header kapan nulis oz

Bergabung dengan CFE

6 komentar
Konten [Tampil]

Kenapa harus bergabung dengan Canva for Education?

 

"Apakah kamu seorang guru yang sedang mencari aplikasi untuk mendesain pembelajaran daring? Apakah kamu pernah mendengar tentang Canva for Education? Canva adalah platform mendesain grafis yang bisa dimanfaatkan untuk pembelajaran loh? Apa sih manfaat bergabung dengan Canva for Education?"

           

            Merancang pembelajaran secara daring di tengah pandemi merupakan sebuah keharusan bagi saya yang berprofesi sebagai guru. Pandemi covid-19 yang tak kunjung berakhir membuat guru masa kini putar otak mencari aplikasi yang bisa membuat video pembelajaran, presentasi, lembar kerja siswa yang mudah, sederhana tapi kece. Namun masalahnya saya membutuhkan aplikasi yang berbeda untuk setiap keinginan tersebut, sehingga tak ayal membuat memori gadget saya penuh, ada yang sama gak, sih?


            Selain itu saya cukup sering berada di luar dan jarang membawa laptop sehingga aplikasi tersebut tidak bisa diakses dengan smartphone, hanya bisa didesain dengan laptop, Sebaliknya ada aplikasi yang bisa diakses dengan smartphone tetapi tidak support ketika dibuka di laptop.


            Saya pernah memiliki beberapa aplikasi berbeda untuk semua keperluan saya sehingga sering smartphone saya nge-lag dan loadingnya lama. Sampai akhirnya saya menemukan sebuah aplikasi yang bisa saya akses dengan smartphone maupun laptop, yaitu Canva.


Baca Juga : Fakta tentang Vitamin D yang mengejutkan


What is canva?

            Canva adalah platform desain grafis yang digunakan untuk membuat grafis media sosial, presentasi, poster, dokumen dan konten visual lainnya. Canva memiliki dua layanan yaitu gratis dan berbayar pada produk berbayar Canva menyediakan Canva Pro dan Canva for Enterprise. Nah, kabar gembiranya bagi para guru di seluruh indonesia adalah pada Desember 2019 Canva meresmikan Canva for Education, yaitu sebuah produk gratis yang ditujukan untuk sekolah dan institusi pendidikan yang bertujuan untuk memfasilitasi kolaborasi antara murid dan guru.


Design Almost Everything!

            Apa sih keunggulan dari canva ini? Jadi, awalnya saya masih belum menguasai fitur-fitur yang ada di Canva, saya hanya menggunakan canva untuk keperluan mendesain ucapan hari-hari besar islam, membuat pengumuman dan mengirim update ke sosial media. Saya pun belum memanfaatkan canva untuk keperluan pekerjaan saya sebagai guru. Itu pun saya masih menggunakan canva secara gratis sehingga fitur-gitur yang bisa saya akses masih terbatas. 


            Awal tahun 2021 sekitar bulan maret saya mengikuti sebuah pelatihan Google Master Trainer Level 1. Pada pelatihan ini kami belajar memanfaatkan fitur-fitur yang ada di Google untuk pembelajaran dengan mengaktifkan akun belajar.id. Nah, setelah selesai pelatihan, kami diminta untuk melakukan pengimbasan sebagai salah satu syarat mengikuti ujian Level 1. Pada saat pengimbasan saya meminta bantuan salah satu senior di Google Master Trainer untuk memberikan materi, beliau adalah Duta Rumah Belajar Jambi tahun 2019, ibu Dona Yulia Sari, M.Pd. Pada saat memberikan materi beliau menyinggung masalah pemanfaatan Canva yang terintegrasi dengan akun belajar.id. Beliau mengatakan bahwa jika mendaftar Canva for Education dengan akun belajar.id bisa mendapatkan akses premium secara gratis.


            Nah, saya cukup kaget dong dengan penjelasan beliau dan sangat senang itu artinya saya bisa  mengakses Canva secara gratis plus mendapatkan pelayanan premium. Selang beberapa minggu kemudian, Ibu Dona membuka kelas pemanfaatan Canva for education terintegrasi akun belajar.id. Tanpa ba, bi,bu saya langsung daftar dong... takkan saya sia-siakan kesempatan ini.


            Setelah mendaftar dan mengikuti pelatihan bersama beliau saya hampir syok karena I can design almost everything... E.V.E.R.Y.T.H.I.N.G! Video pembelajaran, presentasi, lembar kerja siswa, komik pembelajaran, info grafis sebagai bahan ajar, twibbon dan masih banyak lagi hanya dengan satu aplikasi yaitu Canva. 


Personal Branding with Canva

            Selain seorang guru, saya juga bercita-cita menjadi youtuber dan blogger. Sudah sejak lama saya mencari aplikasi untuk mendesain header youtube dan blog yang tepat. Namun tak ada yang memenuhi harapan saya. Akan tetapi Canva berbeda, ia memiliki jawaban atas semua keinginan saya, dengan Canva saya bisa mendesain header youtube dan blog dengan mudah dan sesuai dengan keinginan. Kalaupun kamu tidak jago dalam mendesain, tenang ... Canva memiliki ribuan template gratis yang bisa kamu gunakan. Tinggal ganti tulisan masukkan gambar, lalu unduh. Mudah, sederhana tetapi hasilnya kece.

            Setelah mengenal Canva saya akhirnya berani bermimpi untuk menjadi Guru yang ngeblog dan ngeyoutube "Ibuk Oz a learner teacher, a mom blogger and on going youtuber". Saya ingin dikenal sebagai seorang guru pembelajar, seorang ibu-ibu yang nge-blog dan juga akan menjadi seorang youtuber. Kalau kamu? sudah ada gambaran mau membangun personal branding seperti apa?


Baca Juga : Jajanan Palembang ini, Viral di Jujuhan


5 Manfaat Kece Bergabung dengan Canva for Education

            Nah, bagaimana Canva for Education membantu saya dan juga kamu untuk mendesain pembelajaran daring yang mudah dan menarik? Manfaat apa yang kamu dapatkan jika bergabung dengan Canva for Education?

 
gambar ini memberi ilustrasi manfaat bergabung dengan google for  education
Manfaat bergabung dengan CFE

1. Nikmati fitur Premium dengan Canva for Education.

            Untuk menikmati fitur premium dengan Canva for Education kamu wajib mendaftar dengan akun belajar.id. Setelah itu kamu diwajibkan mengupload dokumen yang menyatakan kamu seorang guru seperti SK pembagian tugas, setelah mengupload kamu tinggal menunggu email konfirmasi dari Canva bahwa kamu sudah bisa menggunakan fitur premiumnya.


            Bagaimana dengan teman-teman yang bukan guru atau tidak memiliki akun belajar.id? Apakah bisa menikmati Canva for Education? Tenang ... Jadi saya sebelumnya belum mengetahui cara mendaftar Canva for education dan belum mendaftar Canva for Education, jadi meski akun saya belajar.id masih terbatas fiturnya. Akhirnya saya mengikuti sebuah komunitas "Tim Guru Belajar" dan "Tim Hebat Angkatan 8", berdasarkan penjelasan Bu Dona, jika yang membuat komunitas itu sudah premium maka meskipun kita belum premium secara otomatis akun kita akan terupgrade premium. Selama komunitasnya tidak bubar dan kita tidak ditendang keluar kita masih bisa menggunakan fitur premium tersebut sepuasnya.


            Ketika sudah terupgrade kamu bisa menggunakan fitur-fitur premium dengan elemen gambar yang lebih banyak dan tak terbatas, bisa menghapus background, mengubah ukuran sesuai dengan kebutuhan, dan yang pasti no watermark


2. Mendesain Cover Perangkat Pembelajaran, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dan Lembar Kerja Siswa


 
gambar ini memberikan ilustrasi template RPP di Canva
Tampilan template RPP di Canva

            Awal tahun ajaran baru pastinya para guru sudah terbiasa membuat perangkat pembelajaran setiap tahunnya. Namun, di situasi pandemi seperti ini tentunya kita memerlukan sebuah inovasi dan terobosan baru agar perangkat pembelajaran yang terdiri dari RPP dan LKS terlihat lebih menarik dan membuat peserta didik kita lebih semangat dong. 


 
gambar ini memberikan ilustrasi tampilan template LKS di Canva
Tampilan Template LKS di Canva

            Canva bisa membantu mendesain RPP yang lebih menarik dan Lembar Kerja Siswa yang terlihat lebih modern. Banyak template yang disediakan bahkan ribuan, kamu pun tidak perlu menjadi seorang desainer handal untuk membuat RPP dan LKS tersebut, tinggal ubah dan sesuaikan saja sesuai dengan kebutuhan, namun hasilnya tetap terlihat menarik.


3. Mendesain Presentasi

            Biasanya kamu berapa lama sih membuat slide presentasi? Apa? Sampai berjam-jam? Nah, di Canva kamu gak perlu mendesain slide presentasi sampai berjam-jam dong, karena apa templatenya sudah tersedia, tinggal sesuaikan dengan kebutuhan, kamu pun bisa menyisipkan video dengan mudah, memberikan animasi bergerak pada slide dan lebih interaktif. Cobain deh!


4. Mendesain Video Pembelajaran

            

            Selama ini saya tidak pernah tahu bahwa saya bisa memanfaatkan Canva untuk membuat video pembelajaran. Norak sekali yey, setelah tahu saya langsung tidak menyia-nyiakan waktu untuk segera membuatnya. Biasanya saya menggunakan aplikasi edit video dan membutuhkan waktu satu hari untuk satu video, itu kalau saya pakai niat yang kuat, kalau setengah-setengah biasanya paling cepat 2 hari paling lambat 1 minggu. Tahun lalu saat awal pandemi saya terpaksa harus begadang agar video pembelajaran bisa siap untuk dikirim ke peserta didik.


            Namun sekarang saya tidak perlu begadang dan berhari-hari untuk menyelesaikan 1 video pembelajaran, hanya butuh 2 jam saja saya sudah bisa langsung upload ke youtube dan linknya bisa saya masukkan ke bahan ajar di Google Classroom. Canva menyediakan studio perekaman yang memudahkan kita dalam menjelaskan materi yang sudah dibuat. Bagi kamu yang kurang Pede untuk beraksi di depan kamera bisa banget menggunakan Canva ini. Bahkan dalam satu minggu saya bisa memproduksi 2 video pembelajaran dengan menggunakan Canva for Education. Keren kan? Bisa lihat contoh video pembelajaran saya di sini.



5. Mendesain Twibbon

 


            Ini yang lagi ramai nih. Kita bisa mendukung sesuatu atau mengkampanyekan sebuah topik dengan menggunakan twibbon. Saya pun sudah beberapa kali menggunakan twibbon untuk mengampanyekan atau memberikan informasi tentang sekolah saya. Pada saat PPDB kemarin saya meminta anak-anak baru untuk menggunakannya dan hasilnya mereka sangat tertarik dan bersemangat untuk memasang twibbon dengan foto mereka. Dengan Canva kamu bisa mendesain twibbon sesuai dengan keinginan dan menyebarkan ke sosial media.


Baca Juga : Pecinta Drakor wajib nyobain ini


            Nah, itulah 5 Manfaat Bergabung dengan Canva for Education. Bagi para tenaga pendidik yang ada di seluruh Indonesia wajib banget loh untuk bergabung, karena kapan lagi kita bisa meningkatkan diri untuk membuat pembelajaran daring yang menarik untuk peserta didik. Buruan, kita tidak pernah tahu kapan program Canva for Education ini akan berlangsung. Dijamin tidak akan menyesal jika sudah mendaftar, karena dengan mengupgrade diri, kita menginvestasikan masa depan dan pendidikan yang lebih baik untuk anak-anak didik kita. Meski dalam keterbatasan kita harus terus belajar agar tak terbatas dalam memberikan pendidikan terbaik untuk mereka. Semangat!

Mairoza HR
Eoseo Osibsio Selamat Datang di Blog Kapan Nulis, Oz? Dalam blog ini Sobat, Oz akan mendapatkan informasi tentang aneka Review, tips dan trik, tutorial dan beberapa pikiran receh saya lainnya. Saya adalah seorang Ibu Rumah tangga yang nyambi jadi Guru Bahasa Inggris, blogger dan soon to be a youtuber. Ingin Kerjasama? Silahkan kontak email saya ya...

Related Posts

6 komentar

  1. Aku juga pake canva edukasi mba hehehe.
    Apakah kita samaan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waaahh... Ngajar juga ya mbak? Dimana? Seru ya pake Canva

      Hapus
  2. Sejak mengikuti blogspedia coaching, saya jadi sering otak-atik Canva. Makasih banyak ya review nya kak. Sangat bermanfaat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siap2 sama2 Dok, Terima kasih sudah mampir.

      Hapus
  3. Canva memberikan terobosan selama pandemi. Awalnya cuma coba-coba. Karena suatu hal dan tuntutan pekerjaan, pas juga tidak bawa laptop. Akhirnya desain dengan Canva free. Kalau Canva for wducation baru tahu :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, kren 👍, Canva for Edunya dicoba pak, bisa cari nama komunitas itu dicanva dan coba gabung deh... Biar bisa lebih lagi explorenya

      Hapus

Posting Komentar