header kapan nulis oz

Jambi Paradise

3 komentar
Konten [Tampil]

          Jambi Paradise, Wisata Alam yang ngangenin!


          Sejak pandemi Covid-19 melanda Indonesia setahun yang lalu, mencari kesibukan untuk tetap produktif meski di rumah saja adalah hal yang wajib dilakukan agar tetap waras. Salah satunya dengan mengikuti kelas pendampingan untuk blogger pemula, hari-hari diisi dengan materi yang berkualitas dan tugas-tugas yang menantang membuat otak harus terus berpikir kreatif. Dulu kalau sudah mulai jenuh dengan pekerjaan hal yang bisa mencairkan pikiran adalah dengan berlibur. Duh, jadi kangen jalan-jalan nih. Jadi ingat saya pernah ke sebuah tempat wisata keluarga yang sangat indah, seperti di surga nama tempat wisatanya adalah Jambi Paradise.

 

            Untuk bisa mengunjungi tempat ini, saya harus menempuh jarak 7 jam dari Kabupaten Bungo. Jadi kalau ingin mengunjungi Jambi Paradise memang harus menentukan waktu, biaya dan akomodasi karena tempat wisata ini tidak bisa dinikmati dalam satu hari. Minimal Sobat Oz harus meluangkan waktu 3 hari supaya perjalanan wisatanya semakin bermakna. Jarak tempuh yang cukup jauh membuat tempat wisata ini semakin spesial.


Keunikan Jambi Paradise

            Jambi Paradise terletak di desa Talang Belido, simpang Acai, Kebon IX, Sungai Gelam, Mekar Jaya kota Jambi dengan kode pos 36361. Dulu lokasi ini masih hutan yang digunakan untuk berburu hewan loh Sobat, Oz namun kawasan dengan luas 8 hektar ini disulap menjadi sebuah tempat wisata alam yang sangat indah seindah surga. Kawasan ini juga sangat unik, sebuah pulau yang dikelilingi air danau mirip dengan lokasi pulau yang dikelilingi air laut dalam film horor yang berjudul "Woman in Black".

Gambar Ilustrai Denah Jambi Paradise
Sumber: Google


            Untuk bisa sampai ke Jambi Paradise Sobat Oz harus ingat bahwa belum ada angkutan atau kendaraan khusus. Sobat Oz harus menggunakan kendaraan pribadi atau menyewa mobil rental, bisa juga loh menggunakan jasa kendaraan online, tapi jangan lupa untuk meminta nomor Handphone pengendara tersebut supaya nanti ketika pulang bisa menghubungi jasa kendaraan online lagi. Oiya, jangan takut nyasar ya tinggal buka google map lalu sebutkan alamat di atas dengan lengkap maka teman-teman akan langsung diarahkan oleh mesin pencari ke alamat tersebut.


Fasilitas, Wahana dan Spot yang Instagramable

 

gambar ilustrasi selamat datang
Welcome

            Untuk biaya masuk teman-teman jangan khawatir karena masih relatif terjangkau. Nah, teman-teman cukup merogoh kocek Rp. 20.000 pada hari biasa dan Rp. 30.000 pada akhir pekan. Setelah membeli karcis dan dipersilahkan masuk ke gerbang utama, Sobat Oz akan disambut sebuah lorong dengan juntaian bunga di sepanjang lorongnya, saya yakin Sobat Oz tidak akan sabar lagi untuk mengambil swafoto di sana. Lalu di kiri dan kanan lorong terdapat berbagai macam unggas yang bisa dinikmati. Setelah sampai di ujung lorong Sahabat Oz akan disuguhkan dengan permainan anak-anak seperti jungkat-jungkit, komidi putar dan arena lintasan cross untuk anak-anak di sebelah kanan. Lalu di sebelah kiri terdapat food court yang juga menyediakan jasa peminjaman sepeda dan ATV dengan biaya sewa bervariasai.


gambar ilustrasi menggunakan sepeda sewaan
Menyewa Sepeda


            Jika Sobat Oz ingin berolah raga dengan berjalan kaki tidak perlu menengok kiri dan kanan, silahkan berjalan lurus Sobat Oz akan melewati lorong yang agak pendek dari yang pertama di pintu gerbang. Di ujung lorong terdapat persimpangan, Jika memilih ke kiri Sobat Oz bisa menikmati berbagai spot yang instagramable seperti instalasi hati dengan bunga-bunga, lorong bambu,bahkan menaiki perahu berwarna-warni di Dermaga Gazebo sambil memberi makan ikan.

 

gambar ilustrasi penunjuk arah
Bingung mau ke kiri atau ke kanan?

            Ketika Sobat Oz memilih jalur kanan akan menikmati wahana flying fox dan Jembatan Paradise. Namun jika memilih lurus maka Sobat Oz akan disambut dengan terowongan yang sejuk karena beratapkan daun bambu dan di kiri-kanannya terdapat miniatur patung hewan yang bisa dijadikan spot swafoto yang instagramable.

 

gambar ilustrasi swafoto dengan beruang
Ekspresi beruangnya keberatan. hahah.

            Pada saat memilih terus lurus hingga keluar dari terowongan maka Sobat Oz akan bertemu persimpangan lagi yaitu satu jalur ke atas dan kebawah. Jika memilih jalur ke bawah, Sobat Oz akan bertemu dengan Kapal Pesiar Mini ala Jambi Paradise yang berwarna putih dengan banyak jendela wah, spot yang satu ini sangat sayang sekali jika dilewatkan loh!

 

gambar ilustrasi miniatur kapal pesiar
Foto dekat miniatur kapal pesiar

            Bagaimana dengan jalur ke atas? Sobat Oz akan terkejut ketika menemukan pemandangan bunga besi raksasa yang berwarna warni, Usut punya usut nama spot ini adalah "Garden by the Mini Jambi" ternyata mirip dengan "Mariana Bay" yang berada di Singapura yang diberi nama Gardens by the bay. Selain itu ada juga live music yang di sediakan di pendopoh-pendopoh di sekiling  Garden by the mini jambi. Saya pernah menyumbangkan lagu sampai pemain musiknya kesel saya gak turun-turun panggung. Hehe.

 

gambar ilustrasi garden by the mini jambi
tahun 2017 bersama mantan pacar

            Di sisi lain dari Garden by The Mini Jambi ada sebuah labirin yang akan menguji kesabaran Sobat Oz, karena setelah masuk ke labirin harus bersabar untuk dapat keluar tepat waktu dan jangan sampai terjebak di dalam labirin tersebut ya...


            Tempat wisata ini memiliki keunggulan yang ditawarkan kepada pengunjung; Wahana air, wahana outbond dan spot foto instagramable. Bagi Sobat Oz yang berencana untuk membuat foto pre-wedding bisa banget loh memanfaatkan keindahan dan spot-spot yang ada di sini.


            Untuk harga wahana yang ditawarkan sekitaran Rp. 10.000 - Rp. 30.000, bagi Sobat Oz yang membawa makanan dari rumah dan datang bersama keluarga besar bisa memanfaatkan saung yang bisa disewa dengan harga Rp.50.000. Oh,ya ... agar Sobat Oz bisa menikmati semua wahana dan pemandangan dengan maksimal datang pagi atau sore hari, karena kalau di siang hari Sobat Oz bisa kepanasan dan ujung-ujungnya badmood. Tempat wisata ini buka dari 09.00 - 18.00 Wib jadi pastikan untuk datang di waktu ternyaman ya...


            Setelah puas berkeliling dan menjelajahi setiap sudut spot dan wahana yang disediakan Jambi Paradise Sobat Oz bisa memesan makanan atau minuman di food court atau bisa memesan saung atau duduk-duduk di gazebo untuk melepas lelah dan memakan bekal piknik. Meski sudah dua kali saya mengunjungi Jambi Paradise saya tak pernah bosan dengan suasana dan pemandangan yang alami dan asri. Perjalanan 14 jam Pulang-Pergi tak ada artinya sama sekali selama bisa menghabiskan waktu bersama keluarga tercinta.


            Jika nanti saya diberikan kesempatan untuk Jalan-jalan maka saya akan kembali mengunjungi Surganya Jambi ini. Gimana Sobat Oz? Tertarik unutk berwisata ke Jambi Paradise? Semoga pandemi ini segera berakhir ya supaya kita bisa kembali menikmati kebersamaan bersama keluarga tercinta, dan jangan lupa untuk mengunjungi Jambi Paradise.


Mairoza HR
Eoseo Osibsio Selamat Datang di Blog Kapan Nulis, Oz? Dalam blog ini Sobat, Oz akan mendapatkan informasi tentang aneka Review, tips dan trik, tutorial dan beberapa pikiran receh saya lainnya. Saya adalah seorang Ibu Rumah tangga yang nyambi jadi Guru Bahasa Inggris, blogger dan soon to be a youtuber. Ingin Kerjasama? Silahkan kontak email saya ya...

Related Posts

3 komentar

  1. Aku belum pernah ke daerah luar pulau jawa selain ke Bali nih. Pingin ke Jambi jadinya. Aku gagal fokeus sama beruangnya wakakakakak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh banget kak, main ke sini ya... Hahaha... Epic banget beruangnya ya.. Terima kasih sudah mampir 😊

      Hapus
    2. Boleh banget kak, main ke sini ya... Hahaha... Epic banget beruangnya ya.. Terima kasih sudah mampir 😊

      Hapus

Posting Komentar