header kapan nulis oz

Mudahnya memasang TLD

Konten [Tampil]

Rahasia Sukses Memasang TLD!

 

gambar ini memberikan ilustrasi mudahnya memasang TLD
Judul : Mudahnya memasang TLD!


            Memasang TLD itu mudah loh ternyata, karena yang sulit itu menjaga komitmen untuk konsisten dalam menulis blog. Setuju kan? Saya sudah merasakan bagaimana cara membeli dan memasang TLD pada blog dan alhamdulillah pada percobaan pertama langsung berhasil. Mau tahu rahasianya? Saya akan beberkan hanya di blog ini!


            Saya baru menyadari bahwa memasang TLD itu mudah, setelah mengikuti kelas pendampingan blog untuk pemula sejak sebulan yang lalu. Sebelumnya saya tidak tahu apa-apa tentang apa itu TLD, alasan kenapa harus pasang TLD di blog, Bagaimana cara dan di mana bisa membeli TLD, dan setelah dibeli bagaimana cara memasang TLD ke blog. Pertanyaan-pertanyaan itu terus berputar-putar di dalam pikiran saya hingga akhirnya kami mendapatkan materi tentang TLD (Top Level Domain) minggu ini. Saya akan coba jelaskan sepemahaman saya, semoga teman-teman pemula bisa menangkap dan memahaminya.


Apa itu TLD dan kenapa harus pasang TLD?

 

Gambar ini memberikan ilustrasi apa TLD dan kenapa harus pasang TLD?
What is TLD? Why TLD?

            Bagi teman-teman pemula dalam dunia blog, pasti bingung ya, apa itu TLD? TLD ini merupakan sebuah ekstensi dari sebuah domain. Domain adalah alamat url blog/website yang diikuti dengan TLD. Pernah lihat alamat website yang diakhiri dengan .com, .co.id, .gov, .id, .edu? Nah inilah yang disebut TLD. Apa fungsi dari TLD ini? Ada 3 fungsi TLD, yang pertama memberikan identitas dari sebuah website seperti domain yang diakhiri .gov itu biasanya milik pemerintah (government) atau .sch.id yang biasanya digunakan untuk website sekolah. 


            Fungsi yang kedua adalah kita bisa mengetahui tema dari sebuah website hanya dilihat dari TLD-nya seperti website yang diakhiri dengan .edu berarti berisi tentang pendidikan (education), lalu ada pula yang diakhiri dengan .info yang berisi tenang informasi. Fungsi yang terakhir adalah menunjukkan asal daerah website tersebut seperti contoh .id berarti website tersebut dari Indonesia, dan .jp yang menunjukkan bahwa website tersebut berasal dari Jepang.


            Nah, sudah ada gambaran ya TLD itu  apa? Sekarang kita akan bahas pertanyaan selanjutnya kenapa harus pasang TLD? Seperti yang sudah kita ketahui bahwa fungsi TLD yang pertama yaitu menunjukkan identitas dari sebuah website tersebut. Sebagai pemula dalam dunia blog saya ingin memberitahu Google bahwa saya ada dan sesuai dengan kaidah SEO (Search Engine Optimization) selain itu saya juga ingin membangun branding saya sebagai penulis blogger tentang "Review, tips dan trik juga tutorial" kepada klien yang akan menawarkan pekerjaan kepada saya. Jadi kenapa saya harus pasang TLD, yaitu untuk membangun branding sebagai blogger.


Bagaimana dan di mana membeli TLD?

 

Gambar ini memberikan ilustrasi tentang cara dan dimana membeli TLD
Cara membeli dan website khusus untuk membeli TLD

            Nah, pertanyaan seperti ini pastinya selalu muncul dalam pikiran pemula, sama seperti saya dong. Awalnya saya tidak memiliki ide sama sekali bagaimana cara membeli dan di mana membelinya? Setelah sekian lama mencari bukan kekasih hati ya, tetapi tutorial yang mudah dipahami akhirnya saya menemukan tulisan cara memasang TLD yang ditulis oleh Blogspedia. Dalam tulisan itu disebutkan ada 2 website yang bisa dijadikan referensi bagi teman-teman pemula untuk memasang TLD yaitu rumahweb.com dan dewaweb.com. Saya sendiri memilih rumahweb.com menurut saya situs ini memberikan banyak pilihan TLD dan harganya bisa menyesuaikan dengan kantong pemula yang baru merintis blog. Selain itu proses aktivasi TLD pun terbilang cepat, tidak sampai 1 jam, TLD yang teman-teman impikan sudah berada dalam genggaman.


Cara memasang TLD ke Blog.

 

gambar ini memberikan ilustrasi cara memasang TLD ke blog
Cara memasang TLD ke Blog

            Nah, setelah membeli TLD dan aktivasi ini saatnya bagi teman-teman pemula untuk memasangnya ke blog. Bagaimana caranya? Tentu yang paling utama teman-teman cari tutorial memasang TLD ke blog yang mudah dipahami dan sederhana, seperti tutorial cara memasang TLD dari Blogspedia ini. Saya alhamdulillah dengan bantuan tutorial tersebut dalam waktu tidak lebih dari setengah jam alamat website/url dengan domain bawaan sudah beralih menggunakan TLD. Wah... senang sekali loh, rasanya ketika berhasil. Apa sih rahasianya? Ada 5 hal wajib kamu lakukan saat memasang TLD yang akan saya bahas sebentar lagi. 


5 Hal yang wajib dilakukan saat memasang TLD

 

Gambar ini memberikan ilustrasi rahasia sukses memasang TLD
Rahasia sukses memasang TLD


            Ada 5 hal yang wajib kamu lakukan agar sukses memasang TLD yaitu temukan tutorial yang tepat, ikuti tutorial dengan cermat dan teliti, tenang, sabar dan percaya.


1. Temukan tutorial yang tepat.


            Tutorial yang tepat akan membantu proses membeli TLD dan memasangnya pada blog menjadi lebih mudah. Kita harus paham dulu tutorialnya baru melakukan bukan? Jika kita saja tidak paham tutorial tapi sudah mau membeli dan memasang nanti ketika stuck di tengah jalan mau mundur gak bisa mau maju masih bingung dan akhirnya TLD yang sudah dibeli sia-sia karena tidak bisa dipasang dengan baik. Sudahlah rugi waktu rugi uang juga. Maka dari itu saya merekomendasikan tulisan Tutorial cara memasang TLD dari Blogspedia ini untuk teman-teman pemula, bisa milih pula apakah memasang TLD versi rumahweb.com atau dewaweb.com.


2. Ikuti Tutorial dengan cermat dan teliti


            Salah satu faktor keberhasilan yang saya peroleh saat memasang TLD adalah dengan mengikuti tutorial secara cermat dan teliti. Baca dan pahami petunjuknya, baru lakukan. Jika belum paham baca lagi sampai kita benar-benar paham ya teman-teman pemula.


3. Tenang


            Hal yang tidak kalah penting dilakukan baik pada saat memasang TLD adalah tenang. Saya yakin teman-teman tentunya merasa panik ketika ada tutorial yang sudah dilakukan tetapi tidak bekerja pada kita. Tenang, jangan panik, baca lagi langkah-langkahnya kemudian ulangi, coba di refresh halamannya, siapa tahu karena jaringan. Atau kalau belum mau juga kita bawa santai dulu, baca review Lagu Fiersa Besari yang bisa atasi insecure, ngupi-ngupi atau melanjutkan pekerjaan yang tertunda, setelah semua beres kita coba lagi dari awal.


4. Sabar


            Teman-teman pemula jangan anggap remeh kekuatan sabar ini, karena segala sesuatu butuh proses dan waktu. Ya kali seperti sulap, sim salabim langsung jadi... ya gak kan? ketika semua langkah-langkah dilakukan dan belum bekerja dengan baik maka ada baiknya teman-teman melakukan aktivitas lainnya terlebih dahulu. Saya pun ketika proses pemasangan TLD ke blog mendapatkan kesulitan dan saya mencoba untuk tenang dan sabar. Sembari menunggu TLD berproses saya menonton drama korea berjudul The Universe's Star sambil baca review makanan khas Korea yang lagi hits, eh tidak sampai 30 menit saya coba ketik alamat blog yang sudah memakai TLD alhamdulillah sudah bisa.


5. Percaya


            Rahasia yang terakhir adalah percaya. Percaya dengan tutorial yang kita baca, karena jika si penulis bisa berhasil tentunya dengan langkah yang sama kita pun akan berhasil, bukan? Tinggal masalah jaringan, atau kecermatan dan ketelitian kita dalam menerapkan tutorial tersebut apakah sudah sesuai apa belum.


            Nah, bagaimana teman-teman pemula? Ternyata Mudah kan memasang TLD? Ya iya dong, asalkan mengikuti 5 Rahasia yang sudah saya beberkan sebelumnya tentu teman-teman akan dengan mudah memasang TLD yang diimpikan. "Bagi saya bukan seberapa mahal atau murahnya TLD yang kita gunakan, yang paling penting adalah seberapa besar komitmen saya untuk menulis". Tetap semangat juga ya untuk teman-teman pemula, kalau semangatnya mulai kendor bisa dong diingat-ingat lagi alasan nge-blog nya supaya tetap istiqomah. Semoga dalam menulis ini bisa menebar kebaikan dan kebermanfaatan ya. Amin. Salam Tebar Manfaat.


Mairoza HR
Eoseo Osibsio Selamat Datang di Blog Kapan Nulis, Oz? Dalam blog ini Sobat, Oz akan mendapatkan informasi tentang aneka Review, tips dan trik, tutorial dan beberapa pikiran receh saya lainnya. Saya adalah seorang Ibu Rumah tangga yang nyambi jadi Guru Bahasa Inggris, blogger dan soon to be a youtuber. Ingin Kerjasama? Silahkan kontak email saya ya...

Related Posts

Posting Komentar