header kapan nulis oz

Idul Adha Tiba

Konten [Tampil]

 5 Kegiatan spesial Idul Adha yang gak boleh dilewatkan!

Wah, besok sudah Lebaran Idul Adha ya... Sobat Oz sudah menyiapkan apa saja untuk besok? Sobat Oz Tau gak sih, ada 5 kegiatan spesial Idul Adha yang gak boleh dilewatkan di daerah Bungo loh, khususnya di desa Rantau Ikil! Mau tau apa saja? Baca selengkapnya di Kapan Nulis, Oz?


            Hari raya Idul Adha selalu diidentikkan dengan hari raya orang-orang yang sedang menunaikan ibadah haji. Namun sayangnya sudah hampir 2 tahun keberangkatan haji ditunda karena pandemi covid yang muncul di awal tahun 2020 di Indonesia. Meskipun tahun ini tak ada yang menunaikan ibadah haji atau umroh ke mekah, dikarenakan situasi masih pandemi semangat untuk merayakan Idul adha dan berkurban harus selalu tinggi. Walaupun tahun ini belum dimampukan untuk berangkat haji, umroh dan berkurban, semoga tahun depan saya dan Sobat Oz, dicukupkan rezeki untuk melaksanakannya yaa... aminn... 


            Dalam menyambut dan merayakan hari raya Idul Adha di berbagai daerah pasti berbeda-beda, begitu pun di daerah tempat tinggal saya, ada 5 kegiatan spesial Idul Adha yang selalu dilakukan dalam menyambut dan merayakan hari sepesial ini.


1. Membuat lemang

gambar ini memberikan ilustrasi bakar lemang
Sumber Foto: http://faryieds.blogspot.com/2012/07/bakar-lemang-kepenatan.html


            Dalam menyambut hari raya Idul Adha biasanya warga di daerah saya membuat lemang. Lemang adalah makanan dari beras ketan yang dimasak dalam seruas bambu. Cara memasaknya mungkin terlihat mudah namun pada kenyataannya membutuhkan latihan dan pengalaman yang mumpuni untuk dapat menghasilkan lemang yang pas dan nikmat. Jika terlalu masak maka lemang akan keras dan jika kurang matang maka lemang tidak bisa dimakan karena masih setengah masak dan setengah mentah. Lemang yang dimasak dengan seruas bambu sebelumnya digulung dengan selembar daun pisang. Gulungan daun bambu diberi beras ketan yang dicampur santan kelapa kemudian dibakar sampai matang. Kalau di daerah saya Lemang ini sangat nikmat bila disantap dengan srikaya buatan sendiri.


            Uniknya di daerah saya masih tertanam kebiasaan gotong royong di masyarakatnya, Kegiatan membuat lemang ini bisa dilakukan beramai-ramai dalam satu RT loh. Jadi para warga bergotong royong mengambil bambu, daun pisang, membuat pembakaran lemang, lalu meramu dan meracik bambu dengan bahan-bahan yang sudah saya sebutkan diatas. Setelah bahan siap maka para warga akan membakar lemang secara bersama-sama, sambil menunggu lemang matang maka para warga akan bercengkrama. Setelah matang maka lemang-lemang tersebut akan dibagi-bagikan kepada warga yang turut gotong royong.



Baca Juga : 5 Manfaat bergabung dengan Canva for Edu

2. Membuat Joda (dodol)

gambar ini memberikan ilustrasi pembuatan joda
Sumber foto: 
https://www.kompasiana.com/image/aminpahmi/5951dbfde8173e08cc5b5352/terpopuler.html?page=2


            Selain membuat lemang, warga do daerah saya juga membuat Joda. Joda adalah kue atau makanan sejenis dodol, namun lebih legit dari dodol. Memasak joda merupakan sebuah kebiasaan yang biasa dilakukan saat menyambut hari raya Idul Adha. Memasak Joda biasanya dilakukan beramai-ramai dengan sanak keluarga atau dengan tetangga. Joda biasanya dimasak dalam konca (Kuali Besar), untuk mengaduk Joda ini juga membutuhkan tenaga yang besar sehingga seringkali membutuhkan tiga atau empat orang untuk mengaduk joda sampai matang.



3. Arisan Sapi Kurban

gambar ini memberikan ilustrasi arisan sapi kurban
Arisan sapi kurban



            Berkurban biasanya dilakukan oleh orang-orang yang mampu, nah bagaimana dengan orang-orang yang hidupnya pas-pasan atau kurang mampu? Di daerah kami ada namanya arisan sapi kurban. Jadi jauh-jauh hari sebelum hari raya Idul Adha para warga akan membuat arisan sapi kurban, dan menentukan nominal uang yang harus mereka setorkan agar pada saat hari raya uang terkumpul dan bisa membeli seekor atau lebih sapi untuk dikurbankan.


            Sistemnya sama seperti menabung ya Sobat Oz, menabung sedikit demi sedikit hingga pada hari raya Idul Adha bisa juga merasakan berkurban dan berbagi kebahagiaan kepada mereka yang kurang mampu.



Baca Juga : Fakta tentang vitamin D yang mengejutkan!

4. Menonton Potong Sapi sambil ikut lomba hiburan

gambar ini memberikan ilustrasi sambil menunggu potong sapi kurban bisa sambil ikut lomba hiburan
Sambil menyelam minum air, dari pada bosan menunggu mending ikut lomba hiburan, ye kan?


            Kegiatan yang tak kalah menarik adalah warga di daerah saya biasanya akan berkumpul di setiap mushola, masjid atau lapangan yang dijadikan tempat untuk potong sapi kurban. Nah, proses pemotongan itu biasanya memakan waktu yang cukup lama, dari menggiring sapi dari kandang ke tempat pemotongan sapi kurban, belum lagi kalau sapinya ngambek atau lagi badmood biasanya panitia harus bersusah payah mengejar sapi yang lagi ngambek itu. Setelah berhasil menguber, sapi digiring ke lapangan dan diikat kedua kakinya. Nah, proses mengikat kaki juga membutuhkan waktu, strategi dan teknik yang mumpuni loh. Kalau tidak bisa-bisa kita ditendang sama sapi yang tidak mau diikat secara pakasa.


            Setelah berhasil diikat kedua pasang kakinya, si sapi akan ditidurkan di atas tanah dan proses pemotongan dilakukan oleh pak ustadz, sisanya barulah panitia memotong bagian-bagian tubuh si sapi, ditimbang sama berat, dimasukkan kedalam plastik lalu didistribusikan kepada warga sekitar.


            Wuih ... lama ya prosesnya. Supaya tidak bosan menunggu maka panitia juga menyiapkan beberapa lomba hiburan yang disediakan untuk anak-anak, remaja, bapak-bapak dan juga emak-emak. Namanya juga lomba hiburan, tentu hadiahnya juga hiburan, ada ember, gayung, minyak sayur, sabun cuci dan lain-lain. Seru ya!



5. Makan daging kurban bersama

gambar ini memberikan ilustrasi makan daging kurban bersama keluarga
berkumpul bersama keluarga di hari raya idul adha


            Nah, kegiatan terakhir saya jamin tidak hanya ada di daerah saya saja nih sepertinya. Pasti di setiap daerah melakukan kegiatan ini, yaps Makan daging kurban bersama. Setelah semua warga mendapatkan jatah daging kurban, maka yang akan dilakukan setiap warga adalah mengolahnya untuk dimakan bersama keluarga tercinta. Ada yang membuat sate, gulai, rendang, malbi, sop dan masih banyak lagi. Menikmati daging kurban memang lebih nikmat jika bersama dengan keluarga tercinta ya kan? Aduh, jadi gak sabar nih menunggu hari raya Idul Adha besok.



Baca Juga : Cara mengatasi Insecure dengan lagu

            Nah, Sobat Oz, itulah 5 kegiatan spesial Idul Adha yang gak boleh dilewatkan tahun ini. Meskipun masih disituasi pandemi covid-19 semoga tidak mengurangi tali silaturahmi kita minimal kepada tetangga ya. Tetap patuhi protokol kesehatan, memakai masker dan rajin mencuci tangan. Banyak-banyak berdoa kepada sang Khalik semoga kita bisa kuat menghadapi ujian ini. Tetap sehat, semangat dan Bahagia. Salam tebar manfaat.


Mairoza HR
Eoseo Osibsio Selamat Datang di Blog Kapan Nulis, Oz? Dalam blog ini Sobat, Oz akan mendapatkan informasi tentang aneka Review, tips dan trik, tutorial dan beberapa pikiran receh saya lainnya. Saya adalah seorang Ibu Rumah tangga yang nyambi jadi Guru Bahasa Inggris, blogger dan soon to be a youtuber. Ingin Kerjasama? Silahkan kontak email saya ya...

Related Posts

Posting Komentar