header kapan nulis oz

Konsisten Menulis ala KNOZ

12 komentar
Konten [Tampil]

            Blogspedia Coaching Batch 2 sebentar lagi akan segera berakhir, perasaan yang muncul saat ini adalah lega dan deg-degan. Lega akhirnya saya bisa menerapkan ilmu-ilmu yang telah dibagikan Coach Marita. Meski belum sejago beliau minimal saya sudah jauh berproses dibandingkan 3 bulan sebelumnya. Deg-degan karena setelah program ini berakhir apakah saya  masih akan tetap konsisten menulis atau tidak? Apakah Sobat Oz berpikiran hal yang sama? Berarti kita se-frekuensi dong, tos dulu 🖐.


ilustrasi Konsisten Menulis ala KNOZ
Konsisten Menulis ala KNOZ


            Setelah lulus nanti saya harus memacu semangat menulis untuk tetap konsisten, ini adalah tantangan yang cukup berat karena saya tipe seseorang yang harus mendapatkan tekanan agar bisa terus konsisten. Dalam kelas Blogspedia ada tuntutan agar selalu tepat waktu dalam mengirim tugas jika tidak maka akan dikeluarkan dari kelas. Tekanan seperti inilah yang membuat saya semakin terpacu untuk tetap bertahan sampai akhir.


            Mulai dari sekarang tampaknya saya harus memutar otak bagaimana caranya agar saya bisa tetap konsisten menulis. Setelah bersemedi selama beberapa waktu akhirnya saya menemukan beberapa cara agar tetap menulis. Apakah Sobat Oz juga penasaran dengan tutorial konsisten menulis ala KNOZ. Kuy simak sampai akhir ya. 

Tutorial Konsisten Menulis ala KNOZ


 
Ilustrasi Tutorial Konsisten Menulis ala KNOZ
Tutorial Konsisten Menulis ala KNOZ

1. Tentukan Platform menulismu, IG, FB, Blog, Wordpress, Tumblr, dsb.

            Langkah pertama yang harus Sobat Oz lakukan adalah menentukan platform menulis. Pada zaman sekarang kita bisa memilih bermacam platform untuk menulis loh. Bahkan di sosial media sekalipun sudah banyak dimanfaatkan penulis untuk meninggalkan rekam jejak tulisannya. Saya pernah memanfaatkan IG untuk kegiatan Ramadhan Writing Challenge, yaitu program menulis di IG selama 30 hari selama ramadhan yang diadakan oleh Komunitas ODOP. Kesannya setelah menulis di IG follower saya nambah, banyak yang suka dengan tulisan saya, dan postingan saya tentunya selalu dinanti. Kalau menulis di FB saya belum pernah coba sih karena FB saya gunakan untuk menyebar link tulisan blog dan berbagi foto atau informasi saja. 


            Namun di antara semua platform saya lebih nyaman dan klop menulis di blog. Untuk beberapa kegiatan saya memanfaatkan blog sebagai media menulis, seperti pada perekrutan anggota ODOP batch 7 dan 8 karena menurut saya blog adalah platform menulis yang sederhana dan mudah digunakan. Nah, Sobat Oz sudah menentukan mau menulis dengan platform apa?


2. Cari Tahu Goal Menulis

            Langkah yang kedua setelah menentukan platform menulis adalah menentukan goal dalam menulis. Jadi Sobat Oz tujuan menulis itu untuk apa? Apakah ingin menantang diri untuk menulis dalam jangka waktu tertentu? Berarti Sobat Oz bisa mengikuti kegiatan menulis yang banyak diadakan di IG, ada event menuis selama 10 hari, 14 hari bahkan 30 hari. 


            Apabila goalnya adalah menelurkan buku, nah Sobat Oz juga bisa mengikuti komunitas yang fokus pada hasil akhir berbentuk buku. Jika Sobat Oz rajin menelusuri IG, banyak komunitas yang menawarkan menulis buku antologi bersama atau penerbit yang memberikan paket penerbitan yang terjangkau.
           

            Kemudian, bila ingin menjadi seorang blogger Sobat Oz bisa mengikuti kelas-kelas pendampingan blog seperti Blogspedia atau kelas-kelas lainnya. Menentukan goal atau tujuan ini juga merupakan salah satu cara agar Sobat Oz bisa tetap konsisten dalam menulis, karena untuk menulis kita wajib dan harus memiliki sebuah alasan yang kuat untuk memotivasi diri untuk terus menulis.


3. Bergabung dengan sebuah komunitas menulis

            Bergabung dengan sebuah komunitas menulis juga merupakan langkah yang bisa membuat diri konsisten dalam menulis. Orang-orang yang berasal dari latar belakang yang berbeda bergabung dalam sebuah komunitas dengan tujuan yang sama yaitu agar dapat saling mendukung dan memotivasi untuk konsisten menulis.

            Banyak komunitas yang menawarkan berbagai program yang dapat membantu meningkatkan konsistensi menulis, Sobat Oz bisa memilih salah satu yang menurut kalian nyaman dan sesuai dengan goal menulis tadi. Sehingga kita bisa mengembangkan diri sesuai dengan visi dan misi dari komunitas tersebut.



4. Tantang Diri

            Sudah tahu mau pakai platform apa untuk menulis, sudah menentukan goal yang ingin dicapai, sudah bergabung dalam komunitas kesayangan, nah tinggal action ini mah. Langkah yang tak kalah pentingnya adalah menulis. Kita tantang diri kita untuk menulis, karena yang perlu kita taklukkan adalah diri kita sendiri, yang harus kita lawan adalah rasa tidak percaya diri yang datang dari diri sendiri bukan orang lain.

            Jika Sobat oz tidak pernah melangkah dan memulai untuk menulis, kita tidak akan pernah tahu apakah mampu atau tidak. Saya pernah berada di posisi tidak percaya diri ketika harus menulis sebuah tulisan selain fiksi. Saya selalu merasa bahwa artikel yang saya tulis jelek. Sampai akhirnya saya mendapatkan pendampingan blog untuk pemula. Bayangkan, saya yang insecure terhadap tulisan non-fiksi selama hampir 3 bulan saya digenjot coach Marita untuk terus menulis artikel. Dulu 300 kata menulis artikel merupakan sebuah tantangan yang berat bagi saya, bisa berhari-hari baru selesai. Sekarang, artikel minimal 800 kata bisa saya buat dalam beberapa jam. Yes! I did it!  Hasil ini tidak terjadi dalam semalam, saya berproses dan saya berani menantang diri. Yuk tunggu apalagi?

            

5. Ikut OPREC One Day One Post dan Blogspedia Coaching Blog

            Nah, jika dirasa tutorial di atas masih kurang dalam meningkatkan konsisten menulis, Kapan Nulis, Oz punya satu tutorial pamungkas yaitu ikut Oprec One Day One Post  Batch 10 dan Blogspedia Coaching Blog Batch 3 tahun depan ya Sobat Oz.

            Kedua event ini memiliki pengaruh yang luar biasa dalam menjaga konsistensi menulis. Selama perekrutan di ODOP Sobat Oz akan digenjot untuk menulis dan posting setiap hari, dalam komunitas pun akan dibekali materi tentang kepenulisan, semakin bertambah dong wawasan dalam menulis. Kebiasan menulis setiap hari ini tentu sangat bermanfaat untuk terus konsisten menulis.

            Sedangkan pada Blogspedia Coaching Blog, Sobat Oz juga akan digenjot untuk menulis tepat waktu dan akan diberikan materi tentang membuat blog, mendesain blog, memasang Top level Domain, mengenal Google Analytics dan Google Search Console sebagai alat tempur menjadikan blog SEO Friendly dan poin plusnya adalah bertemu dengan orang-orang yang se-frekuensi dan tentunya akan memberikan aura positif dalam mendukung Sobat Oz untuk konsisten dalam menulis. Tungguin program mereka tahun depan ya, jangan sampai ketinggalan seperti tahun ini.


Nah, itulah 5 Tutorial Konsisten Menulis ala Kapan Nulis, Oz? Siap berproses menjadi pribadi yang bermanfaat melalui tulisan?  Ketika Sobat Oz sudah memutuskan untuk menjadi seseorang yang dapat berbagi kebermanfaatan artinya Sobat Oz siap untuk berproses memperbaiki kualitas tulisan, terus melatih diri menghasilkan tulisan yang bermanfaat. Semoga ada kebaikan yang kita bagikan bagi pembaca tulisan kita ya Sobat Oz. Tetap semangat!


Mairoza HR
Eoseo Osibsio Selamat Datang di Blog Kapan Nulis, Oz? Dalam blog ini Sobat, Oz akan mendapatkan informasi tentang aneka Review, tips dan trik, tutorial dan beberapa pikiran receh saya lainnya. Saya adalah seorang Ibu Rumah tangga yang nyambi jadi Guru Bahasa Inggris, blogger dan soon to be a youtuber. Ingin Kerjasama? Silahkan kontak email saya ya...

Related Posts

12 komentar

  1. Yang pasti saya bersyukur bisa dapet pelatihan blog secara gratis di Blogspedia ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah ya mbak 😍 trims sudah mampir

      Hapus
  2. Semoga tahun depan aku bisa ikutan oprec odop ya mba :(

    BalasHapus
  3. Semoga tahun depan aku sudah berani odop...wkwk

    BalasHapus
  4. Duh, dah mantap nian mb. Dari 300 ke 800 berat. Eh sekarang dah lebih dAri 800 aja tulisannya. Mantab-mantab tenan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku speechless loh pak dengan progress aku ini 😢 gak berhenti2 mengucapkan syukur sudah bisa bertemu dengan kelas yang sangat bermanfaat untuk progres menulis aku.

      Hapus
  5. Mantap mba Oz, bismillah moga lolos odop blogspedia ini biar pede ikut odop yg lain >.<

    BalasHapus
  6. Yosh semangat Mom Oz, mohon bimbingannya di ODOP yak, hihihi :D

    BalasHapus

Posting Komentar