubahagia bisa lulus pasang GSC hihi.

    BalasHapus
  5. Bersyukur ya ikut kelas Blogspedia jdi tau ternyata selama ini salah setting GSC >.<

    BalasHapus
  6. Bunda Oz benar-benar berniat 2021 ya... Udah gercep, artikelnya keren, ilustrasinya bagus lagi... Dua jempol deh buat bunda Oz...

    BalasHapus
  7. Sekarang, aku jadi tahu mbak salahku dimana. Belajar di Blogspedia memang tidak pernah rugi. Bersyukur ya mbak

    BalasHapus
  8. Hampir impian semua orang, kalau tulisannya bisa terindek oleh google ... Dan ada di hal pertama ,,, amin

    BalasHapus
  9. Waw, mantan mb oz!
    Semoga setelH ini artikel kita masuk halaman pencarian terus ya. amiin

    BalasHapus
  10. Udah pasang nih aku mbak. Mudah2an cepat terbaca google hehe

    BalasHapus
  11. Wah aku gagal fokeus ke infografisnya ;) cakep mbaaaa

    BalasHapus
  12. Baca tutorial sebelum memasang GSC...
    Bunda sambil masang, sambil baca tutorial ... begitu salah, panik

    BalasHapus
  13. Akubterkejut lho mbk oz ini gercep banget ngirim tugasnya keren ueym

    Aku baca udah kayak siput aja. Alon alon .. karena emang kalo dah kaitannya setting menyetting ini emang susah kalo pakai pc.

    Ternyata mataku gak siap harus melototin kode2 yg kecil2 bin jelimet meski cuma sekdar copqs

    BalasHapus

Posting Komentar