header kapan nulis oz

Lomba 17 Agustusan Daring? Emang Bisa?

Konten [Tampil]

            Pandemi Covid-19 tak kunjung berakhir, bahkan di tahun kedua Indonesia merayakan Kemerdekaan ke-76 nyatanya kita belum jua merdeka dari virus ini. Seperti tahun lalu, sepi acara dan lomba. Eits... tunggu dulu, Sobat Oz jangan berkecil hati, karena meski di tengah pandemi kita tetap bisa merayakan kemerdekaan dengan membuat Lomba 17 Agustusan secara Daring! Loh kok Bisa? 

Webinar Meriahkan HUT RI dengan Lomba Virtual


 
Webinar meriahkan HUT RI bersama Refo Indonesia
Webinar bersama Refo Indonesia

            Meskipun kita memiliki keterbatasan dalam ruang gerak dan aktivitas, tetapi jangan jadikan hal tersebut membatasi kreatifitas kita. Satu minggu yang lalu Refo Indonesia melalui gerakan #IndonesiaEduWebinar #bersamaRefo menggelar sebuah webinar tentang Meriahkan HUT RI dengan Lomba Virtual dengan pemateri Drs. Thomas Kristo, M Kepala Sekolah SMAK Penabur Kota Tanggerang dengan kedua peserta didiknya yang millenials ada Joan Cindana Siswi kelas XI dan Louis Oktavianus Siswa kelas XII. Melalui webinar tersebut kedua peserta didik ini berbagi kepada Refo bagaimana mereka tetap memeriahkan kemerdekaan Indonesia secara virtual. Kegiatan tersebut diikuti oleh para pendidik yang ada di seluruh Indonesia termasuk Kapan Nulis Oz yang juga penasaran, Lomba apa sih yang bisa dilakukan secara virtual?


            Nah, berdasarkan penjelasan Joan Sekolah bisa mengadakan lomba mendesain poster bertema Kemerdekaan Republik Indonesia menggunakan aplikasi/website Canva. Wah, ternyata banyak manfaat jika kita bergabung dengan Canva loh Sobat Oz, salah satunya bisa buat lomba mendesain poster. Joan juga memaparkan teknis lomba dan juga memberikan tutorial mendesain secara sederhana dari memilih template, menentukan tulisan dan warna juga elemen yang akan digunakan dalam mempercantik poster.


            Selanjutnya Louis memaparkan selain membuat lomba mendesain poster ternyata kita bisa membuat lomba tarik tambang online loh, tapi jangan langsung membayangkan tarik tambang dengan tali yang segede gaban ya Sobat, Oz. Lomba ini menggunakan fitur Insta Story dengan fitur polling. Louis juga menjelaskan teknis dan peraturan lomba. Apakah Sobat Oz tertarik untuk mencobanya? Wah, patut dicoba keseruannya ya? Setelah saya mengulik fitur polling ini, ternyata bisa juga menggunakan FB story dengan fitur Polling juga loh. Nah, jadi bisa lebih bervariasi ya.


            Dalam kegiatan tersebut setiap pemateri ditanyakan kegiatan lomba apa yang pernah dan paling diingat sebelum pandemi, mereka menyebutkan diantaranya lomba memindahkan belut, lomba makan kerupuk, lomba tarik tambang dan masih banyak lagi.


Lomba Offline Vs Lomba Online


 
lomba offline vs lomba online 17 agustusan
Offline Vs Online

 

            Sobat Oz masih ingat lomba 17 Agustusan apa yang paling membekas di hati? Kalau saya di antaranya lomba makan kerupuk, lomba menggigit koin, lomba memasukkan paku ke dalam botol, lomba memukul air dengan mata tertutup,  lomba kelereng sendok, lomba balap karung, lomba memindahkan air ke dalam botol dan masih banyak lagi. Keseruan dan kehebohan saat lomba yang paling terasa ya, orang tua memberikan semangat seperti anaknya mau pergi berperang, kawan jadi lawan tapi selesai lomba lupa kalau sebelumnya sempat cemberut-cemberutan sama kawan. Ah, kenangan tentang lomba 17 Agustusan memang yang terbaik. Kalau Sobat Oz lomba apa yang paling dikenang?


            Kenapa sih Lomba secara langsung paling membekas di hati? Pertama Suasananya, Semangat kemerdekaan memberikan suasana meriah, semangat dan bahagia. Kemerdekaan yang dulu diperjuangkan oleh para pahlawan kini dapat dinikmati dengan rasa syukur atas kehidupan yang aman dan lebih baik, bayangkan saja dulu para pahlawan dan keluarganya hidup dalam ketakutan, ketertindasan dan tanpa kebebasan. Sebagai bentuk rasa syukur itu kita mengenang jasa mereka dan merayakan kemerdekaan tersebut dengan berbagai lomba supaya anak cucu kita pun turut merasakan semangat kemerdekaan tersebut.


            Akan tetapi Pandemi Covid-19 mengubah segalanya, aktivitas dibatasi, kegiatan mengumpulkan orang dilarang bahkan melihat pasukan pengibar bendera saat menunggu detik-detik proklamasi bisa menitikkan air mata bangga dan haru pun tak bisa. Hampir 2 tahun kita seperti terisolasi di negara sendiri, merasa kapan semua ini akan berakhir?


            Jangan sedih, Sobat Oz. Jangan jadikan keterbatasan membatasi kreatifitasmu! Meski tidak seseru lomba 17 agustusan secara langsung minimal bisa mengobati rindu akan lomba-lomba yang pernah kita ikuti sebelum pandemi. Lomba secara Daring bisa menjadi pilihan, Seperti yang saya lakukan di SMPN 05 Jujuhan. Setelah mengikuti webinar yang diadakan Refo Indonesia saya langsung terinspirasi untuk turut memeriahkan Kemerdekan RI ke -76 dengan mengadakan lomba secara Daring. Saya mengadopsi lomba tarik tambang online yang dicetuskan louis yaitu dengan menggunakan story FB dan fitur Polling, Lomba mendesain poster kemerdekaan dan Lomba menghafal teks proklamasi sambil direkam.


            Nah, sudah tahu kan kalau Lomba 17 Agustusan bisa dilakukan secara daring? Bisa pake bangets dongs, tak apalah tahun ini tak seseru perayaan kemerdekaan seperti 2 tahun sebelumnya, kita tahan keinginan untuk berkumpul dan merayakan 17 Agustusan bersama teman-teman. Yuk doakan semoga Indonesia segera pulih, agar pada tahun berikutnya kita dapat melihat senyum tanpa terhalang masker, berpegangan tangan tanpa takut terpapar virus serta berkumpul merayakan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia bersama sahabat, guru dan keluarga tercinta. Merdeka!


Mairoza HR
Eoseo Osibsio Selamat Datang di Blog Kapan Nulis, Oz? Dalam blog ini Sobat, Oz akan mendapatkan informasi tentang aneka Review, tips dan trik, tutorial dan beberapa pikiran receh saya lainnya. Saya adalah seorang Ibu Rumah tangga yang nyambi jadi Guru Bahasa Inggris, blogger dan soon to be a youtuber. Ingin Kerjasama? Silahkan kontak email saya ya...

Related Posts

Posting Komentar