header kapan nulis oz

Tips Blogger Pemula Naik Level dengan Materi Blogging; Passion, Skill and Concistency

2 komentar
Konten [Tampil]

  

Gambar ini memberikan ilustrasi yang mengajak pemula untuk memulai blogging harus memiliki passion, skill dan consistency
Kapan Nulis, Oz? : Tips Nge-blog


   Hello thinkers … apa kabarnya nih? Wah, sudah beberapa pekan saya membolos menulis nih. Beberapa pekerjaan menumpuk sehingga banyak hal yang harus ditinggalkan. Maafkan daku karena masih belum bisa konsisten dalam menulis, mudah-mudahan dengan mengikuti Blog Coaching yang diadakan oleh blogspedia bisa melatih diri ini agar konsisten dalam menulis serta berbagi manfaat.


Nah, kali ini saya ingin membuat rangkuman tentang materi yang telah diberikan di kelas Blog Coaching. Mau tau materi kece apa saja yang akan diberikan selama tiga bulan kedepan? Mari kita langsung saja ke TKP. #Eaaaaaaa ….


Dalam tiga bulan ke depan kami peserta Blog Coaching akan mengenal bagaimana mengelola blog. Ada tiga hal penting yang harus dipelajari dalam mengelola blog yaitu passion, skill dan consistency.


Untuk mengelola blog harus memiliki passion, niat untuk menulis itu apa? Apakah untuk menyalurkan hobi, berbagi kisah, self-healing, karena pekerjaan, tugas sekolah atau portofolio? Passion ini seperti sebuah nyawa, memberikan makna pada tulisan dalam blog. 


Setelah memiliki passion, maka hal yang perlu dilakukan dalam mengelola blog adalah skill. Skill dalam mengelola blog diantaranya adalah memilih template yang bagus. Template yang bagus akan memberikan kenyamanan kepada pembaca dalam membaca tulisan di dalam blog serta kita dapat menyampaikan pesan dari tulisan dengan baik. Bayangkan saja jika warna tulisan dengan background tulisannya warnanya tidak sesuai maka akan membuat pembaca pusing dalam membacanya, kemudian terlalu banyak warna yang dipadukan dalam blog akan membuat pembaca juga kurang nyaman. Selain itu kita juga harus menguasai skill bagaimana konsisten dalam mengelola blog, di antaranya adalah membuat jadwal kapan menulis, kapan posting, serta menentukan konten tulisan.


Di dalam materi yang berjudul Blogging; Passion, Skill and Consistency ada 6 tips yang diberikan;


  1. Fokus 

Untuk menulis kita harus fokus, pertama pilih salah satu platform yang akan digunakan untuk blogging, fokus pada satu platform pilih yang paling nyaman dengan diri kita. Kemudian fokuskan blog akan menulis tentang tema apa? atau banyak tema asalkan fokus. Setelah memilih platform untuk menulis kenali lebih dalam fitur-fitur yang ada di platform tersebut agar blog dan tulisan kita semakin menarik untuk dibaca. Intinya fokus, seperti aku yang fokus meniti masa depan bersama kamu, aw, aw, aw…..


  1. Know what to do and do what you know

Nah, pada tips kedua kita wajib tahu mau nulis apa? Hal ini bisa menghindarkan dari yang namanya stuck/gak ada ide. Mencari ide itu tidak juga harus sebelum menulis, tetapi bisa saat waktu senggang, ketika ada ide langsung dicatat di notes handphone atau direkam juga bisa. Nanti ketika ada waktu luang di pecah lagi idenya menjadi sub bagian. setelah jadi tulisan, endapkan, edit baru diposting.


Akan tetapi terkadang semangat untuk blogging pasti pasang surut, ketika sedang surut kita bisa memanfaatkan kegiatan blogwalking, yaitu kegiatan mengunjungi blogger-blogger lainnya karena selain bisa menambah semangat juga bisa belajar dengan kosa kata baru, mendapatkan ide baru juga desain template blog yang kece-kece.


  1. Jangan jadikan uang sebagai tujuan utama

Zaman sekarang jika kita mendengar kata blogger maka yang terlintas adalah bisa menghasilkan uang. Ya gak sih? Memang, ada banyak peluang yang bisa diperoleh dari menjadi seorang blogger; di antaranya placement content, job review (Product, event, service), buzzing, blog competition, adsense dan pemasangan banner. Menarik bukan? Lalu bagaimana cara agar mendapat peluang dari blog? Yang pasti usia blog minimal 6 bulan, sudah TLD (Top Level Domain), sudah ada postingan minimal 30, Nilai blog baik dan aktif di sosial media. Akan tetapi seperti pada judul tips ini jangan jadikan uang sebagai tujuan utama, lalu apa yang sih yang paling utama? Hal yang paling penting dan utama adalah kamu menulis dengan happy dan tanpa paksaan atau beban, ya gak sih? Kalau yang nulis happy, yang bacanya juga ikutan happy. Setuju kan...


  1. Learn under fire

Rencanakan apa saja yang akan dituliskan, jangan langsung menulis. Kita harus memikirkan rencana membuat jadwal pembuatan konten apakah harian/mingguan/bulanan, lalu catat tema dan referensi bisa dalam bentuk spreadsheet, canva atau notes.


  1. Build your personal branding

Untuk membangun personal kita harus mengelola sosial media dengan postingan yang positif karena tidak banyak juga klien rekanan blog yang tidak hanya menilai kualitas blognya saja akan tetapi sosial medianya juga. Kemudian jangan kunci medsos, perhatikan juga jumlah follower dan engagement sosial media, yang terakhir memilih niche juga baik untuk membangun personal branding.

 

  1. Consistency 

Tips yang terakhir adalah Consistency; satu kata yang cukup berat dan masih terseok-seok dalam mengaplikasikannya. Bagi blog yang baru usahakan mengupdate atau posting tulisan setiap hari, nanti jika sudah mulai terkenal baru frekuensinya kita turunkan menjadi seminggu sekali atau seminggu dua kali, asalkan jangan sampai dalam sebulan tidak ada sama sekali postingan ya.


Itulah sekilas resume mengenai materi yang sudah disampaikan di kelas dan beberapa tips yang mudah-mudahan bisa kami praktekkan. Semoga bermanfaat. Salam Tebar Manfaar.


Mairoza HR
Eoseo Osibsio Selamat Datang di Blog Kapan Nulis, Oz? Dalam blog ini Sobat, Oz akan mendapatkan informasi tentang aneka Review, tips dan trik, tutorial dan beberapa pikiran receh saya lainnya. Saya adalah seorang Ibu Rumah tangga yang nyambi jadi Guru Bahasa Inggris, blogger dan soon to be a youtuber. Ingin Kerjasama? Silahkan kontak email saya ya...

Related Posts

2 komentar

Posting Komentar