header kapan nulis oz

Content Plan Blog dan 5 Manfaatnya

Konten [Tampil]

            Setelah mengetahui 5 Tips dan Trik Membangun Personal Branding, Sobat Oz wajib banget mengenal Content Plan Blog dan 5 Manfaatnya nih. Penasaran kan gimana cara buat dan apa saja kelima manfaat yang didapatkan dengan membuat Content Plan Blog

 
ilustrasi content plan blog dan 5 manfaatnya
Content Plan Blog dan 5 Manfaatnya


            Untuk benar-benar terjun dalam dunia blog, Sobat Oz harus benar-benar mempersiapkan diri, baik pengetahuan tentang membuat, mengelola, mendesain blog, memasang Top Level Domain dan menambah wawasan tentang alat apa saja yang bisa digunakan untuk membuat blog Sobat Oz lebih di kenal Google seperti Google Analytics dan Google Search Console


            Nah, kita sudah melalui tahapan-tahapan yang berliku dan akhirnya bisa sampai di tahap yang paling sulit menaklukkannya kalau menurut saya, karena perencanaan ini jika tidak diiringi dengan usaha dan tekad yang kuat maka perencanaan tinggallah perencanaan. Jadi sudah siap melangkah menjadi Blogger profesional? Yuk, cari tahu lebih dekat tentang Content Plan Blog!


Content Plan Blog

            Sesuai dengan artinya Plan yaitu rencana, maka Sobat Oz akan mengenal bagaimana merencanakan isi blog. Perencanaan itu berjangka bisa terdiri dari tahunan, bulanan, mingguan bahkan harian. Menurut Coach Marita pada masing-masing tahapan ini akan membantu kita memilah dan mendesain tulisan dengan baik dan fokus.


Perencanaan Tahunan

            Pada perencanaan tahunan ini Sobat Oz dapat menuliskan goal yang ingin dicapai dalam setahun, Coach marita memberikan contoh seperti traffic, DA/PA yang ingin dicapai angka DR yang ingin diraih, nominal rupiah yang ingin didapatkan dalam aktivitas blogging dsb. 


 
Ilustrasi yearly blog plan
Yearly Blog Plan


Perencanaan Bulanan

            Pada perencanaan bulanan Sobat Oz akan mengaplikasikan perencanaan tahunan menjadi lebih spesifik, misalnya menentukan target jumlah postingan per-bulannya, lalu kata kunci apa yang akan di susun selama satu bulan yang akan digarap menjadi tulisan.

 
Ilustrasi Monthly Blog Plan
Monthly Blog Plan

Perencanaan Mingguan

            Pada perencanaan ini Sobat Oz dapat mengatur jadwal postingan dalam satu minggu, apakah 2 hari satu kali atau tiga hari satu kali, bahkan boleh juga satu hari satu kali posting.

 
ilustrasi weekly blog plan
Weekly Blog Plan

Perencanaan harian

            Untuk perencanaan harian ini merupakan outline tulisan yang akan kita tulis setiap harinya. Jadi Sobat Oz hanya perlu melakukan riset dan kemudian menulis sesuai outline yang telah disediakan. Menuis jadi lebih cepat dan menghemat waktu. Bandingkan dengan sebelum membuat Blog Plan, satu artikel kadang bisa selesai selama berhari-hari.


            Untuk membuat Blog Plan Sobat Oz bisa menggunakan berbagai aplikasi ya, gak harus pakai yang tertentu. Cuma kalau saya bikinnya desain pakai Canva dan excel. Kalau teman-teman ingin menggunakan aplikasi lain diperbolehkan kok, senyamannya aja. Nah, sudah tahu kan apa itu Blog Plan dan jenis-jenis nya, sekarang kita cari tahu 5 manfaatnya yuk!

5 Manfaat Content Plan Blog

 
ilustrasi 5 manfaat content blog plan
5 Manfaat Conten Plan Blog

  

1. Membantu Menjaga Konsistensi dalam Menulis


            Hayooo ... siapa yang semangat menulisnya seperti puasa senin-kamis tunjuk tangan! Nah, berarti kita se-frekuensi dong, hehehe ... tenang ... Sobat Oz, dengan menggunakan Content Plan Blog Sobat Oz tidak perlu khawatir tidak konsisten dalam menulis. Akan tetapi dengan syarat, setelah membuat Content Plan Blog jangan ditinggal rebahan ya, boleh sih sambil rebahan tapi sambil digarap tulisannya.


2. Menjadi Gudang Ide untuk Menulis

            Pernah mendengar Block Writer, yaitu masa di mana kita kehabisan ide atau tidak tahu mau menulis apa. Waduh, Content Plan Blog  ini sudah lah yang paling tepat untuk mengatasi permasalahan tersebut loh Sobat Oz. Dengan merencanakan ide atau kata kunci yang akan ditulis Sobat Oz tidak perlu repot mencari ide menulis lagi, karena semua sudah ada dalam perencanaan blog kita, tinggal action, riset dan menulis. Gak perlu galau lagi ya sekarang kekurangan ide untuk menulis.


3. Menyajikan Tulisan yang Ditunggu Pembaca

            Dengan perencanaan blog, Sobat Oz bisa menulis sesuai dengan yang diharapkan pembaca. Kata kunci yang sudah kita persiapkan dari Google Search Console atau Google Analytics akan membantu kita menemukan kata kunci yang sering dicari pembaca, dengan memasukkan kata kunci tersebut dalam mrnulis tentunya akan membuat pembaca betah dong berlama-lama di blog, terus traffic-nya naik deh. nah, tunggu apa lagi nih!

4. Kombinasi Tulisan yang Seimbang

            Dengan membuat perencanaan konten blog, Sobat Oz juga bisa menyajikan kombinasi tulisan yang seimbang, contohnya Kapan Nulis, Oz memiliki Niche Lifestyle yang terdiri dari Tips & Trik, Tutorial, Info, Review dan sebagainya. Tulisan dalam blog ini tentu tidak mungkin hanya terdiri dari Tips & Trik saja atau hanya banyak berisi Tutorial, Nah dengan menggunakan perencanaan konten blog saya bisa mengatur keseimbangan jenis tulisan yang muncul dalam blog ini, misalnya minggu ini tulisannya berisi Tutorial, Info dan Review, minggu berikutnya adalah Tips & Trik, Info dan Tutorial, dan seterusnya. Jika tulisan yang di posting bervariasi tentu tidak membuat pembaca bosan dong ya.


5. Selangkah Menuju Blogger Profesional

            Untuk menjadi Blogger Profesional kita butuh banget Conten Plan Blog ini loh Sobat Oz. Untuk menunjukkan bahwa kita adalah blogger makan sebaiknya  konsisten dalam menulis, melalui perencanaan blog kita dapat mewujudkan hal tersebut. One step closer menjadi Blogger Profesional, MasyaAllah, impian sudah di depan mata nih. Yuk action...


            Nah  sudah tahu kan apa saja 5 manfaat membuat Content Plan Blog ini? Bagi Sobat Oz yang sudah terjun ke dunia per-blog-an Content Plan Blog juga merupakan alat utama untuk membangun Personal Branding karena untuk membangun citra sebagai blogger kita harus konsisten menulis agar citra yang kita inginkan melekat pada diri. Selamat merencanakan konten blog Sobat Oz, semoga Allah meridhoi impian kita untuk berbagi kebermanfaatan. Amiinn... 


Mairoza HR
Eoseo Osibsio Selamat Datang di Blog Kapan Nulis, Oz? Dalam blog ini Sobat, Oz akan mendapatkan informasi tentang aneka Review, tips dan trik, tutorial dan beberapa pikiran receh saya lainnya. Saya adalah seorang Ibu Rumah tangga yang nyambi jadi Guru Bahasa Inggris, blogger dan soon to be a youtuber. Ingin Kerjasama? Silahkan kontak email saya ya...

Related Posts

Posting Komentar