header kapan nulis oz

3 Tools Google docs, Check!

2 komentar
Konten [Tampil]

            Sobat Oz pernah mendengar tentang Google Docs? Salah satu fitur andalan Google Workspace for Education yang bisa digunakan untuk membuat dan mengedit dokumen baik secara offline maupun online. Tahukah Sobat Oz bahwa ada 3 Tools yang bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan efisiensi kerja? Dengan memanfaatkan 3 tools ini Sobat Oz bisa  membuat dokumen dalam waktu yang singkat di mana saja dan kapan saja! penasaran? Kuy lanjut bacanya ya!

 

gambar ini memberikan ilustrasi 3 tools google docs check
3 tools google docs check!

Cara Mengakses Google Docs

            Untuk mengakses Google Docs Sobat Oz harus menggunakan akun Gmail. Nah setelah login Sobat Oz sudah bisa mengaksesnya dengan menggunakan dua cara, yang pertama Sobat Oz klik titik sembilan yang berada di pojok kanan bagian atas tepat disebelah profil Gmail lalu pilih ikon berwarna biru yaitu Google Docs.

 

gambar ini memberikan ilustrasi mengakses Gdocs
Mengakses Gdocs cara pertama

            Setelah memilih ikon tersebut Sobat Oz dapat memilih template kosong ataukah template yang sudah disediakan. 

 

gambar ini memberikan ilustrasi tentang memilih template
Memilih template


            Jangan lupa setelah memilih dokumen baru, Sobat Oz langsung ganti nama dokumennya ya supaya nanti tidak bingung mencarinya di Google Drive.

 
gambar ini memberikan ilustrasi mengubah nama dokumen
ubah nama dokumen

            Cara mengakses Google Docs yang kedua adalah melalui Google Drive. Sobat Oz klik kembali titik sembilan yang ada di sebelah profil pojok kanan atas lalu pilih ikon Google Drive.

 
Gambar ini memberikan ilustrasi mengakses Google Docs melalui Google Drive
mengakses Google Docs melalui Google Drive

            Selanjutnya silahkan Sobat Oz klik tanda tambah atau tulisan New pada bagian sebelah kiri.

 
gambar ini memberikan ilustrasi pilih new
Pilih New

            Kemudian pilih Google Docs dan klik dokumen kosong atau dokumen dengan template.

 
gambar ini memberikan ilustrasi pilih google docs
Pilih Google Doc

            Nah, sekarang sudah tahu kan, Sobat Oz cara mengakses Google Docs. Sekarang kita akan mulai memeriksa 3 tools Google Docs yang bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan efisiensi kerja.

 3 Tools pada Google Docs ini tingkatkan Efisiensi kerja

Spelling and Grammar Tools Check!

            Jika Sobat Oz sedang membuat tulisan berbahasa inggris Spelling and Grammar Tools ini bisa dimanfaatkan, karena tools ini akan mendeteksi kesalahan tulisan dan grammar. Selain itu tools ini juga akan memberikan saran kata yang seharusnya. Cara mengaktifkan Spelling and Grammar tools cukup mudah kok Sobat Oz, pilih pada bar menu atas tulisan tools, lalu klik dan pilih Spelling and Grammar klik tanda panah di maka akan muncul checklist, jika ingin menonaktifkan klik tanda centang .

 

gambar ini memberikan ilustrasi spelling and grammar tools
spelling and grammar tools

            Ketika menemukan kesalahan maka akan muncul garis merah. Sobat Oz cukup mengklik tulisan yang salah maka tools ini akan memberikan jawaban yang benar, klik jawaban tersebut maka akan secara otomatis berubah. Wah, seperti sulap ya Sobat Oz.

gambar ini memberikan ilustrasi contoh pengguanaan spelling and grammar tools
contoh penggunaan spelling and grammar tools

Explore Tools Check!

            Tools yang kedua yang juga dapat meningkatkan efisiensi kerja adalah Explore tools, cara mengaksesnya sama dengan spelling and grammar yaitu temukan menu tools pada bar atas lalu Sobat Oz akan melihat tulisan Explore kemudian klik.

 

gambar ini memberikan ilustrasi mengakses explore
mengakses explore

            Setelah di klik maka akan muncul menu baru pada bagian sebelah kanan, Sobat Oz ketikkan kata kunci yang ingin dicari lalu tekan enter. 

 

gambar ini memberikan ilustrasi explore bagian 1
Explore bagian 1

            Saya mencoba mengisi pada kolom cari kata kunci ganda putri maka akan muncul tiga informasi yaitu Web, gambar dan drive. Sobat Oz bisa mendapatkan informasi dari web, atau jika ingin menambahkan gambar Sobat Oz klik images maka akan muncul gambar seperti di bawah ini.

 

gambar ini memberikan ilustrasi explore bagian 2
Explore bagian 2

            Atau jika Sobat Oz juga bisa menambahkan data atau dokumen dari drive, cara kerja explore ini sama ketika kita mencari informasi menggunakan browser Google, perbedaannya Sobat Oz harus menambahkan tab baru untuk melakukan pencarian sedangkan pada explore tools Sobat Oz tidak perlu menambah tab baru, cukup tetap berada pada tab Google Docs bisa melakukan pencarian dengan mudah.


 Voice Typing Tools, Check!

            Voice typing tools ini cocok sekali bagi Sobat Oz yang sedang skripsian nih, tidak perlu capek mengetik sekarang sudah bisa mengetik dengan menggunakan suara Loh. Cara mengakses tools ini juga mudah, cari lah menu tools pada bar bagian atas pilih Voice Typing. 

 

gambar ini memberikan ilustrasi voice typing
Voice Typing

            Setelah di klik Voice Typing, maka akan muncul sebuah gambar mic dibagian sebelah kiri.

 

gambar ini memberikan ilustrasi voice typing mic
voice typing mic

 

            Sebelum menggunakannya Sobat Oz pilih bahasa dulu ya, karena voice typing ini disetting dengan bahasa inggris. Klik tanda panah kecil lalu pilih Bahasa Indonesia.

 

gambar ini memberikan ilustrasi pilih bahasa
pilih bahasa

            Setelah memilih Bahasa Indonesia , Sobat Oz sudah bisa menggunakan voice typing, klik mic, tunggu hingga berubah warna merah. Jika sudah berwarna merah Sobat Oz bisa langsung berbicara dengan jelas ya, maka secara otomatis Google Docs akan mengetik dengan sendirinya. Agak menyeramkan ya bisa mengetik sendiri. hehehe ...

 

gambar ini memberikan ilustrasi klik mic
klik mic


            Setelah memanfaatkan ketiga tools ini semua perubahan yang Sobat Oz buat akan tersimpan secara otomatis, jadi tidak perlu mengklik simpan berkali-kali. Sobat Oz juga bisa mengakses dokumen dimana saja dan kapan saja, bisa melalui laptop, tablet maupun android tidak terhalang waktu selama Sobat Oz terhubung dengan jaringan internet.

Kekurangan 3 Tools Google Docs, Check!

            Sehebat apapun sebuah aplikasi atau teknologi tentunya tidak ada yang sempurna ya Sobat, Oz. Ketiga tools ini juga memiliki kekurangan. Kekurangannya adalah hanya bisa diakses jika memiliki jaringan internet. Tanpa internet ketiga tools ini tidak bisa digunakan. Namun jika Sobat Oz ingin membuat atau mengedit dokumen secara offline tetap bisa dan tersimpan di Google Drive kok, tenang saja.


            Nah, itulah 3 tools Google Docs yang bisa Sobat Oz manfaatkan untuk meningkatkan efisiensi kerja. Saya sudah menggunakan dan memanfaatkan ketiga tools ini dan merasakan manfaatnya, pekerjaan saya lebih cepat selesai dan saya bisa mengerjakan pekerjaan sekolah di mana saja dan kapan saja.

Mairoza HR
Eoseo Osibsio Selamat Datang di Blog Kapan Nulis, Oz? Dalam blog ini Sobat, Oz akan mendapatkan informasi tentang aneka Review, tips dan trik, tutorial dan beberapa pikiran receh saya lainnya. Saya adalah seorang Ibu Rumah tangga yang nyambi jadi Guru Bahasa Inggris, blogger dan soon to be a youtuber. Ingin Kerjasama? Silahkan kontak email saya ya...

Related Posts

2 komentar

  1. Wah aku baru tahu ada fitur voice typing nya mba..
    Ulasannya lengkap dan detail mbak..makasih ya sharingnya

    BalasHapus
  2. Wah aku pengguna gdrive dan gdoc akhir2 ini hehee.

    Wah kalo bgini makin asyik. Nulis tanpa ngetik ya haaha

    Manfaat mbak edukatif buat aku yg suka kudet dg hal beginian

    BalasHapus

Posting Komentar