header kapan nulis oz

5 Tips & Trik Membangun Personal Branding

Konten [Tampil]

          Wah,  tak terasa sudah 3 bulan saya blogging bersama Blogspedia, kira-kira sudah bisa disebut blogger belum ya? Kapan sih waktu yang tepat bisa disebut blogger? Jika  flashback ke masa-masa sebelum mengikuti Pendampingan Blog untuk Pemula dari Blogspedia ini saya sudah ngeblog dari tahun 2009 tapi ya asal nge-blog aja, gak pakai ilmu dan ujung-ujungnya mandeg dan semangat menulisnya bubar. 


          Saat itu saya belum disebut blogger, hanya seseorang yang suka nge-blog. Sekarang saya ingin orang-orang mengenal saya sebagai blogger, maka dari itu saya bergabung dalam geng cupuers Blogspedia belajar dari awal membangun citra diri sebagai blogger atau istilah kerennya membangun Personal Branding sebagai blogger.


          Tapi, bagaimana cara membangun Personal Branding? Bersyukur sekali Blogspedia memberikan pendampingan bagi blogger pemula seperti saya. Membangun Personal Branding ini tidak bisa dilakukan dalam waktu semalam ya Sobat Oz, butuh waktu, proses dan konsistensi. Agar bisa konsisten alasan nge-blog harus kuat karena jika nge-blog tanpa alasan maka akan putus di tengah jalan. Selain itu supaya memacu semangat ng-blog pun diajari mendesain blog dan memasang Top Level Domain.  


          Lalu kapan nih kita mem-branding diri sebagai seorang blogger? Yuk simak tips berikut ini. Tapi sebelumnya kita cari tahu apa itu Personal Branding?


Personal Branding is... 

  
Pengertian personal branding
Personal Branding adalah... 

          Apa yang terlintas di benak Sobat Oz ketika mendengar nama Lesti Kejora, Soekarno, Raditya Dika dll? Yaps, apa yang melekat di diri Lesti sebagai penyanyi dangdut multi talenta, Soekarno sebagai Bapak Kemerdekaan dan Raditya Dika sebagai Komika adalah citra yang muncul sebagai Personal Branding. Berdasarkan materi yang disampaikan coach Marita, secara umum Bagaimana kita memperkenalkan diri di publik disebut Personal Branding. Selain itu Personal Branding juga bagaimana seseorang mengembangkan dan memaksimalkan potensi atau keterampilan diri (skill), perilaku (behaviour) dan memahami nilai unggul (value) apa yang ingin dilakukan dan ingin dicapai dalam dirinya.

          Nah sudah tahu kan Sobat Oz pengertian Personal Branding... Jadi kalau saya memahami Personal Branding ini adalah apa yang kita lakukan, pelajari dan bagikan pada orang lain sehingga membekas di hati mereka. Sobat Oz tidak perlu berusaha menonjolkan diri secara berlebihan juga sih, cukup lakukan hal-hal yang kita suka lalu kita bagikan ke publik, biarkan publik yang memutuskan akan menyebut kita sebagai apa. 

          Jadi Sobat Oz, kalau dipikir-pikir sebenarnya tanpa kita sadari kita sudah mem-branding diri lewat apa yang kita lalukan sebagai diri pribadi dan masyarakat. Hanya saja kita belum menyadarinya dan menyelaminya. Sudah siap untuk menyimak 5 Tips & Trik Membangun Personal Branding


5 Tips & Trik Membangun Personal Branding

 
5 Tips &Trik Membangun Personal Branding ala Kapan Nulis Oz
5 Tips &Trik Membangun Personal Branding

1. Bersyukur Atas Apa yang Kamu Miliki Saat Ini

          Apa sih yang membuat diri ini bersyukur saat ini? Napas yang masih bisa kita hirup, kesempatan untuk bisa menimba ilmu, bergabung dengan komunitas yang dapat mengembangkan kemampuan diri. Bagi saya mendapatkan pendampingan blog bagi pemula bersama Blogspedia dan membagikannya dalam bentuk tulisan adalah yang paling saya syukuri saat ini. 

          Dulu, saya selalu merasa menulis tulisan selain fiksi adalah tantangan terberat dan takkan pernah bisa saya taklukkan. Saya selalu berusaha menantang diri untuk belajar menulis artikel. Akan tetapi tanpa saya sadari, dengan mengikuti Pendampingan Blog untuk Pemula selama 3 bulan ini membuat saya sadar bahwa tak ada yang tak mungkin jika kita mau berusaha dan mau mempelajarinya.

          Blog Kapan Nulis, Oz? adalah sebuah bukti dan pencapaian yang patut saya syukuri, ternyata saya telah berproses selama itu dan mampu menaklukkan kelemahan saya dalam menulis. Meskipun belum sehebat dan sekeren tulisan coach Marita, saya yakin tulisan saya akan keren pada waktunya. Amiiinnn... 


2. Cari Tahu Kemampuan Bagian Mana yang Akan di-Branding

          Setelah mensyukuri atas apa yang kita miliki, ini saatnya bagi Sobat Oz untuk mencari tahu kemampuan bagian mana nih yang akan dimunculkan lebih banyak? Kalau saya tentunya saya ingin lebih banyak memunculkan citra saya sebagai seorang blogger, penulis dan juga seorang guru pembelajar. Maka saya akan mengasah kemampuan menulis salah satu caranya dengan mengikuti kegiatan menulis yang diadakan komunitas atau pun kegiatan pendampingan blog bagi pemula dari Blogspedia ini.


3. Niatkan untuk Berbagi Kebermanfaatan

          Sobat Oz pernah tidak tiba-tiba merasa speechless ketika ada seorang teman yang berkata bahwa ia suka dengan tulisan-tulisan kita dan selalu menunggu update tulisan terbaru? Saya pernah merasakan hal tersebut dan membuat saya sangat bersyukur bahwa apa yang saya bagikan dapat memotivasi dan memberikan semangat pada orang lain. 

          Kita mungkin merasa tulisan kita tak memiliki arti, namun dengan niat untuk berbagi kebermanfaatan percayalah tulisan kita akan menemukan pembacanya dengan keajaiban yang datang entah dari mana. 


4. Konsisten Mem-branding Diri

          Tips yang tak kalah pentingnya adalah konsisten dalam mem-branding diri karena konsistensi merupakan salah satu hal yang membutuhkan usaha yang cukup besar untuk ditaklukkan. 

          Jika ingin dikenal sebagai blogger menulis dan update tulisan setiap hari, lalu bagikan tulisan ke komunitas ataupun sosial media yang kita miliki. Lakukan semua itu secara konsisten agar citra kita sebagai blogger terbangun seiring dengan berjalannya waktu dan akhirnya citra blogger melekat pada nama kita. 


5. Mem-Branding Diri Takes Time

          Tips terakhir adalah mem-branding diri itu butuh waktu, tidak terjadi dalam semalam atau sekejap mata. Ada proses dan tahapan yang harus kita lalui agar citra blogger melekat pada diri ini. 

          Buatlah rencana menulis dalam seminggu, sebulan, atau setahun. Luangkan waktu untuk menulis setiap harinya dan atur waktu agar tulisan-tulisan ini dapat kita bagikan tanpa mengeyampingkan tugas wajib sebagai seorang istri atau ibu. Berikan rewards pada diri jika berhasil melakukan rencana menulis, dan jangan lupa menulislah dengan bahagia agar tulisan kita bisa sampai pada pembaca dengan bahagia pula. 


Hello My Name's Mairoza HR, I am a blogger, writer and learner teacher. 

 
Kartu nama KNOZ dalam personal branding
Kartu nama


          Nah, itulah 5 Tips & Trik Membangun Personal Branding lakukan semua Tips di atas dengan tekad dan hati yang ikhlas agar setiap hari menulis bukan lagi sebuah keharusan tapi sebuah kebutuhan. Gimana? Sobat Oz sudah menemukan mau membangun Personal Branding seperti apa? 


Mairoza HR
Eoseo Osibsio Selamat Datang di Blog Kapan Nulis, Oz? Dalam blog ini Sobat, Oz akan mendapatkan informasi tentang aneka Review, tips dan trik, tutorial dan beberapa pikiran receh saya lainnya. Saya adalah seorang Ibu Rumah tangga yang nyambi jadi Guru Bahasa Inggris, blogger dan soon to be a youtuber. Ingin Kerjasama? Silahkan kontak email saya ya...

Related Posts

Posting Komentar