header kapan nulis oz

Mengenal Lebih Dekat Google Analytics

6 komentar
Konten [Tampil]

           Siapa yang masih bingung dan  ragu mau install Google Analytics, tunjuk tangan! Yes, saya jadi ada temennya. Tapi, tenang Sobat Oz, setelah mendapatkan materi dari coach Marita Blogspedia, kini saya mulai yakin untuk meng-install-nya, eits sebelum mulai memasang ada baiknya kita mengenal lebih dekat Google Analytics ini. Siap? Baca Sampai Tuntas ya!

 

Gambar ini memberikan ilustrasi mengenal lebih dekat google analytics
Mengenal Lebih Dekat 

            Sebagai calon blogger profesional, Sobat Oz harus mulai mengenal beberapa aplikasi yang dapat menunjang blog kita agar semakin dikenal oleh Google, salah satunya adalah Google Analytics. Jujur semenjak saya bergabung dengan Blogspedia Coaching for Newbie baru sekarang saya cukup melek dengan aplikasi yang membantu para blogger lebih dekat dan dikenal Google. Google Analytics pun baru tahu pada saat diberikan materi ini Senin Lalu. Jadi Google Analytics ini adalah layanan gratis dari Google untuk menampilkan statistik pengunjung blog kita. Loh bukannya di dashboard blog juga ada statistik pengunjung ya? Memang ada, tapi menurut coach Marita tidak selengkap Google Analytics. Yuk kita simak apa saja perbedaannya antara Statistik Dasboard Blog dengan Google Analytics.

Statistik Dashboard Blog Vs Google Analytics

 


Statistik Dashboard Blog

            Setelah Sobat Oz membuka dashboard blog pada menu sebelah kiri klik statistik maka akan muncul laman sebelah kanan yang akan menampilkan jumlah pengunjung blog kita. Pada bagian awal Sobat Oz akan melihat jumlah pengikut blog, jumlah total postingan dan jumlah komentar. Berikutnya akan ada jumlah pengunjung secara keseluruhan, hari ini, kemain, bulan ini dan bulan lalu. Sobat Oz juga bisa mengatur data pengunjung yang muncul dari 24 jam, 7 hari terakhir, 30 hari terakhir dst.

            Selanjutnya Sobat Oz akan melihat grafik dari tulisan terbaru berapa pengunjungnya dan komentar. Lalu ada jumlah pengunjung dan komentar pada blog secara keseluruhan. Berikutnya ada postingan dari jumlah pengunjung terbanyak dan terakhir jumlah pengunjung halaman. 

            Jika Sobat Oz perhatikan pada tampilan jumlah pengunjung dan komentar pada blog ada di bagian bawah grafik Lebih Lanjut Tentang Blog Ini ketika di klik maka Sobat Oz akan diarahkan pada informasi statistik yang lebih banyak lagi yaitu perujuk teratas berisi alamat rujukan pengunjung  bisa dilihat dengan angka mutlak atau persentase. Lalu ada perujuk url teratas mirip dengan perujuk teratas. selanjutnya ada audiens yang berisi browser dan sistem operasi asal pengunjung, bisa dilihat dengan angka mutlak dan persentase. Kemudian ada kata kunci penelusuran dan yang terakhir lokasi asal pengunjung.

            Pada bagian akhir ada Lebih Lanjut Tentang Google Analytics yaitu tautan yang akan merujuk pada Google Analytics.


Google Analytics

            Untuk bisa menggunakan Google Analytics, Sobat Oz harus login dulu dan membuat akun. Tenang, tutorialnya sudah disiapkan oleh coach Marita sedetil mungkin supaya kita bisa dengan mudah menginstalnya, sudah siap memasang dan menggunakan Google Analytics? Tapi sebelum itu yuk kita mengenal lebih dekat dengan menu/fitur-fitur yang ada di Google Analytics. 


1. Home

            Pada menu Home Sobat Oz bisa melihat laporan ringkasan berapa pengguna yang akses blog, berapa sesi blog yang diakses, ada sesi pantulan juga yaitu berapa banyak yang buka blog lalu langsung pergi dan berapa lama mereka akses blog kita

 

menu beranda bagian satu
Beranda bagian satu

            Lalu ada juga laporan bagaimana pengunjung mengakses blog kita, apakah melalui Saluran Traffic, Sumber/media dan rujukan. 
 
menu beranda bagian dua
Beranda Bagian dua

            Berikutnya ada juga ringkasan laporan mengenai pengguna aktif yang sering mengakses blog dan bagaimana mereka kembali mengakses blog.
 
menu beranda bagian tiga
Beranda Bagian tiga

            Selanjutnya ada pula ringkasan laporan mengenai waktu berkunjung, asal pengunjung dan melalui perangkat apa pengunjung mengakses blog.

menu beranda bagian empat
Beranda Bagian Empat

            Dan yang terakhir ada ringkasan laporan halaman atau artikel mana yang dikunjungi pengunjung.
 
menu beranda bagian lima
Beranda Bagian Lima

2. Laporan Realtime

            Pada bagian ini kita bisa melihat ringkasan yang berisi laporan waktu terkini, berapa orang yang saat ini sedang membuka blog kita, apakah mereka mengakses menggunakan hp atau desktop, serta halaman atau artikel yang dibuka.

 
Menu Laporan Realtime
Laporan Realtime



3. Audiens

            Pada menu Audiens Sobat Oz aktifkan bagian demografi  agar Google dapat melacak blog kita dan muncul laporan pada bagian ini dengan syarat menunggu paling cepat 24 jam untuk aktif. Pada bagian ini Sobat oz akan mendapatkan laporan secara global pada overview (ringkasan), kita bisa melihat laporan berapa pengunjung yang membuka blog setiap hari, apakah lebih banyak pengunjung baru atau pengunjung lama, berapa lama sesinya dan kita bisa tahu dari mana asal, usianya berapa, jenis kelamin dst.

 
Menu Audiens
Audiens

4. Akuisisi

            Pada bagian ini kita akan mendapatkan laporan dari mana pengunjung ini bisa sampai ke blog kita, apakah melalui link yang kita kirimkan (direct), blogwalking atau dapat dari mesin pencari, bahkan dari sosial media karena kita sering membagikan tulisan.

 
Menu Akuisisi
Akuisisi


5. Behaviour/Perilaku

            Bagian ini hampir sama dengan Akuisisi, hanya saja kita akan mendapatkan laporan mengenai grafik tayangan halaman unik, lamanya waktu yang dihabiskan pengunjung di blog kita, rasio pantulan/bounce rate dan persentase pengunjung keluar.


 
Menu Behaviour/Perilaku
Behaviour/Perilaku

            Nah sudah mengenal lebih dekat Google Analytics kan sekarang? Sudah tahu fitur-fitur apa saja yang akan membantu blog kita untuk lebih dekat dan dikenal oleh Google kan? Yaps, langsung saja ikuti tutorialnya dengan cermat dan hati-hati ya, supaya Google Analytics bisa terhubung dan bekerja dengan baik dalam memberikan laporan terhadap statistik pengunjung blog kita. Jangan lupa berbagi dikolom komentar ya perasaannya setelah berhasil memasang Google Analytics!




Mairoza HR
Eoseo Osibsio Selamat Datang di Blog Kapan Nulis, Oz? Dalam blog ini Sobat, Oz akan mendapatkan informasi tentang aneka Review, tips dan trik, tutorial dan beberapa pikiran receh saya lainnya. Saya adalah seorang Ibu Rumah tangga yang nyambi jadi Guru Bahasa Inggris, blogger dan soon to be a youtuber. Ingin Kerjasama? Silahkan kontak email saya ya...

Related Posts

6 komentar

  1. Byk ya fiturnya di google analytics ini, dikasih gambar contoh2nya pula jdi makin jelas dan paham

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku juga sebenernya masih asing dengan GA tapi tulisan teman sangat membantu loh ternyata 😍

      Hapus
  2. Happyy donk akunya mba setelah berhasil pasang google analytics. Apalagi udah keluar report nya gini, duh makin happy dah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah ya mbak, kalau kemarin laporannya masih blank dan belum tahu mau diapain 😁

      Hapus
  3. Wah, senenghya bisa pasang GA sendiri A-Z nih. Asik juga ya ada video tutorialnya. Mantab-mantab.

    BalasHapus

Posting Komentar