header kapan nulis oz

Atasi insecure dengan lagu dari Fiersa besari

Konten [Tampil]

  Atasi Insecure dengan Sebuah Lagu

A Preview of Pelukku untuk Pelikmu - Fiersa Besari

 

gambar ini memberikan ilustrasi tinjauan lagu pelukku untuk pelikmu
Kapan Nulis, Oz? : Pelukku untuk Pelikmu

        Teman-teman tahu tidak, kalau sebuah lagu bisa mengatasi rasa insecure, loh? Mau tahu lagunya apa? Lagu itu adalah Pelukku untuk Pelikmu yang ditulis dan dinyayikan oleh Fiersa-Besari. Gimana sudah mulai penasaran? Lanjut baca tulisan ini ya! Oiya, masih semangat kan bloggingnya? Kalau mulai kendor, yuk baca lagi temukan alasan blogging ini supaya semangat lagi!

        

        Lagu Pelukku untuk pelikmu dirilis pada tahun 2019 dengan genre pop, Selain itu lagu ini juga dijadikan sebuah Original Soundtrack Film Imperfect: Karier, Cinta dan Timbangan yang disutradarai Ernest Prakasa yang berdasarkan Novel karangan istrinya sendiri, Meira Anastasia dengan judul Imperfect: A Journey to Self-Acceptance.

        

        Sudah pernah menonton video musik Pelukku untuk Pelikmu? Bagi yang belum boleh langsung ditonton ya, kalau sudah pernah boleh juga kok ditonton ulang, sambil mendengarkan lagunya boleh lah dinyanyikan, saya sudah menyiapkan lirik Pelukku untuk Pelikmu. Yuk nyanyi bareng-bareng. 

 


            Gimana? Teman-teman setuju, kan kalau lagu ini easy-listening banget. Pertama kali saya mendengarkan lagu ini langsung suka, apa teman-teman juga langsung suka sama lagu ini? Selain itu kalau kita perhatikan, liriknya penuh makna namun ditulis dengan bahasa yang ringan, jadi mudah dimengerti. Tema dari lagu ini juga merupakan hal-hal yang dekat dengan perasaan kita yaitu perasaan insecure yang tentunya pernah kita rasakan.


Insecure dan cara mengatasinya

 

gambar ini memberikan ilustrasi poin-poin yang bisa dilakukan untuk mengatasi rasa insecure
Kapan Nulis, Oz? : Insecure dan cara mengatasinya

1. Apa itu Insecure?

    Insecure adalah perasaan tidak aman yang dirasakan seseorang seperti merasa tidak percaya diri, ragu, merasa apa yang kita kerjakan tidak maksimal, merasa gemuk, jelek, membosankan, menyebalkan, garing atau tidak rupawan? Merasa tidak berhak untuk disayangi oleh orang lain, merasa bahwa orang lain tidak peduli dan akan meninggalkan kita? Jika ada beberapa fakta di atas yang teman-teman rasakan saat ini, berarti ada kemungkinan teman-teman memiliki perasaan tidak aman. Apa sih penyebab kita sering merasa tidak aman? Dan siapa saja yang bisa mengalami perasaan ini? Mari kita cari tahu.


2. Siapa yang bisa mengalami perasaan insecure?


    Sebelum dilanjut, disini kita tidak boleh mengklaim bahwa hanya wanita saja yang bisa mengalami perasaan insecure ya, karena pria juga memiliki kemungkinan untuk mengalami perasaan insecure hanya saja pria tidak terlalu menunjukkannya. 

    

    Bagi yang sudah berumah tangga, pekerjaan, perbedaan strata dan gaji antara suami istri bisa menjadi pemicu perasaan insecure. Bahkan persoalan anak juga bisa menjadi alasan untuk merasa insecure seperti seorang ibu yang merasa tidak becus dalam mengurus anak, akhirnya berujung dengan menyalahkan diri-sendiri, suami yang menganggap sudah gagal menjadi kepala rumah tangga dan ayah yang baik maka akan berujung dengan menyibukkan diri dengan pekerjaan lalu mengacuhkan keluarga.

    

    Kemudian sebagai seorang anak, karena dibandingkan dengan kakak beradik dan merasa menjadi pecundang akhirnya berujung dengan menjauhkan diri dan menutup diri dari keluarga, bahayanya lagi bisa berujung dengan mengonsumsi barang terlarang. Naudzubillahiminzalik! Mudah-mudahan kita dan keluarga kita terhindar dari hal-hal yang merusak diri kita sendiri ya teman-teman. Amiin ...

    

3. Apa penyebab sering merasa insecure?


    Penyebab perasaan insecure ini ada dua jenis; Faktor Luar (Eksternal) dan faktor dalam (Internal). Faktor luar biasanya dipicu oleh orang lain serta lingkungan.

     Faktor luar terdiri dari:

    a. Perlakuan overprotective dari orang tua dan pasangan, perlakuan ini seperti terlalu melarang pasangan bergaul atau berteman dengan siapa. Sering membanding-bandingkan perlakuan orang tua dan mertua, tidak menghargai suami sebagai kepala rumah tangga yang akhirnya bisa mengakibatkan rasa insecure diri suami.

    

    b. Perlakuan dibanding-bandingkan dengan orang lain, kegagalan dan tekanan dari orang tua. Pernah melihat atau merasakan perlakuan ini? perlakuan ini bisa menjadi pemicu perasaan insecure, karena tidak semua anak itu sama. Setiap anak memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Sebagai orang tua harusnya bisa memahami hal tersebut. Semoga kita bisa menjadi orang tua yang bijak kelak ya. Agar anak-anak kita bisa tumbuh menjadi pribadi yang percaya diri dan menghargai kelebihan dan kekurangannya.

    

    c. Penolakan dari orang lain, seperti penolakan lamaran pekerjaan dan penolakan pernyataan cinta.

    

    d. Trauma masa lalu, seperti pernah di bully karena gendut atau di cap jelek, pendek dll.

 Faktor dalam terdiri dari:

    

    a. Perasaan kesepian, perasaan ini muncul ketika di bully atau diejek-ejek sehingga merasa tak ada yang mau berteman dengan kita.

    

    b. Tidak percaya dengan diri sendiri, perasaan ini bisa muncul dari diri sendiri, karena merasa berbeda dengan yang lain, tidak rupawan atau bertubuh gemuk maka perasaan ini bisa membuat kita merasa insecure.


4. Bagaimana cara mengatasi Insecure dengan lagu?

    Akhirnya kita sampai juga dengan cara mengatasi Insecure dengan lagu dari Pelukku untuk pelikmu - Fiersa Besari.

    

    a. Bangun rasa percaya dan terbuka pada pasangan/keluarga

   

gambar ini memberikan ilustrasi pada lirik tentang percaya dan terbuka
Kapan Nulis Oz?: Percaya dan Terbuka


    Pada lirik di atas Fiersa membuka lagunya dengan bait "Sandarkan lelahmu dan ceritakan, tentang apapun aku mendengarkan, jangan pernah kau sendiri, tengoklah aku yang tak pernah pergi", dari lirik ini mengisyaratkan bahwa kita harus membangun kepercayaan pada pasangan /keluarga kita. Jangan dipendam jika kita memiliki masalah, jika bukan pasangan/ keluarga pada siapa kita berbagi? Jangan sampai Sosial Media menjadi tempatmu berlabuh untuk menceritakan keluh kesahmu. Meskipun jika nanti belum bisa menemukan solusi, setidaknya kita bisa merasa lega dan tahu bahwa pasangan/keluarga akan selalu ada di sisi dan membela kita.

    

    b. Jujur pada diri sendiri, pasangan/keluarga

gambar ini memberikan ilustrasi pada lirik tentang jujur pada diri sendiri
Kapan Nulis, Oz?: Jujur pada diri sendiri

       

    Pada lirik selanjutnya Fiersa melanjutkan dengan bait "Kadang kala tak mengapa untuk tak baik-baik saja, kita hanyalah manusia wajar jika tak sempurna", jika kita pahami lirik ini mengajak kita untuk jujur pada diri sendiri, pasangan/keluarga. Tak ada yang sempurna di dunia ini, kita boleh salah boleh terluka boleh menangis dan boleh salah. Tak ada yang akan menyalahkan kita atas semua itu, karena yang paling penting adalah apa yang harus kita lakukan ketika kita terluka dan terjatuh, yaitu harus bangkit kembali. Jika tidak bisa bangkit sendiri, jujurlah pada pasangan/keluarga bahwa kita butuh mereka. Ingat, mereka akan selalu ada untuk kita seperti yang saya katakan sebelumnya.

    

    c. Jadi diri sendiri

        

 

gambar ini memberikan ilustrasi pada lirik untuk jadi diri sendiri
Kapan Nulis, Oz?: Jadi diri sendiri

    Lirik ini adalah inti dari lagu Pelukku untuk pelikmu, yaitu "Kau berkata dunia sedang tak ramah, Ya bukan berarti kau mesti berubah, Jadi seseorang yang tak kau ingin, Yang menatapmu asing dari cermin". Makna dari lirik ini sungguh dalam, yaitu jadi diri sendiri, kita hidup tidak untuk menyenangkan hati orang lain. Jika ingin berubah dan kita nyaman silahkan, tapi jika tidak nyaman maka berhenti menjadi orang lain yang tidak kita suka. Jadilah diri sendiri walau orang lain tidak suka, tapi kita bahagia. Selama tidak mengganggu kehidupan orang lain, jalani hidup kita apa adanya dan terus menginspirasi seperti teman baru saja Mbak Lupi Setuju ya teman-teman.

    

    d. Selalu Bersyukur


gambar ini memberikan ilustrasi pada lirik untuk selalu bersyukur
Kapan Nulis, Oz?: Selalu bersyukur


    Cara mengatasi insecure yang terakhir dari lagu ini terdapat pada lirik di atas yaitu, "Saat kau merasa gundah, lihat hatimu percayalah, segala sesuatu yang pelik, bisa diringankan dengan peluk, kita perlu merasa kecewa untuk tahu bahagia, bukankah luka menjadikan kita saling menguatkan". Selalu bersyukur adalah hal yang utama. Bersyukurlah karena pernah mengalami hal yang bisa mendewasakan kita, menjadikan kita menjadi sosok yang lebih baik lagi dari sebelumnya. Tak apa jika pernah terluka karena luka itu membuat kita menjadi semakin kuat. Bersyukurlah karena memiliki orang-orang yang menyayangi kita. Terus bersyukur agar nikmat bertambah dan semakin bahagia.

 

    Nah, bagaimana teman-teman? Sudah percayakan kalau lagu Pelukku untuk pelikmu bisa mengatasi rasa insecure. Mulai dari sekarang buang jauh-jauh perasaan insecure tersebut dan jalani hidup dengan kepercayaan, berani untuk jujur pada diri sendiri, tunjukkan bahwa kita bangga dan lebih bahagia menjadi diri sendiri dan selalu bersyukur atas apa yang telah kita peroleh hari ini, esok dan seterusnya. Stay happy ya teman-teman. Eits, lagunya sering-sering diputar ya supaya membuat perasaan kita semakin semangat. Salam tebar manfaat.

        

Mairoza HR
Eoseo Osibsio Selamat Datang di Blog Kapan Nulis, Oz? Dalam blog ini Sobat, Oz akan mendapatkan informasi tentang aneka Review, tips dan trik, tutorial dan beberapa pikiran receh saya lainnya. Saya adalah seorang Ibu Rumah tangga yang nyambi jadi Guru Bahasa Inggris, blogger dan soon to be a youtuber. Ingin Kerjasama? Silahkan kontak email saya ya...

Related Posts

19 komentar

  1. Mbak ini bikin aku ngaca banget. Jangan sampai aku bikin anak2ku jadi insecure. Kalau dr faktor2nya tadi aku masih sering overprotective ke anak2. Hmmm...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semua orang tua pasti menginginkan yang terbaik ya mbak lupi untuk anak2 nya. Terkadang orang tua selalu menganggap anak kita belum bisa, namun percayalah, sekali saja kita kasih kepercayaan kita pasti akan merasa bangga pada mereka. Semangat mbaaakkkk....

      Hapus
  2. " jadi diri sendiri, kita hidup tidak untuk menyenangkan hati orang lain".

    Mbak aku setuju banget nih dengan kalimat ini, kita tidak perlu memaksa agar orang lain menyukai kita.

    Mendengarkan lagu Bung fiersa besari ini pentingnya kita banyak bersyukur no insecure

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya betul mbak... Aku juga pernah merasa seperti itu. Jadi diri sendiri itu lebih happy kan ya.

      Hapus
  3. Jujur oada diri sendiri...pas di oirik ini aku keinget drakor its oke not to be oke.

    Aku merasakan bagaiamana lagu ini bisa ngena banget ya.
    Krisis mental dan perasaan minder pada diri seseorang dan lelahnya dg tuntutan2 membuat kita malah capek sendiri ya.


    Layaklah bung fiersa ini banyak penggemarnya karena bahasanya mudah diterima dan kekinian banget.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju kak, kadang kita suka bilang, ah bisa kok, tapi kenyataannya kita h@nya menipu diri sendiri...

      Hapus
  4. Banayk sekali ya faktor penyebab insecure baik dari internal maupun eksternal. Jadi perlu ngaca nih biar tahu apa yang dominan yang membuat diri ini insecure.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul Kak, tanpa sadar mungkin kita pernah merasakan insecure

      Hapus
  5. Jadi ingat bahwa sentuhan berupa pelukan dari orang terkasih entah itu suami, ibu, ayah, adik, kakak, akan memberikan energi positif di saat kita sedang negatif. Ah jadi pengin meluk orang-orang yang butuh dipeluk, yang hari-harinya berat, yang hidupnya tertawa padahal hatinya nangis. Karena lagi corona juga, cuma bisa memeluk lewat doa, semoga lekas pulih dari peliknya.
    Semangat terus Kak Mairoza, aku suka banget template dan perpaduan warnanya yg dinamis tapi tetep manis :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. alhamdulillah, makasih kak... benar... semoga kita semua kuat ya kak. semangat terus.

      Hapus
  6. Makasih sudah berbagi lagu ini, sangat besar efeknya salam memberi semangat. Bunda jarang dengar lagu kekinian, jadi sangat senang sekali diberi wawasan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama bun, alhamdulillah jika bermanfaat. terima kasih sudah mampir ya bund

      Hapus
  7. Apa cuma aku yg ga pernah denger lagunya fiersa besari? Nyari temen nih..
    Tpi aku suka ma quote² nya di twitter, hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba dengerin kak, siapa tau suka. iya quotesnya fiersa besari mengena sekali ya.

      Hapus
  8. Ini lagu favoritkuuu hhahahaha saat lagi down atau lagi insecure maupun overthingking aku selalu dengerin iini. Sampe kadang sedih sendiri hehe. memang lagu itu mewakili perasaan sih. lagu lagi fiersa juga keren-keren ya, dari hati bikinnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju kak. semngat ya kak... terima kasih sudah mampir ya kak.

      Hapus
  9. beutiful lirik, beautiful ulasan Mbak. duh pinter banget sih ambil kesimpulan dari setiap bait liriknya.... hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah... terma kasih kak... masih belajar kok. hiihi.... terima kasih sudah mampir.

      Hapus
  10. rumah murah sidoarjo perumahan murah sidoarjo tempat nya sangat strategis

    BalasHapus

Posting Komentar