header kapan nulis oz

Mau Blogging? Persiapkan dengan matang!

3 komentar
Konten [Tampil]


Bagi teman-teman yang mau serius untuk mulai blogging sebaiknya persiapkan dengan matang, karena menjadi blogger bisa dibilang susah-susah gampang. Jika persiapannya tidak matang, maka semangat bisa menurun dan bubar di tengah jalan. Salah satu persiapannya adalah dengan sering-sering membaca artikel tentang blogging atau mengikuti kelas pendampingan blogging seperti yang saya lakukan kali ini, yaitu mengikuti kelas pendampingan blogging untuk pemula (Blogspedia Coaching for Newbie) bersama Blogspedia.


Setelah didampingi selama hampir dua minggu oleh coach Marita, sampailah saya pada sebuah awal untuk benar-benar serius mengurusi blog, karena jujur selama ini kegiatan tulis-menulis di blog hanya sebatas ingin saja, dan ketika tidak ingin atau terbentur sesuatu saya akan dengan tanpa rasa bersalah melupakannya. Ada yang sama dengan saya? Berarti teman-teman dan saya perlu merencanakan blog impian kita bersama-sama. Apa saja yang diperlukan? Mari kita bahas satu-persatu.


  1. Memilih Niche blog


Sebagai langkah awal saya akan memilih Niche blog yang akan membersamai saya kedepannya, Niche merupakan ruh dari sebuah blog. Blog ini akan membahas tentang tema apa? Apakah fokus pada satu tema saja, seperti parenting, pendidikan, kecantikan, Kulineran dll. Ada juga Lifestyle Niche yang tidak menuntut harus membahas satu tetapi bermacam Niche seperti ada tutorial, aneka tips, parenting, OOTD dll. semua menjadi satu dalam satu blog.


Jika harus memilih Niche apa yang akan saya pilih untuk blog saya, maka untuk saat ini saya masih nyaman dengan lifestyle Niche, yaitu Blog dengan tema postingan beraneka ragam. Selain idenya bisa muncul dari apa saja, juga saya lebih menikmati menulis sesuai dengan yang saya suka. Apakah ada kemungkinan saya akan membuat blog dengan satu Niche saja? Tentu ada, tapi sekarang kita belajar dulu setelah paham baru kita buka cabang!


  1. Judul Blog


Sebuah blog lazimnya memiliki sebuah judul, Judul ini mencerminkan tulisan-tulisan dalam blog akan seperti apa, berhubung saya ingin blog ini sebagai pengingat untuk menulis dan tulisannya akan berkaitan dengan pemikiran pribadi dan receh tentang hal-hal yang saya rasakan maka setelah memikirkan dengan matang judul blog saya adalah “Kapan Nulis, Oz? ~ A Lifestyle Blog of Oz~” 


  1. Tag line


Agar blog saya mudah diingat oleh para reader maka saya harus menyiapkan tag line yang mencerminkan isi blog dan yang pasti “gue banget”. Maka saya akan memberikan tag lineMe and my cheesy thought” alasannya sederhana, saya hanya ingin membagikan pikiran receh tentang hal-hal yang saya rasakan dan alami. Mudah-mudahan pembaca pun bisa merasakan hal yang sama dengan kisah yang saya bagikan. 


  1. Meta Deskripsi


Hayo, ada yang tahu apa itu Meta Deskripsi? Sama, saya juga baru pertama kali mendengarnya ketika mengikuti kelas pendampingan blog bersama Blogspedia ini. Menurut coach Marita Meta deskripsi berfungsi untuk membantu pencarian google terhadap blog kita. Nah, saya akan coba berikan meta deskripsi blog saya, “A lifestyle blog that talks about the apps, drama, book, video, & activities she's in love with. Her dream's to be an inspiring professional blogger".


Yaps, berhubung blog ini memiliki tema random maka akan banyak hal yang akan saya tuangkan dalam blog ini. Jadi saya rasa meta deskripsi tersebut cocok dengan kepribadian saya yang senang dengan aplikasi edit foto dan video, baca buku, nonton drama dan kegiatan yang sedang saya sukai. Saya berharap saya bisa menjadi seorang blogger profesional yang menginspirasi dengan tulisan dan hasil karya saya, Aminnn...


  1. Logo


Untuk melengkapi identitas blog saya maka diperlukan sebuah logo yang juga berfungsi untuk membangun branding blog ini, semoga eye-catching ya logo yang saya buat ini.

 
Logo Gambar ini memberikan ilustrasi pada blog Kapan Nulis, Oz? A Lifestyle Blog of Oz
Logo Kapan Nulis, Oz? A Lifestyle Blog of Oz

    Logo yang  dibuat dengan aplikasi Canva ini didesain sesederhana mungkin, terdiri dari elemen sosok wanita yang sedang menulis dan kalimat "Kapan Nulis, Oz? A Lifestyle Blog of Oz" di bagian bawah gambarnya. Makna dari logo ini cukup sederhana menurut saya yaitu sebagai pengingat. Seorang wanita yang sedang menulis, ditambah dengan judul blog dengan bentuk kalimat tanya, membuat logo itu semakin kuat menjadi pengingat bagi saya untuk menulis. Untuk pilihan warnanya perpaduan antara warna krem, coklat, hijau dan kuning memberikan kesan tenang. Ketika kita akan menulis tentunya kita membutuhkan suasana yang tenang supaya bisa fokus dalam menulis. 



  1. Header


Infografis yang tak kalah penting untuk membangun branding blog saya adalah Header. Menurut saya Header memiliki peran yang cukup penting dalam memberikan informasi kepada pembaca, karena melalui header tanpa perlu membaca isi blog pembaca bisa mengetahui seperti apa tulisan yang ada dalam blog kita. Maka dalam membuat header tidak boleh dianggap sepele, juga tidak perlu heboh juga sih. Disesuaikan dengan karakteristik blognya juga, karena semuanya akan saling berkaitan, antara judul, tag line dan meta deskripsi.


Gambar Header ini memberikan ilustrasi pada Kapan Nulis, Oz? A Lifestyle Blog of Oz
Header Kapan Nulis, Oz? A Lifestyle Blog of Oz


Saya juga membuat desain header ini dengan aplikasi Canva, pada header ini terdiri dari lima elemen penting, yang pertama logo blog, yang kedua judul blog “Kapan Nulis, Oz? A Lifestyle Blog of Oz”, yang ketiga tagline blog “Me and my cheesy thought, yang keempat Meta Deskripsi yaitu “A lifestyle blog that talks about the apps, drama, book, video & activities she's in love with. Her dream's to be an inspiring professional blogger”, dan yang kelima gambar background seseorang dengan laptop dan segelas minuman yang menemani proses blogging.



  1. Label/Kategori yang akan ada dalam blog

          

            Sebelumnya saya sudah membuat beberapa label/kategori dalam blog saya. Awalnya saya kira label itu bisa dibuat sesuka hati, sebanyak mungkin supaya bisa di notice sama Google,  juga semakin banyak label maka semakin mudah ditemukan dalam pencarian Google. Ternyata gak gitu konsepnya mbambank… 


         Setelah mendapatkan ilmu dari coach Maria saya menyadari, label/kategori tidak perlu banyak tapi khas dan mencerminkan isi blog dan postingan. Semuanya saling berkaitan, setiap elemen memberikan pemaknaan tentang blog kita. Maka dari itu saya akan mencoba untuk merevisi label/kategori pada tulisan saya. Berikut ini adalah 10 label/kategori yang akan saya gunakan dalam blog ini: 

  • Short Article

  • Kumcer

  • Aneka Tutorial

  • Life Lesson

  • Me Time

  • Family Time

  • Aneka Review

  • Aneka Tips dan Trik

  • Blogspedia

  • Edutive


  1. Domain

          

        Sejak pertama kali terjun bebas tanpa persiapan apa-apa ke dunia per-blog-an, tak sekalipun saya pernah mencoba untuk menggunakan domain pada blog buatan saya. Selain tidak paham gunanya juga saya belum bisa mengurus blog saya dengan benar dan layak.


            Jika saya memaksakan diri untuk membeli domain sedangkan pengetahuan dalam mengelola blog masih kurang dan Big Why menulis di blog lemah saya yakin domain tersebut akan mubazir. Insya Allah melalui perpanjangan tangan dari Blogspedia saya berniat untuk benar-benar serius mengurus blog dengan tujuan untuk berbagi dan membeli domain  setelah saya lulus dari pendampingan ini. Jika saya harus memilih nama domain saya maka nama tersebut adalah "https://kapanulisoz.my.id".



Baca Juga : 

  1. Template; Desain dan Warna

           

            Untuk memberikan kenyaman kepada pembaca berlama-lama membaca tulisan kita, maka kita harus mendesain template yang baik untuk mereka. Seperti yang pernah saya sampaikan dalam membuat resume materi pada postingan sebelumnya yaitu "Sebuah template yang baik itu akan memberikan kenyamanan kepada pembaca dalam membaca tulisan di dalam blog serta kita dapat menyampaikan pesan dari tulisan dengan baik. Bayangkan saja jika warna tulisan dengan background tulisannya warnanya tidak sesuai maka akan membuat pembaca pusing dalam membacanya, kemudian terlalu banyak warna yang dipadukan dalam blog akan membuat pembaca juga kurang nyaman."


Baca Juga :

           

            Menurut saya, template yang saya gunakan pada blog sudah memenuhi kriteria nyaman karena untuk background saya tidak menambahkan gambar tertentu hanya warna krem, lalu untuk bagian postingan saya memadukan warna biru navy untuk background tulisan, putih untuk warna tulisan dan orens untuk warna ikon bagikan, label dan balas (pada komentar). Saya rasa perpaduan warna tersebut tidak terlalu heboh dan cukup kontras antara satu dengan yang lain sehingga pembaca dapat membaca dengan baik. 

           

            Nah untuk style template yang saya gunakan sudah sesuai dengan keinginan saya seperti terdapat cuplikan-cuplikan tulisan saya pada beranda. Jika pembaca ingin membaca lebih lanjut tulisan saya maka mereka harus meng-klik tulisan tersebut. Untuk gadget pada sidebar mungkin saya akan meletakkan sosial media saya yang terdiri dari instagram, facebook, youtube dan twitter, profil, followers, label, archived, apa lagi ya? Rasanya cukup seperti itu dulu. 

          

            Akan tetapi pada template blog yang saya gunakan saat ini masih ada kekurangan yaitu saya belum bisa menampilkan logo blog dan sosial media pada bagian atas header. Mungkin karena bawaan template nya.


  1. Portofolio

          

            Nama lengkap saya Mairoza HR, Namun lebih suka menggunakan nama "Almaira Rasman dalam dunia kepenulisan. Saya lulusan Universitas Islam '45 Bekasi dengan jurusan Sastra Inggris. Setelah selesai kuliah, saya kembali ke kampung halaman dan mengabdi menjadi seorang guru mata pelajaran Bahasa Inggris di SMPN 05 Jujuhan, Bungo.

  • Karya dalam dunia kepenulisan

  1. Menerbitkan sebuah Novelet berjudul "Dari Semesta untuk Hyera" bersama Sagusabu Jambi
  2. Antologi bersama Kabar Ezrin (Embrio Publisher) dengan judul Enigma
  3. Antologi bersama Kabar Ezrin (Embrio Publisher) dengan judul Terror
  4. Antologi bersama Kabar Ezrin (Embrio Publisher) dengan judul Simpul Hati
  5. Antologi bersama Media Guru (Guru-guru se-pProvinsi Jambi) dengan judul Tentang Cinta
  6. Dalam waktu dekat dalam tahun ini akan segera launching karya bersama Odop Batch 8 dengan judul Mengeja Patah Merangkai Hati
  7. Juga karya yang akan coming soon bersama Azalea Publisher dengan judul Takdir Semesta
  8. Yang ter-anyar sedang dalam proses antologi RWC Odop 2021 mudah-mudahan juga dalam tahun ini juga akan launching.

  • Karya dalam dunia pendidikan

  1. Saya pernah menjadi juara 2 dalam lomba Olimpiade Guru Mata Pelajaran Bahasa Inggris Se-Kabupaten Bungo pada tahun 2019.
  2. Saya pernah menjadi Sahabat Rumah Belajar pada tahun 2019
  3. Saya merupakan guru bersertifikasi Google level 1 tahun 2021
  4. Sekarang saya sedang mengikuti Google Master Trainer Level 2 agar dapat melanjutkan tes Guru bersertifikasi Google level 2 yang diadakan Refo Indonesia bekerjasama dengan Kemdikbud.

  • Passion yang belum terwujud

  1. Penulis Best Seller
  2. An Inspiring Blogger
  3. An Inspiring Youtuber


            Nah, teman-teman yang mau blogging, dari sekarang persiapkan dengan matang. Ada 10 poin persiapan yang harus teman-teman lakukan. Poin-poin ini berguna untuk memantapkan hati dan semangat untuk konsisten dan istiqomah dalam menulis, supaya nanti tidak bubar di tengah jalan. Mudah-mudah semakin mantap dan semangat untuk mulai blogging ya. Ayo semangat, saya dan teman-teman juga! Semoga tulisan ini bisa membantu dan bermanfaat. Salam Tebar Manfaat! 

Mairoza HR
Eoseo Osibsio Selamat Datang di Blog Kapan Nulis, Oz? Dalam blog ini Sobat, Oz akan mendapatkan informasi tentang aneka Review, tips dan trik, tutorial dan beberapa pikiran receh saya lainnya. Saya adalah seorang Ibu Rumah tangga yang nyambi jadi Guru Bahasa Inggris, blogger dan soon to be a youtuber. Ingin Kerjasama? Silahkan kontak email saya ya...

Related Posts

3 komentar

  1. Wah tulisannya mantap kak, tertarik melihat logonya menggambarkan sosok wanita yang sedang menulis. selain itu melihat kategori yang akan dibuat dalam blognya cukup lengkap Kereen bnget. semangat ya kak.

    BalasHapus
  2. Betul banget mbak. Harus ada persiapan sebelum kota terjun di dunia blog, salah satunya dengan banyak membaca, karena dengan membaca akan memperkaya informasi dan terkadang ide datang dari sebab kita membaca. Semangat tebar kebaikan melalui tulisan.

    BalasHapus
  3. Persiapan kalau mau blogging itu memang penting ya mba.. Seperti kalau mau nulis harus fokus dan kalau aku sih harus menyesuaikan waktu khusus untuk menulis juga nih.. Agar tidak terganggu dengan aktivitas anak yang masih sangat aktif. hehee,,

    BalasHapus

Posting Komentar