header kapan nulis oz

Mengenal 9 Menu File pada Google Docs (Part 1)

Konten [Tampil]

            Microsoft Word dan Google Docs seperti pinang dibelah dua, akan tetapi masih banyak nih SObat Oz yang masih bingung dalam menggunakan item-item yang ada pada menu Google Docs. Nah, Kapan Nulis, Oz? akan mengajak Sobat Oz untuk mengenal dan mengupas tuntas ke-17 menu file pada Google Docs.

Menu File Pada Google Docs Bagian Satu

 
mengenal 9 menu file pada google dokumen bagian 1
mengenal 9 menu file pada google dokumen

            Ketika membuka Google Dokumen maka pada menu bagian atas sebelah kiri, Sobat Oz akan melihat menu File. Dalam menu file ini ada 17 item, nah kita akan bahas 9 item yang ada pada menu file terlebih dahulu.

  
 
menu file bagian satu pada google docs
Menu file bagian 1


1. Item Share

            Item share digunakan untuk membagikan dokumen kepada orang, organisasi maupun semua pengguna yang ada di internet. Jika Sobat Oz memilih untuk membagikan dokumen pada orang tertentu, maka wajib memasukkan email orang tersebut, selain dari orang dengan email yang kita masukkan maka tidak ada yang bisa mengaksesnya. Sama halnya jika Sobat Oz memilih untuk membagikan dokumen ini pada organisasi tertentu (Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia SMP), maka orang lain diluar organisasi itu tidak bisa mengaksesnya. Lalu jika memilih terbatas (resricted) maka hanya Sobat Oz saja yang bisa mengakses sedangkan orang lain tanpa akses tidak bisa. Yang terakhir jika memilih membagikan pada siapa saja pengguna internet (anyone with the link) maka tanpa terkecuali semua pengguna dapat membuka dokumen itu.

 

Atur Pengguna Dokumen
Atur Pengguna

            Kemudian Sobat Oz juga bisa mengatur akses yang diperoleh ketika membuka dokumen ini, apakah bisa melihat file saja (viewer), memberi komentar (commenter) atau mengedit (editor). Itu semua keputusan ada di tangan Sobat Oz.

 

Atur Pengakses dokumen
Atur Pengakses

2. Item New

            Untuk membuka dokumen baru Sobat Oz dapat mengklik item New ini. Pada item New Sobat Oz tidak hanya bisa membuka dokumen saja, bisa dari template yang telah disediakan, juga bisa membuka file spreadsheet, presentasi/slide, form dan juga drawing. Jadi lebih praktis ya Sobat Oz!

 

item new menu file
Item new

3. Item Open

            Item Open berfungsi untuk membuka file yang ada di komputer, di drive email, drive berbagi, drive yang dibagikan dengan kita, yang dibintangi, yang sebelumnya dipilih dan yang terbaru. Juga bisa tinggal diketik saja nama file maka akan secara otomatis muncul dokumen yang dicari. Untuk membuka file pun bisa dengan menggunakan CTRL+O loh.

 

item open menu file
Item Open

4. Item Make a Copy

            Untuk meng-copy file yang sedang kita kerjakan tidak perlu dicari di folder dulu lalu klik kanan dan klik copy, stop! Itu cara lama. Sobat oz bisa menggunakan item Make a copy ini, dalam hitungan detik langsung ganti nama dan bisa langsung di pindahkan ke dalam folder yang kita inginkan.

 

item make a copy menu file
item make a copy

5. Item Email

            Bagi Sobat Oz yanglagi skripsi-an dan sudah deadline untuk mengirim bahan untuk bimbingan, aduh gak perlu buka email dulu lalu kirim file skripsi lewat attachment. Itu cara lama, cara barunya adalah ketika selesai mengetik di Google Docs Sobat Oz tinggal klik item email, lalu pilih email this file.

 

item email menu file
item email

            Setelah itu akan muncul kotak dialog apakah ingin membuat salinan dari email, ada kolom email tujuan, subjek, isi pesan juga bisa memilih jenis file apakah akan dikirim dalam bentuk pdf, dokumen dll. Klik saja yang ada tanda panah hitam kecil itu setelah selesai klik send, beres deh.

 

kotak dialog menu email
kotak dialog email

6. Item Download 

            Item download ini bisa digunakan ketika Sobat Oz mau mengedit file ini secara offline atau pada laptop lain. Selain itu Sobat Oz juga bisa men-download file ini dalam bentuk dokumen, pdf atau format lainnya. Aduh, canggih banget deh ya... 

 

Item download menu file
Item download

7. Item Make Available Offline

            Terkadang tidak setiap waktu kita bisa mengerjakan dokumen dalam keadaan online, lalu ketika offline apakah tetap bisa mengedit dan menyimpan file? Tentu bisa dong, dengan item Make Available Offline Sobat oz bisa tetap mengedit dan menyimpan dokumen dalam keadaan offline atau tanpa jaringan. Klik saja item ini maka akan muncul ikon centang di sebelah kiri Make Available Offline. Setelah muncul tanda tersebut Sobat Oz sudah bisa mengedit dan menyimpan file tanpa jaringan.

 

item make available offline menu file
item make available offline

8. Item Version History

            Menurut saya, item version history ini yang paling menarik, karena melalui item ini kita bisa melihat kembali history dokumen dari awal sampai terakhir, setiap perubahan yang dibuat terdapat dalam item ini. Jadi kalau Sobat Oz ingin kembali ke versi awal dokumen tinggal memeriksa pada item ini lalu pilih see version history. 


item version history pada menu file
Item version history

            Setelah itu Sobat Oz akan diarahkan pada sebuah laman yang terdiri pada dua bagian. Bagian kiri adalah rekam perubahan yang sudah dilakukan pada dokumen, sedangkan pada bagian kanan waktu perubahan yang dilakukan. Sobat Oz bisa meliha perubahan yang sudah dilakukan sebelumnya atau pun kembali pada perubahan sebelumnya.


laman version history pada menu file
laman version history



            Cara untuk kembali ke perubahan sebelumnya cukup mudah, Sobat Oz tinggal klik pada waktu yang tertera pada bagian kanan, lalu akan muncul perubahannya pada bagian kiri. Sobat Oz bisa melihat pada bagian atas tulisan restore this version atau kembalikan versi ini. Klik maka Sobat Oz akan kembali pada perubahan tersebut.


cara me-restore pada menu version history
cara me-restore


9. Item Rename

            Pada item rename ini kita bisa mengubah nama file loh Sobat Oz, ada dua cara sebenarnya untuk mengubah nama. Pertama bisa melalui menu file, lalu klik rename atau cara kedua dengan mengklik pada judul dibagian atas sebelah pojok kiri di dekat ikon dokumen. 

 

2 cara rename pada menu file
2 cara rename

 

            Jadi, sebenarnya jika kita mau mengamati dengan seksama tools yang ada di Google Docs adalah tools yang sering kita temui dalam microsoft word hanya mungkin penempatannya yang berbeda yang membuat kita bingung dalam menggunakannya.

 

            Nah, itulah 9 item yang terdapat di Menu File Google Docs, semoga setelah membaca informasi pada artikel ini Sobat Oz tidak bingung lagi dalam menggunakan Google Docs kedepannya. Untuk bagian kedua akan kita lanjutkan pada postingan berikutnya ya, pantengin terus blog Kapan Nulis, Oz?






Mairoza HR
Eoseo Osibsio Selamat Datang di Blog Kapan Nulis, Oz? Dalam blog ini Sobat, Oz akan mendapatkan informasi tentang aneka Review, tips dan trik, tutorial dan beberapa pikiran receh saya lainnya. Saya adalah seorang Ibu Rumah tangga yang nyambi jadi Guru Bahasa Inggris, blogger dan soon to be a youtuber. Ingin Kerjasama? Silahkan kontak email saya ya...

Related Posts

Posting Komentar